Destinasi

Makin Dekat dengan Alam di Taman Nasional Sebangau, Palangkaraya

Liburan sambil bertualang, yuk! Nah, kota Palangkaraya di Kalimantan Tengah punya banyak sekali spot ekowisata seru, salah satunya adalah Taman Nasional Sebangau.

Letaknya nggak jauh dari pusat kota Palangkaraya membuat Taman Nasional Sebangau adalah kawasan pelestarian alam yang punya ekosistem asli. Yang bikin menarik, taman nasional ini dikelola dengan sistem zonasi.

Sehingga, Taman Nasional Sebangau memiliki banyak sekali spot alam yang sudah dipisah-pisahkan berdasarkan fungsinya. Ada yang digunakan untuk penelitian, pendidikan, budidaya hingga yang paling utama adalah pariwisata dan rekreasi.

Taman Nasional Sebangau menjadi rumah bagi banyak sekali fauna langka dan dilindungi. Kamu bisa bertemu dengan 35 jenis mamalia, mulai dari Owa hingga orangutan. Bahkan oleh WWF, Taman Nasional Sebangau disebut memiliki populasi orangutan terbesar di dunia, 6.000-9.000 individu.

Kawasan burung berbagai jenis juga menjadikan Taman Nasional Sebangau sebagai habitatnya. Mulai dari pecuk ular, cangak merah, elang hitam, enggang gading hingga layang-layang bulu kerap lalu lalang di antara hutan belantara Taman Nasional Sebangau.

Begitupula dengan koleksi floranya yang berlimpah. Di Taman Nasional Sebangau, kamu bisa menikmati keindahan sekitar 809 jenis flora dari berbagai suku. Mulai dari Rubiaceae, Myrtaceae, Euphorbiaceae, Moraceae, Fabaceae, Cluasiacea, Cypera-ceae, Annonaceae dan Lauraceae.

Nah, layaknya taman nasional pada umumnya, Sebangau punya satu spot yang menjadi daya tarik wisata umum, Sungai Koran. Di sini, kamu bisa makin dekat dengan alam dengan berlayar menyusuri sungai yang satu ini.

Dikelilingi oleh ekosistem gambut yang tumbuh subur, Sungai Koran siap membius kamu dan orang terdekat dengan panorama alam yang asri dan mengesankan. Kamu bahkan bisa turun dari kapal dan menelusuri hutan gambung sambil trekking, mengintip banyak aktivitas penyadapan getah pohon yang menjadi bahan baku ban hingga kerajinan tangan.

Buat main ke Taman Nasional Sebangau, kamu harus menaati berbagai peraturan yang berlaku, termasuk membawa fotokopi KTP atau kartu identitas lainnya. Nah, kira-kira tertarik main ke Taman Nasional Sebangau?

Pengin main ke Palangkaraya? Yuk, pesan tiket pesawat ke Bali, dan cari hotel murah di Palangkaraya lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top