Kuliner

Lokasi Buka Puasa Favorit Kota-Kota Besar Indonesia

Travelers, tidak terasa Ramadan hampir memasuki minggu kedua. Kalau di minggu pertama sebagian besar umat Muslim lebih memilih berbuka puasa dengan keluarga di rumah, biasanya saat-saat ini mereka mulai mencari-cari alternatif tempat berbuka puasa di luar.

Kali ini, PegiPegi akan mengajak kamu menengok beberapa lokasi favorit berbuka puasa bagi warga kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan lainnya. Kalau kamu kebetulan berdomisili atau sedang berada di salah satu kota itu, boleh lho langsung dicoba saat berbuka puasa nanti!

BANDA ACEH

pasar aceh

Sebagai daerah yang menerapkan syariat Islam bagi masyarakatnya, suasana Ramadan sangat terasa di Aceh. Berbeda dengan kota-kota lain di Indonesia, di Banda Aceh semua restoran dan warung makan tutup sejak pagi hingga sore hari. Tapi, selepas waktu shalat Ashar, satu per satu restoran dan lapak jajanan dibuka. Kamu bisa mengikut warga setempat yang senang memburu jajanan buka puasa di Simpang Lima dan Darussalam. Pasar Aceh yang berada di sebelah Masjid Raya Baiturrahman juga ramai dikunjungi pengunjung untuk membeli ta’jil, atau penganan berbuka puasa.

PADANG

Padang juga merupakan salah satu kota yang sebagian besar masyarakatnya adalah umat Muslim. Tidak heran, bulan Ramadan selalu dijalani dengan penuh suka cita di sini. Para pemburu kuliner di Padang biasanya mendatangi Pasar Pabukoan yang berada di depan Balai Kota Padang. Di sini kamu bisa menemukan jajanan tradisional masyarakat Sumatera Barat seperti lamang tapai, bubur kampiun sampai ‘menu berat’ seperti gulai usus dan gulai otak.

MEDAN

masjid-raya-al-mahsun-1

Medan termasuk salah satu surga kuliner di Indonesia. Pengaruh budaya Melayu dan Tionghoa, ditambah variasi menu tradisional Sumatera Utara, akan membuat pengalaman berbuka puasa kamu tidak terlupakan. Hidangan berbuka puasa tersebar hampir di seluruh penjuru kota Medan sepanjang bulan Ramadan. Salah satu lokasi menarik yang bisa menjadi pilihan untuk berbuka puasa di Medan ada di sekitaran Universitas Sumatera Utara (USU) yang menjajakan beragam ta’jil. Atau, kalau kamu mau merasakan hidangan unik bersejarah di Medan, datang saja ke Masjid Raya Al Mahsun di Jalan Sisingamangaraja yang sudah berusia lebih dari 100 tahun. Di sini kamu bisa mencicipi hidangan bubur sop Kesultanan Deli yang sudah menjadi penganan buka puasa di Istana Maimun sejak 1909 lalu.

BOGOR

Sesuai dengan reputasinya sebagai salah satu surga kuliner di Jawa Barat, Bogor punya banyak tempat menarik untuk berbuka puasa. Jalan Raya Pajajaran bisa adalah salah satunya. Selain menjadi daerah pusat perbelanjaan,  perkantoran, sekolah dan penginapan, di sini kamu bisa menemukan banyak pilihan tempat berbuka puasa. Oleh-oleh khas Bogor seperti Roti Unyil Venus juga ada di sini lho. Dari Jalan Pajajaran, kamu bisa menuju daerah kuliner populer lainnya seperti Bantarjati dan Taman Kencana.

BANDUNG

Sejak lama Bandung menjadi surga kuliner di Pulau Jawa. Mulai dari jajanan khas seperti bandros, gepuk, surabi sampai menu-menu ala hotel yang dibanderol murah bisa kamu temukan di Kota Kembang ini. Salah satu lokasi yang biasa menjadi pusat jajanan di Bandung adalah Lapangan Gasibu-Gedung Sate. Jika di hari biasa saja tempat ini sudah begitu ramai diserbu warga Bandung, bisa kamu bayangkan seperti apa keramaiannya di bulan Ramadan. Tapi, justru dengan keramaian itu tempat ini menjadi tempat ngabuburit yang asyik jelang buka puasa.

YOGYAKARTA

kauman

Bagi warga Yogyakarta, Kampung Ramadan Kauman adalah kawasan populer untuk mencari berbagai hidangan berbuka puasa. Terletak di sebelah barat gedung BNI dan Kantor Pos Pusat, kampung ini sudah terkenal sejak lama sebagai kampung peradaban Islam. Kamu bisa menemukan aneka jajanan tradisional  seperti botok, kicak dan kipo (kue khas Ramadan yang terbuat dari tepung ketan). Tempat lain yang juga ramai dikunjungi warga Yogyakarta adalah di sekitaran kampus Universitas Gadjah Mada.

SURABAYA

Pasar Blauran bisa menjadi pilihan untuk berburu berbagai jajanan buka puasa. Di sini kamu bisa menemukan aneka jajanan tradisional yang menggugah selera seperti ragam kue basah klepon, lupis, putu, klanting, gethuk, ketan hitam sampai tiwul. Kamu juga bisa mencicipi bubur Madura yang terbuat dari ketan hitam, jenang grendul, sumsum, mutiara dan disiram larutan gula. Tapi, kalau kamu mencari hidangan modern, Pasar Blauran juga menyediakan macam-macam masakan yang siap mengisi perut kamu.

MAKASSAR

Hanya satu lokasi yang akan langsung terpikir sebagai tempat berbuka puasa di Makassar. Apa lagi kalau bukan Pantai Losari. Pantai ini bukan saja menjadi tempat berkumpul warga Makassar, tapi juga dikenal sebagai pusat kuliner yang menarik minat para wisatawan. Yang membuat Pantai Losari punya nilai istimewa dibandingkan tempat berbuka puasa lain adalah, kamu bisa menikmati jajanan khas kota Makassar seperti es palu butung dan pisang epe sambil menikmati pemandangan indah matahari terbenam.

JAKARTA

benhil

Jakarta tidak pernah kehabisan tempat makan baru. Sebagai ibukota negara, tentu saja kota ini memiliki beragam pilihan kuliner untuk warganya. Tapi, saat Ramadan, jangan sampai kamu melewatkan kesempatan mencicipi ragam jajanan dan masakan tradisional di Pasar Benhil dan Kramat Raya. Kedua tempat ini memang sudah lama dikenal sebagai pusat jajanan, apalagi saat Ramadan. Pasalnya, di sini kamu bisa menemukan berbagai makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia, terutama dari Sumatera Barat.

Tergoda mengunjungi salah satu dari tempat di atas, travelers? Sebelum memesan tiket pesawat atau kereta api, cek promo terbaru dari PegiPegi di sini yuk!

(Visited 1,185 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top