Berita

Longplayer, Lagu Berdurasi 1000 Tahun Cocok Buat Travelling

Travelers, di antara kita, pasti pernah merasa bosan dalam perjalanan gara-gara kehabisan lagu di playlist. Apalagi, lagunya itu-itu saja yang diputar.

Tapi tenang, kini, perjalanan kamu nggak bakalan bosan jika kamu memasukkan sebuah lagu karya musisi Inggris, Jem Finer. Bertajuk Longplayer, lagu dengan genre deep-ambience ini berdurasi 1000 tahun lamanya!

Sejak pertama kali diputar pada 31 Desember 1999, lagu ini sudah menghabiskan 17 tahun dan 124 hari dan masih kan berlangsung hingga akhir tahun 2999 mendatang. Jadi, nggak ada alasan lagi kehabisan lagu saat travelling.

Apa yang spesial dari lagu Longplayer karya Jem Finer? Well, secara musikalitas, lagu ini nggak memiliki lirik. Instrumen yang digunakan pun hanya dua jenis, bel Tibet dan gong, menarik nggak?

Awalnya, lagu Longplayer hanya berdurasi 20 menit dan 20 detik saja. Tapi, berkat bantuan algoritma super computer, durasi lagu ini bisa diperpanjang hingga 10 abad atau 1000 tahun lamanya.

Lagu ini mengalahkan Subterranea yang digarap oleh pentolan Radiohead, Thom Yorke dengan durasi 18 hari. Selain itu, ada juga lagu berjudul 310: ΩΣPx0(2^18×5^18)p*k*k*k karya Bull of Heaven dengan durasi yang bahkan nggak bisa disebutkan dengan kata-kata, sepanjang 3.343.000.000.000.000.000.000.000.000,000.000.000.000.000.000.000 tahun.

Walaupun hanya memiliki dua instrumen, pattern lagu Longplayer nggak berulang, lho. Kembali, perhitungan algoritma komputer yang digunakan oleh Finer menjadi alasan mengapa lagu Longplayer sangat unik.

Untuk memenuhi hasrat penggemar musik dari seluruh dunia, karya Jim Finer bisa kamu nikmati secara streaming di situs resmi Longplayer.  Sebelumnya, kamu hanya bisa mendengarkan lagu ini di Millenium Dome, London.

Nah, buat pengguna iOS, beberapa waktu yang lalu Jem Finer beserta kawan lamanya, Daniel Jones dan Joe Hales meluncurkan aplikasi Longplayer. Jadi, kamu bisa memutar Longplayer di gadget iOS kamu sampai 1000 tahun lamanya.

Jika kamu beruntung, Finer beserta kawan-kawannya juga sering mengadakan live performance di beberapa negara. Dengan bantuan 234 buah bel Tibet, kamu bisa menikmati sensasi musik deep ambience yang bikin tidur kamu makin pulas.

Nah, kira-kira tertarik nggak buat memutar Longplayer selama travelling weekend ini? Patut dicoba, deh!

Foto utama: inmygarage

Sudah dengar lagunya? Siap-siap buat liburan sekalian deh! Untuk kamu yang ingin liburan, yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah [/otw_shortcode_button

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 159 times, 1 visits today)

Comments

To Top