Kuliner

Makanan Khas Sunda yang Pas Temani Berbuka Puasa

Makanan Sunda

Sudah mulai bosan dengan menu berbuka puasa yang itu-itu saja? Jangan khawatir, apalagi galau! Negeri kita diberkahi dengan beragam suku bangsa dan budaya, sehingga ada segudang menu makanan khas daerah yang bisa kamu jelajahi. Nah travelers, selain menu berbuka puasa khas Padang, simak juga berbagai inspirasi menu sedap khas Sunda yang sudah Pegipegi rangkum di bawah ini, ya!

Lotek dan Karedok

Lotek Karedok

Kembar tapi beda, itulah lotek dan karedok. Kedua makanan khas Sunda ini memiliki bahan yang kurang lebih sama dengan gado-gado, yaitu beragam sayur-mayur yang dicacah kemudian disiram dengan bumbu kacang. Bedanya, bahan sayur-mayur untuk membuat lotek harus direbus terlebih dahulu, sedangkan sayur-mayur untuk membuat karedok diolah dengan cara mentah. Soal rasa hmm… Nggak usah ditanya! Keduanya sama-sama punya cita rasa yang gurih dan segar untuk memanjakan lidahmu yang telah seharian berpuasa. So… Pilih berbuka dengan lotek atau karedok, sama-sama oke loh!

Nasi Timbel, Sayur Asem

Nasi Timbel Sayur Asem

Yang satu ini emang kombinasi paling awesome! Biar menu berbuka puasa kamu lebih berwarna, cobain deh dua menu makanan khas Sunda ini. Meski sudah memiliki berbagai variasi lokal, namun ciri sayur asem khas Sunda tetap kental. Salah satunya adalah penggunaan kacang tanah yang sudah dikupas. Sedangkan nasi timbel adalah nasi putih yang baru saja matang lalu dibungkus dengan daun pisang. Daun pisang yang menjadi sedikit masak karena hantaran panas dari nasi, akan menambah rasa dan harum pada nasi. Nah, cocok banget kan kalau diguyur pakai kuah sayur asem yang menyegarkan.

Mie Kocok

Mie Kocok

Sajian ini diberi nama mie kocok karena pada proses pembuatannya, makanan yang berbahan dasar mie kuning ini dikocok-kocok dalam wadah khusus sembari dicelupkan ke dalam air panas. Selain karena cara pembuatannya yang unik, cita rasa mie kocok jugalah yang membuatnya terkenal. Mie kocok umumnya disajikan bersama taoge, bakso, irisan kikil, irisan jeruk nipis, dan kuah yang terbuat dari kaldu sapi. Di atasnya lalu ditaburi daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Tak jarang pula ada yang menambahkan babat sapi, untuk menambah kekayaan rasanya. Istimewa bukan untuk menjadi menu berbuka puasa?

Cireng, Cimol, dan Cilok

Cireng Cimol Cilok

Tiga C, yang dari namanya saja sudah sangat kental nuansa Sundanya. Cireng “aci digoreng”, cimol “aci digemol”, dan cilok “aci dicolok” merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar utama tepung sagu atau aci. Meski memiliki nama yang mirip, ketiga makanan tersebut diolah dan disajikan dengan cara yang berbeda loh, travelers!

Aci yang dibentuk menyerupai bulatan pipih lalu digoreng, begitulah cara membuat cireng. Dulu cireng hanya disajikan polos dan dimakan dengan dicocol ke sambal. Kini, sudah banyak kreasi menu cireng yang diisi dengan daging ayam, kornet, abon, dan lain-lain. Praktis dan rasanya yang gurih banget, cukup untuk menjadikan cireng sebagai snack pengantar berbuka sebelum kamu menyantap makanan utama.

Sedikit berbeda dengan cireng, cimol dibentuk seperti bola-bola kecil lalu digoreng. Penyajiannya pun selalu dilengkapi dengan bumbu-bumbu kering maupun basah. Bumbu kering yang sering menjadi pilihan adalah bubuk rasa keju, barbeque, asin, balado, dan lain-lain. Sedangkan untuk bumbu basah yang umum digunakan adalah saus sambal dan kecap. Dengan beragam pilihan bumbu tersebut, kamu bisa mix sesuai selera dan dijamin pantang bosen sama si cireng!

Serupa tapi tak sama, cilok juga dibentuk seperti bola. Yang membuatnya berbeda dengan cimol adalah adonan cilok yang dicampur tepung terigu. Campuran tersebut membuat tekstur cimol menjadi lebih legit, kenyal, dan nggak mudah kempes. Setelah matang, cilok dilumuri dengan bumbu kacang dan diambil dengan cara ditusuk kayu atau tusuk sate. Cocok buat kamu yang nggak suka ribet dan ingin langsung ‘lep’ saat berbuka puasa.

Nah, sekian beberapa inspirasi menu berbuka puasa khas Sunda dari Pegipegi ya, travelers! Tetap semangat berpuasa meski di rumah saja. Karena ini semua hanya sementara, akan tiba waktunya #NantiKitaPegipegiLagi! Saat itu tiba, jangan lupa pesan tiket bus, tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi, ya!

PESAN TIKET BUS MURAH PESAN TIKET PESAWAT MURAH PESAN TIKET KERETA API MURAH CARI HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top