Tips

5 tip sukses mendaki Gunung Papandayan

Bagi kamu yang penasaran dengan sensasi mendaki gunung, tujuan pertama sebagai uji coba biasanya jatuh ke Gunung Papandayan. Selain lokasinya yang tak terlalu jauh dari Jakarta, Gunung Papandayan juga diklaim bisa memberikan toleransi yang lumayan luas untuk para pendaki newbie.
Bisa dibilang kegiatan mendaki gunung kembali populer beberapa tahun terakhir, apalagi setelah pemutaran fillm 5 cm yang meledak pada akhir 2012 silam. Banyak travelers yang berbondong-bondong ke Mahameru gara-gara terhipnotis dengan keindahan alamnya seperti yang tersaji di film yang dibintangi Raline Shah tersebut.
Memang, sih, mendaki gunung bukan kegiatan yang terbilang mudah seperti wisata alam lainnya. Banyak hal yang wajib kamu ikuti saat mendaki, agar pendakian berjalan lancar. Yuk, lakukan lima tip berikut ini!

1. Merencanakan pendakian sebaik mungkin
Seperti halnya wisata yang lain, naik Gunung Papandayan tentu butuh persiapan matang, apalagi dengan status kamu sebagai newbie. Kamu wajib banget mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum ke Gunung Papandayan, misalnya terkait kondisi cuaca hingga lamanya pendakian. Dari sana nantinya akan ikut mempengaruhi jumlah perbekalan dan apa saja peralatan yang harus dibawa.

2. Siapkan fisik dan mental
Mempersiapkan fisik dan mental sebelum mendaki Gunung Papandayan penting banget, travelers. Makanya, lakukan olahraga rutin supaya kamu nggak mudah lelah dan cedera saat harus melakukan pendakian. Maklum, meski Gunung Papandayan diklaim cukup bersahabat, gunung ini memiliki ketinggian yang lumayan melelahkan bagi newbie—sekitar 2665 meter di atas permukaan laut. Diperlukan juga kesiapan mental supaya kamu nggak gampang menyerah saat menemukan tantangan dan tetap kompak dengan sesama pendaki.

www.iran-daily.com

www.iran-daily.com

3. Mempelajari medan
Hal yang satu ini sepertinya nggak hanya berlaku untuk newbie, tapi juga pendaki secara umum. Rute di gunung Papandayan kurang lebih sebagai berikut: dari parkiran ke alun-alun Pondok Salada, trekking ke puncak Gunung Papandayan, lalu lanjut ke alun-alun Tegal Alur hingga mencapai summit. Sepanjang jalur pendakian, kamu akan melalui berbagai medan yang mungkin saja membuatmu lelah dan kesulitan. Itulah pentingnya berselancar dulu di dunia maya, agar ada bayangan soal medan dan rute ke Gunung Papandayan.

techinfo-4u.com

techinfo-4u.com

4. Perlengkapan mendaki
Perlengkapan yang akan dibawa dalam setiap pendakian, tentunya berbeda tergantung dengan lokasi, rute, lamanya pendakian, jumlah pendaki sampai kondisi cuaca. Tapi sebagai newbie, peralatan yang mesti kamu bawa saat pendakian ke Gunung Papandayan adalah carrier, jaket, jas hujan, obat-obatan baju ganti, alat penerangan, hingga kantong plastik untuk wadah sampah bekas makanan. Maklum, di atas nanti, kan, nggak ada warung.

www.mytravelbackpack.com

www.mytravelbackpack.com

5. Asupan makanan
Satu lagi nih, yang nggak boleh kamu lewatkan saat pendakian ke Gunung Papandayan: membawa makanan yang cukup. Bawalah makanan yang praktis, mengenyangkan, dan bergizi. Kalau membawa bahan makanan untuk dimasak, bawalah yang bisa cepat matang supaya nggak boros bahan bakar, dan nggak perlu diolah dengan banyak bumbu. Hindari makanan yang terlalu banyak garam dan MSG yang membuat lebih cepat haus. Pilih minuman berupa air putih daripada soda, teh dalam kemasan, atau susu.

sharein.org

sharein.org

Satu hal yang wajib kamu ingat sebelum mendaki gunung Papandayan adalah kegiatan ini nggak semata-mata hanya untuk trekking, mencapai puncak, lalu foto-foto dengan pemandangan indah. Ada satu nilai penting yang bisa dipetik dalam mendaki Gunung Papandayan yaitu kamu belajar bagaimana mengatasi berbagai halangan dengan kepala dingin, dan berpikir praktis. So traveles, sudah siap mendaki ke Gunung Papandayan?

(Visited 2,745 times, 1 visits today)

Comments

To Top