Destinasi

Lokasi wajib Dikunjungi di Lombok

gunung-rinjani-wisata-lombok

Bosan dengan Bali? Travelers pasti memiliki pilihan lain untuk berlibur. Lombok bisa menjadi salah satu pilihan menikmati wisata pantai dan alam selain Bali. Siapa sih yang tidak kenal Gili Trawangan atau Pantai Senggigi di Lombok?

Tetapi, selain tempat-tempat itu, sebenarnya masih banyak tempat di Lombok yang belum terjamah dan menawarkan keindahan. Yuk simak deretan tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika datang ke Lombok!

Gili Trawangan

gili trawangan

Ini adalah pulau paling populer di Lombok. Pasir pantai yang sangat putih disertai air laut jernih sangat menarik perhatian para wisatawan. Kawasan yang tenang dan sepi menjadi pilihan banyak wisatawan -khususnya asing- untuk berjemur tanpa terganggu. Bila ingin menyelam, tidak perlu repot-repot karena airnya yang jernih membuat mata kita bisa melihat ikan dan terumbu karang langsung dari kapal.

Cari hotel di Gili Trawangan? Langsung cek aja di Pegipegi!

Gili Meno

Pulau ini bisa dikatakan pulau yang amat menarik. Dihuni hanya sekira 300 penduduk, Gili Meno tidak memiliki banyak fasilitas seperti toko. Alhasil, wisatawan harus membawa persediaan sendiri bilang ingin mampir. Tetapi di balik minimnya fasilitas, Gili Meno menyimpan keindahan yang tak dimiliki gili lainnya yakni, danau garam dan sudut menyelam spektakuler seperti Meno Wall, Sea Point Penyu dan Point Coral Blue. Di Gili Meno kamu akan menjumpai penyu bebas berenang dan karang berwarna-warni.

Gili Air

Bila ingin memuaskan hasrat menyelam, Gili Air menawarkan beberapa spot diving dan snorkeling yang menawan. Lokasi yang biasa dikunjungi para penyelam adalah di wilayah timur Gili Air. Di tempat ini penyelam akan dihujani pemandangan yang luar biasa. Ikan-ikan karang akan menemani kita selama snorkeling. Kawasan yang biasa dipakai snorkeling ini berada pada kedalaman dari 1,5 meter hingga 3 meter.

Pantai Senggigi

Kalau di Bali ada Pantai Kuta, di Lombok ada Pantai Senggigi. Meski tidak sebesar Pantai Kuta, pantai yang terletak di pesisir sebelah barat Pulau Lombok ini membuat kita merasa berada di Pantai Kuta. Selain pesisir pantainya yang asri, pemandangan bawah lautnya juga sangat indah. Wisatawan dapat ber-snorkeling ria karena ombaknya tidak terlalu besar. Jika kamu berencana untuk menginap, banyak pilihan hotel murah tersedia di sekitar Pantai Senggigi.

Batu Bolong

wisata lombok - batu bolong

Lokasi wisata Batu Bolong masih terletak di Pantai Senggigi, jaraknya hanya sekitar setengah jam dengan berjalan kaki. Atraksi wisata dari Batu Bolong adalah sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai. Menurut legenda masyarakat setempat, tempat ini dulunya merupakan tempat pengorbanan wanita perawan untuk diserahkan kepada ikan hiu di tempat ini. Legenda lain mengatakan dahulu banyak para wanita yang menerjunkan diri dari tempat ini ke laut karena patah hati.

Taman Narmada

wisata lombok - taman narmada

Salah satu lokasi wisata menarik di Lombok adalah Taman Narmada, yang terletak di Desa Kembuah, Kecamatan Narmada sekira 10 kilometer dari timur Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Taman seluas 2 hektar ini dibangun pada 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem. Taman ini kerap digunakan sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Caka atau sekira bulan Oktober-November. Selain tempat upacara, Taman Narmada juga digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja.

Gili Asahan

Salah satu dive spot di Gili Asahan yang ramai dikunjungi adalah secret garden. Arus air yang lumayan kencang membuat para penyelam harus berhati-hati dan memperhatikan arahan yang dikatakan oleh pemandu. Bagi travelers yang memiliki hobi fotografi underwater, secret garden bisa menjadi pilihan hunting foto yang tepat karena mempunyai jarak pandang sekira 25 meter. Jarak tersebut cukup jelas untuk memotret berbagai terumbu karang dan ikan-ikan indah yang hilir mudik. Disini hewan laut nudibranchmenjadi incaran para diver karena keindahannya. Selanjutnya, ada sanking point. Karakteristik perairannya dinamis, kadang tenang kadang berarus. Penghuni diving point ini adalah ikan-ikan dengan warna beraneka macam, soft coral, hard coral, anemone dan gugusan pinacle coral dengan diameter 2 meter dan tinggi sekitar 5 meter. Selain itu kamu juga bisa menjumpai frog fish dan lobster.

Gili Kondo

Hamparan pasir putih, air laut yang biru disertai gradasi warna merupakan hal yang paling menarik perhatin di Gili Kondo. Jernihnya air di Gili Kondo memungkinkan travelers untuk melihat terumbu karang yang indah tanpa harus bersusah payah menyelam. Gili Kondo dikelilingi oleh pemandangan yang indah. Di wilayah timur, kamu bisa melihat gugusan Pulau Sumbawa Besar dan Kecil. Di utara, Gili Bedagan dan Bidara yang dipenuhi pasir putih bersih tampak jelas dari Gili Kondo. Turis asing pun memanfaat suasana sepi di Gili Kondo untuk berjemur.

Air Terjun Sendang Gila

wisata lombok - air terjun sandang gile

Air Terjung Sendang Gila menjadi destinasi alternatif mengunjungi Lombok. Air terjun ini merupakan air terjun yang muncul dari atas tebing dengan ketinggian kurang lebih 32 meter. Terdiri dari dua bagian, bagian atas yang hanya satu jalur air sementara bagian bawah yang keluar dari beberapa sumber air. Konon, menurut kepercayaan penduduk setempat, air yang ada di lokasi ini memiliki unsur magis. Airnya dipercaya dapat membuat seseorang menjadi lebih muda satu tahun dari usia yang sebenarnya.

Gunung Rinjani

gunung-rinjani-wisata-lombok

Bagi pecinta olahraga outdoor, Gunung Rinjani bisa menjadi pilihan untuk menikmati Lombok. Dengan ketinggian sekitar 3.726 meter dari permukaan laut, gunung ini diyakini sebagian masyarakat Lombok sebagai tempat bersemayam ratu jin bernama Dewi Anjani, putri raja Datu Tuan dari permaisurinya Dewi Mas, yang memerintah sebuah kerajaan kecil di Lombok. Gunung Rinjani merupakan salah satu destinasi andalan di Pulau Lombok. Diantara daya tarik Gunung Rinjani adalah panorama kaldera, danau, puncak, kawah, air terjun, mata air panas, goa, lubang letusan dan aliran lava baru.

Makin tergoda untuk liburan ke Lombok ya, travelers? Gak usah pusing, Pegipegi punya banyak pilihan hotel di Lombok. Cari dari sekarang yuk!

 

 

(Visited 586 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top