Kuliner

Makan Sate Klatak Bareng Cinta dan Rangga di Yogyakarta

Bicara soal kuliner khas kota Yogyakarta tentu nggak cuma gudeg aja. Bagi kamu pecinta hidangan daging kambing, sate klatak bisa menjadi menu spesial buat makan malam kamu nanti. Hidangan sate klatak yang tersohor di Yogyakarta bahkan sempat menarik perhatian produksi film Ada Apa dengan Cinta 2 (AADC 2). Salah satu adegan dalam film tersebut, Cinta (Dian Sastrowardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra) nampak sedang asyik menikmati makan malam romantis di warung sate klatak. Hihihi…

Asal-usul sate klatak

Sate klatak lahir di kabupaten Bantul, Yogyakarta, tepatnya di Pasar Jejeran. Sate klatak merupakan ide dan hasil kreasi masakan Mbah Ambyah pada tahun 1946. Beliau memulai usahanya pertama kali dengan berdagang sate tepat di bawah pohon melinjo. Usaha sate klataknya pun laris manis. Saat ini, warung sate Mbah Ambyah diteruskan oleh keluarganya dan telah memasuki generasi ketiga.

Pasti kamu terheran-heran kenapa sate kambing bisa disebut sate klatak. Pada umumnya memang kuliner sate di Indonesia menggunakan nama daerah asal sate atau nama daging hewan, misalnya Sate Ayam Madura, Sate Padang, sate kelinci dan sate kuda.

Nah, kalau satai klatak, ceritanya beda lagi, nih, travelers. Menurut pedagang sate, sejarah nama klatak berasal dari bunyi ‘klotak-klotak’ yang timbul saat sate sedang dipanggang di atas bara api. Nama klatak diambil dari bunyi-bunyian khas tadi yang terjadi saat proses pembakaran sate. Mungkin untuk menghindari nama mainstream seperti Sate Kambing Khas Yogyakarta, para penjual berinisatif untuk memberi nama lain agar lebih menarik.

Tapi, ada juga, nih, cerita versi lain terkait asal-usul nama sate klatak. Kabarnya, Mbah Ambyah sebagai pelopor hidangan sate klatak ini, gemar membakar melinjo yang jatuh dari pohon tempat ia berjualan, sehingga menghasilkan bunyi ‘klotak-klotak’.

japirensil.blogspot.com

japirensil.blogspot.com

Menggunakan daging kambing muda

Rahasia kelezatan dan kenikmatan sate klatak tentu terletak pada bahan utamanya, yaitu daging kambing muda yang segar. Pemilihan daging kambing yang masih muda, karena dagingnya lebih empuk dan kandungan kolestrol dan lemaknya cenderung lebih rendah.

Selain itu, daging kambing juga mengandung manfaat yang baik untuk tubuh seperti sumber energi, pembentukan otot, mencegah anemia, hingga menjaga sistem syaraf. Tapi, sebaiknya mengonsumsi daging kambing jangan terlalu sering, maksimal satu kali dalam seminggu dan nggak lebih dari 100 gram.

www.greatbritishmeat.com

www.greatbritishmeat.com

Cara masak yang unik

Proses masak serta pengolahan sate klatak memang tergolong berbeda dan unik. Jika biasanya sate kambing dibumbui dengan kecap manis dan kacang giling, sate klatak cukup dilumuri dengan garam aja. Nggak heran kalau rasanya segar, serta nggak menghilangkan cita rasa dagingnya.

Selanjutnya, daging kambing dipotong dengan ukuran besar, lalu ditusuk dengan jeruji besi sepeda. Penggunaan jeruji besi dimaksudkan agar daging kambing matang dengan merata dan sempurna. Pokoknya sensasi saat makan sate klatak serasa sedang melakukan aksi debus, deh, hihihi… Kemudian, sate disajikan dengan kuah gulai sebagai teman makan sate klatak. Rasa gulainya super lezat dan nggak amis. Dijamin bakal bikin kamu kangen, deh, dengan rasanya.

ceritaeka.com

ceritaeka.com

satepakjede.blogspot.com

satepakjede.blogspot.com

Harus rela antre berjam-jam

Nah, buat kamu yang penasaran dengan kenikmatan sate klatak, sebaiknya jangan datang dengan perut yang benar-benar kosong. Pasalnya, kamu harus ekstra sabar antre hingga berjam-jam untuk dapat menikmati satu porsi sate klatak. Pengunjung sate klatak memang ramai banget, terutama di akhir pekan, bahkan seringkali sate sudah keburu habis sebelum tutup.

Oh, ya, karena sempat menjadi salah satu lokasi syuting dalam film AADC 2, kabarnya popularitas sate klatak semakin meningkat. Banyak wisatawan dari berbagai daerah datang mengunjungi warung sate klatak pada saat long weekend kemarin. Nggak ada salahnya juga, sih, melampiaskan rasa penasaran dan hasrat kuliner dengan mencicipi hidangan sate klatak. Toh, rasanya memang sepadan dan terbukti nggak mengecewakan.

reviu.xyz

reviu.xyz

Warung sate klatak terfavorit

Surga hidangan sate klatak terletak di sebelah selatan kota Yogyakarta, tepatnya di kawasan jalan Imogiri Timur, Bantul. Di kawasan tersebut kamu bakal banyak menjumpai warung-warung sate klatak. Tapi, terdapat dua warung sate yang paling direkomendasikan, yaitu Sate Klatak Pak Pong dan Sate Klatak Pak Bari.

Sate Klatak Pak Pong berlokasi di jalan Imogiri Timur km 7. Warung sate ini memang selalu laris manis. Warung Sate Pak Pong buka setiap hari pada saat malam hari. Untuk dapat menikmati satu porsi sate klatak yang terdiri dari dua tusuk, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 25 ribu* aja. Kamu juga bisa pesan menu lainnya seperti tongseng Rp 20 ribu*, kicik balung Rp 20 ribu*, serta gulai Rp 10 ribu*.

infokuberita.com

infokuberita.com

Untuk alternatif lain, kamu bisa mampir ke Warung Sate Klathak Pak Bari yang berada di sebuah ruko di Pasar Wonokromo. Pak Bari juga merupakan generasi ketiga dari Mbah Ambyah, sang pencipta hidangan sate klatak. Daging kambing yang digunakan Pak Bari merupakan daging wedhus gembel, alias domba gimbal. Menurut pemilik warung, sih, daging wedhus gembel berbeda dengan jenis kambing lainnya, wedhus gembel nggak akan menimbulkan bau prengus saat dipanggang.

Setiap harinya Pak Bari dapat menghabiskan sekitar 20 kilogram daging. Kamu bisa kunjungi kedai Pak Bari mulai pukul 18.30 WIB. Bicara soal harga, kamu nggak perlu khawatir, biaya makan per orang di warung ini nggak sampai Rp 50 ribu*, kok.

sonofmountmalang.wordpress.com

sonofmountmalang.wordpress.com

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Buat kamu pecinta hidangan daging kambing, kelezatan sate klatak tentu nggak boleh terlewatkan. Mumpung kota kelahiran sate klatak berada di Yogyakarta, kamu bisa sekalian berlibur. Kamu bisa pesan tiket pesawat murah, tiket kereta api murah, juga hotel murah di Yogyakarta. Yuk, ajak keluarga, teman, atau pasangan kamu yang doyan makan kambing beramai-ramai makan di warung satai klatak!

pesan tiket pesawat murah

pesan tiket kereta api murah

cari hotel murah di yogyakarta

Harga pada tanda (*) berlaku saat artikel dibuat.

(Visited 3,287 times, 1 visits today)

Comments

To Top