Tips

Macam-macam Istilah Diving yang Harus Kamu Tahu

Diving (menyelam) adalah salah kegiatan yang menyenangkan. Soalnya, kita bisa melihat hewan-hewan bawah laut, seperti ikan-ikan kecil yang berwarna-warni, penyu, hiu, belut laut, dan lain-lain. Mungkin kamu sudah sering diving, bahkan kamu juga sudah pernah bareng ikan besar atau terumbu karang yang indah saat diving. Tapi, bisa jadi ada istilah-istilah diving yang belum kamu tahu. Untuk melengkapi pengetahuan kamu soal diving, baca artikel ini dulu, yuk, travelers!

www.yudiving.co.uk

www.yudiving.co.uk

1. Skin Diving/ Free Diving: Diving yang dilakukan hanya dengan menggunakan peratalatan menyelam dasar, seperti snorkel, masker, dan fins. Diving jenis ini nggak menggunakan tabung oksigen untuk membantu pernafasan.

2. Scuba Diving: Diving dengan peralatan selam lengkap dan profesional yang disebut dengan SCUBA (Self Breathing Underwater Breathing Apparatus).

3. Nitrox Diving: Sama seperti scuba diving, penyelaman ini juga menggunakan peralatan selam lengkap. Tapi bedanya, kadar campuran oksigen dan nitrogen dalam tabung lebih banyak, sehingga kamu bisa menyelam dengan waktu yang lebih panjang.

4. Wet Suit: Baju yang dipakai untuk menyelam yang terbuat dari bahan neophrene yang memiliki rongga-rongga udara. Pakaian ini berfungsi untuk melindungi tubuh kamu dari goresan-goresan dan menjaga suhu tubuh kamu selama menyelam supaya nggak drop.

5. Snorkel: Alat bantu napas yang berbentuk pipa yang digunakan untuk mengambil napas tanpa mengangkat kepala keluar dari air.

6. Fins: Biasa disebut kaki katak yang berfungsi untuk membantu memudahkan pergerakan kamu selama di dalam air.

7. BCD (Bouyancy Compensator Device): Rompi yang dipakai untuk menyelam, yang di dalamnya terdapat air cell, berfungsi untuk membantu mengatur daya apung selama menyelam.

8. Regulator: Alat pengubah tekanan udara tinggi pada tabung udara menjadi tekanan udara yang lebih rendah sesuai kebutuhan kamu.

9. Depth Gauge: Alat pengukur kedalaman kamu saat diving.

10. Pressure Gauge: Alat pengukur tekanan udara dalam tabung.

11. Tank Valve: Alat yang terpasang di mulut tabung udara yang berfungsi seperti pembuka dan penutup aliran udara dari dalam tabung.

12. Weight Belt: Sabuk pemberat yang digunakan untuk mengatur daya apung, sehingga kamu bisa menyelam ke bawah.

13. Dive Computer: Alat bantu untuk perencanaan dan memonitor penyelaman kamu. Biasanya dipakai di pergelangan tangan karena bentuknya yang menyerupai jam tangan.

14. Alternate Air Souce: Sumber udara cadangan yang biasanya berwarna kuning dan terpasang di rompi menyelam yang kamu pakai untuk berjaga-jaga.

15. Standing Front Entry: Teknik masuk ke dalam air dengan berdiri dan melangkah dari pinggiran kapal. Posisi badan agak dicondong ke depan. Pertama-tama kamu harus melangkah yang lebar dan melompat ke air. Saat sudah menyetuh air, kaki harus dirapatkan lagi supaya posisi kamu tetap ada di permukaan.

16. Sitting Front Entry: Teknik masuk ke dalam air dengan cara duduk di pinggiran kapal, kaki menghadap air, lalu lompat ke dalam air.

17. Rear Roll Method: Teknik masuk ke dalam air dengan badan menghadap ke dalam kapal sambil sedikit menunduk dan memegang masker serta mouthpiece, lalu berguling ke belakang. Teknik ini biasanya dipakai saat kamu mengunjung spot menyelam dengan perahu kecil atau perahu karet untuk menjaga keseimbangan perahu.

18. Side Roll Method: Teknik untuk masuk ke dalam air dengan cara duduk sejajar di pinggir kapal, lalu berguling ke samping. Cara ini biasanya dipakai saat akan menyelam di kapal yang sedang melaju.

19. Mask Clearing: Teknik mengeluarkan air yang biasanya masuk ke dalam masker dengan cara menghembuskan udara dari hidung ke dalam masker sambil memegang bagian atas masker. Dengan begitu air akan keluar dari bagian bawah masker yang kamu pakai.

20. Buddy Diver: Teman Diving. Menyelam adalah kegiatan beresiko tinggi. Maka dari itu, diving selalu dianjurkan bareng buddy diver.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Sekarang kamu sudah tahu beberapa istilah yang dipakai saat diving sebagai pengenalan. Untuk prakteknya dan untuk mempelajari bagaimana teknik-teknik menyelam yang benar, kamu harus ambil kursus menyelam. Setelah itu, kamu baru diperbolehkan diving karena sudah mendapat sertifikat. Untuk itu, pesan tiket pesawat murah, tiket kereta api murah dan hotel murah untuk liburanmu ke spot menyelam impianmu, yuk!

cari tiket pesawat murah cari tiket kereta api murah cari hotel murah

(Visited 1,383 times, 6 visits today)

Comments

To Top