Kuliner

Lupis, Jajanan Pasar Manis Andalan Pak Harto

Jawa Tengah terkenal dengan jajanan pasar yang bervariasi. Mulai dari yang kering hingga basah, semuanya menciptakan kesan tersendiri di lidah, salah satunya lupis.

Sering disebut juga dengan kata lopis, snack yang satu ini punya nama yang sangat dikenal luas. Mulai dari kepala negara hingga masyarakat biasa doyan menyantap lupis yang sering dipadukan dengan teh manis hangat.

Nikmat disajikan hangat maupun dingin, lupis memiliki bentuk yang unik, segita. Dibuat dari beras ketan yang dikukus dengan daun pisang, lupis disajikan dengan parutan kelapa dan lelehan gula merah yang manis dan legit.

Biasa dijual berdampingan dengan gatot, tiwul hingga cenil, lupis adalah sajian nikmat yang cocok disantap di pagi maupun sore hari. Meski sulit ditemukan di kota-kota besar, lupis justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berlibur di Yogyakarta, lho.

Lupis Mbah Satinem

Kota Pelajar ini memiliki banyak spot pas buat kamu menikmati lupis. Salah satunya lapak lupis Mbah Satinem di kawasan Diponegoro, dekat Tugu Yogyakarta.

Beralaskan dingklik (bangku jongkok), lupis Mbah Satinem dikenal dengan cita rasa manis yang beda dengan lupis lainnya. Penyajianya yang tradisional banget membuat banyak orang menyempatkan diri antri sejak pukul 06.00 pagi,” ucapnya yang dilansir oleh Kompas.

Bahkan, Presiden kedua Indonesia, Soeharto menjadikan lupis Mbah Satinem sebagai sarapan andalannya. “Dulu Pak Harto sering beli di sini. Kalau tidak salah setelah naik haji,” ujarnya.

“Yang ke sini ajudannya naik mobil. Yang ngomong ajudanya, kalau disuruh Pak Harto. Saya baru tahu. Ya kalau beli, saya lebihi untuk ajudannya,” tambah Mbah Satinem.

Dengan bujet Rp 5.000, kamu sudah dapat menikmati lupis Mbah Satinem yang lezat ini. Bahkan, kalau kamu mau beli borongan, cukup dengan bujet Rp 150 ribu, satu tampah lupis bisa kamu bawa pulang!

Sudah tahu informasinya?  Nah, supaya liburan kamu makin seru, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top