Destinasi

Long weekend ke Semarang aja, yuk!

Travelers, sebentar lagi kita akan menyambut akhir pekan panjang. Pastinya banyak diantara kalian yang sudah antusias merencanakan berbagai aktivitas seru bersama keluarga atau teman-teman dekat.

Kalau kamu bosan dengan destinasi yang itu-itu saja seperti Bandung, Bogor, Yogyakarta atau Bali, mungkin kamu bisa mempertimbangkan perjalanan ke Semarang. Walaupun lebih dikenal sebagai kota perdagangan, Semarang juga punya banyak atraksi hiburan yang menarik lho. Di kota ini, kamu bisa melakukan wisata sejarah, wisata religi, wisata belanja sampai wisata kuliner.

Bingung merencanakan kegiatan selama di Semarang? Kamu bisa ‘mencontek’ itinerary yang dibuat Pegipegi nih. Saran Pegipegi, jangan habiskan semua liburan di destinasi wisata. Sisakan hari terakhir untuk beristirahat di rumah supaya kamu kembali fresh saat melakukan aktivitas rutin keesokan harinya.

Jumat malam

Setelah mengakhiri aktivitas rutin, langsung bertolak ke Semarang supaya kamu dan rombongan bisa menikmati hari pertama di Semarang secara maksimal. Ingin perjalanan semakin seru? Alih-alih menggunakan pesawat, coba pilih kereta api sebagai moda transportasi kamu.

Sabtu

Mulai liburan kamu di Semarang dengan melakukan wisata sejarah dan religi. Salah satu destinasi utama yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Kota Lama Semarang. Di sini kamu bisa melihat banyak bangunan bergaya kolonial termasuk Gereja Blenduk serta Gedung Marba yang terkenal.

kota lama semarang

Puas menyusuri Kota Lama, kamu bisa menikmati santap siang lebih awal di Jl Karanganyar untuk mencicipi Asem-asem Koh Liem yang sangat populer di kalangan warga Semarang. Hidangannya sendiri berupa nasi dengan sup bercitarasa manis, asam dan pedas yang dibanderol dengan harga sangat terjangkau, yaitu Rp10 ribu.

Usai bersantap siang, saatnya kamu menengok wisata religi populer di kawasan Ungaran, yaitu Pagoda dan Vihara Watugong. Pagoda yang terdapat di vihara itu konon merupakan yang tertinggi di Indonesia karena mencapai 45 meter. Dari sana, kamu bisa menikmati peninggalan bersejarah lainnya di kawasan Simongan, yaitu Kelenteng Sam Poo Kong, yang merupakan persingahan Laksamana Cheng Ho.

Kalau masih ada waktu, kamu juga bisa mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang menjadi kebanggaan masyarakat setempat. Masjid besar yang sangat modern ini dilengkapi payung elektrik seperti halnya Masjid Nabawi di Madinah. Selain itu, kamu juga akan menemukan Menara Asmaul Husna setinggi 99 meter sehingga pemandangan seluruh kota Semarang terlihat jelas. Bagi umat Muslim, tentunya MAJT menjadi destinasi yang sangat sayang jika dilewatkan.

img_20120103104452_4f0279b4d4f52

Saat sore hari, istirahatlah sejenak di hotel sebelum menghabiskan Sabtu malam di Bukit Gombel atau Taman Tabanas. Di sini kamu bisa menikmati panorama indah kota Semarang yang gemerlapan di malam hari. Apalagi, cuaca di sini lebih sejuk dibandingkan area lain di Semarang. Tidak  heran kalau Bukit Gombel menjadi pilihan sebagian warga Semarang menghabiskan Malam Minggu mereka.

Minggu

Cara terbaik menikmati Minggu pagi di Semarang adalah mengunjungi kawasan Simpang Lima yang notabene merupakan pusat kota. Di kawasan ini, kamu bisa mengunjungi beberapa bangunan terkenal yang menjadi ‘simbol’ Semarang seperti Lawang Sewu dan Tugu Muda. Lawang Sewu sendiri merupakan gedung megah berbaya art deco, yang digunakan pemerintah kolonial Belanda sebagai kantor pusat kereta api (trem). Nama Lawang Sewu (pintu seribu) disematkan karena bangunan ini memiliki banyak pintu. Tidak jauh dari Lawang Sewu, kamu juga bisa mengunjungi Tugu Muda dan Museum Mandala Bakti yang memiliki nilai historis tinggi bagi warga Semarang.

Lawang Sewu Baru2

Sudah merasa lapar? Coba deh kunjungi Toko Oen yang legendaris di salah satu ruas Simpang Lima. Hidangan Bistik Hamburg dan Nasi Goreng Spesial nya sudah sangat populer di kalangan pecinta kuliner lho. Dan jangan lupa mencicipi es krim buatan rumah yang lezat dan termasuk es krim tertua di Indonesia.

Setelah makan siang, bermain di pantai sepertinya seru nih! Coba deh menuju arah barat dari Simpang Lima, di sana kamu akan menemukan gapura kawasan Pekan Raya Promosi dan Pembangunan Provinsi Jawa Tengah. Tidak jauh dari sana, kamu bisa menikmati petualangan yang seru di Pantai Marina. Tempat yang sangat cocok untuk bersantai sambil menikmati semilir angin dan debuean ombak khas pantai utara.

pantai_marina_semarang

Di malam hari, saatnya kamu dan rombongan melakukan wisata kuliner di sepanjang Jalan Pemuda hingga Perempatan Depok. Deretan tenda-tenda pinggir jalan yang menjajakan makanan lezat sudah siap menyambut kalian.

Senin

smr20

Wah, tidak terasa sudah hari terakhir liburan di Semarang. Kali ini kamu bisa sedikit bersantai. Kamu bisa menghabiskan hari terakhir dengan berburu oleh-oleh khas Semarang seperti wingko babat di kawasan Simpang Lima sampai puas. Kalau masih ada sisa waktu, coba kunjungi kompleks pabrik Jamu Jago dan Museum Rekor Indonesia, di mana kamu bisa melihat berbagai koleksi rekor Indonesia.

Sore hari, saatnya kamu kembali ke rumah dan mengembalikan energi sebelum kembali beraktivitas di hari Rabu.

Seru ya, travelers? Sekarang kamu hanya perlu mencari penginapan yang nyaman untuk menikmati liburan di Semarang. Mulai cari-cari di sini yuk. Selamat berlibur, travelers!

(Visited 1,475 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top