Destinasi

Liburan sambil menikmati suasana kebun kopi Indonesia

Makin banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres akibat beban kerja atau apapun aktivitas kamu. Selain ‘menyepi’ ke gunung atau berjemur di pantai, kamu juga bisa lho menikmati ketenangan perkebunan kopi yang mungkin masih jarang menjadi destinasi wisata. Apalagi sekarang sudah ada beberapa hotel dan resort yang memang berlokasi di tengah-tengah perkebunan kopi sehingga kamu bisa merasakan suasana berbeda dari biasanya.

Kalau kamu pecinta kopi, tentunya makin penasaran ya mencari tahu proses pembuatan minuman favorit kamu. Nah, ini dia beberapa resort yang bisa menjadi rekomendasi untuk liburan kamu selanjutnya!

 

Mesastila Resort

MesaStila-resort-Java-1

Berlokasi di antara Semarang dan Yogyakarta, tepatnya Desa Losari, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Mesastila Resort dikelilingi oleh rindangnya pepohonan serta sejuknya udara pegunungan. Tidak heran, resort ini memang berada di antara gunung-gunung utama Jawa Tengah seperti Sindoro, Sumbing, Telomoyo, Ungaran hingga Merapi.

Resort yang dulunya bernama Losari Spa Retreat & Coffee Plantation ini memiliki 22 unit villa peristirahatan. Kalau kamu datang bersama rombongan keluarga atau teman, kamu bisa memilih villa Bella Vista yang memiliki kapasitas hingga 10 orang. Tapi, kalau kamu ingin menikmati suasana romantis bersama pasangan, kamu cukup memilih Plantation Villa yang cocok untuk 2 orang.

Karena memang berada di dalam perkebunan kopi, tidak heran kalau Mesastila Resort menyediakan paket Coffee Plantation Tour yang menjadi andalan mereka. Kalau kamu kebetulan datang saat masa panen kopi, kamu bisa diajak memetik kopi yang sudah matang lho!

Kamu bisa menemukan 4 jenis kopi yang ditanam di perkebunan kopi ini, yaitu Arabica, Robusta, Andong Sari atau Jawa serta Excelsa. Nantinya, tur akan membawa pengunjung ke sebuah warung kopi di mana kamu bisa melihat langsung proses penggilingan biji kopi dengan alat tradisional. Tergoda dengan sedapnya aroma kopi? Tenang saja, travelers, kamu juga akan disuguhi kopi kok.

Selain mengenal jenis-jenis kopi, tur ini juga akan mengajak kamu melihat beberapa tanaman lain, termasuk buah durian. Mesastila Resort juga memiliki kandang kuda lho, di mana kamu bisa berkeliling kebun sambil menunggang kuda-kuda yang terpelihara dengna baik. Biaya sewa kuda berkisar antara 15 dollar AS (di dalam resort) hingga 25 dollar AS (di luar resort).

Perjalanan tur keliling kebun kopi seluas 11 hektar itu biasanya berlangsung selama 1,5 jam. Tenang saja, untuk para tamu Mesastila Resort, tur ini tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Tapi, kalau travelers hanya ingin mengikuti tur tanpa menginap, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp 450.000 ++ per orang.

 

Banaran 9 Resort

banaran

Masih di daerah Jawa Tengah, tepatnya sekitar Semarang, Ungaran dan Ambarawa, kamu bisa menemukan resort perkebunan kopi yang menawan dalam kawasan wisata Kampung Kopi Banaran. Kampung Kopi Banaran sendiri berdiri sekitar tahun 2005 lalu sebagai upaya direksi PTPN IX (Persero) yang ingin meningkatkan harga komoditi kopi.

Setelah sukses menjual kopi bubuk Banaran Coffee, mereka kemudian mendirikan kedai kopi untuk memperkenalkan kopi tersebut lebih luas. Barulah kemudian di tahun 2005 mereka mengembangkan kawasan Agrowisata yang kini dikenal sebagai Kampung Kopi Banaran.

Terletak di Jalan Raya Bawen – Solo Km 1,5, Kabupaten Semarang, Kampung Kopi Banaran kini memiliki fasilitas lengkap untuk para pengunjungnya. Termasuk hotel nyaman bernama Banaran 9 Resort. Selain itu masih ada juga berbagai aktivitas seru seperti outbond, flying fox, golf, tenis, kereta wisata hingga menunggang kuda.

Banaran 9 Resort sendiri memiliki 20 kamar standard dan 5 bungalow yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dari lobi hotel, kamu akan disuguhi pemandangan indah Rawa Pening dengan latar belakang Gunung Merapi, Merbabu, Telomoyo, Sindoro dan Ungaran.

Di Kampung Kopi Banaran, kamu bisa mencicipi nikmatnya kopi Robusta yang dipanen dan diolah sendiri di kebun kopi mereka. Untuk berkeliling kebun kopi ini, kamu bisa memanfaatkan kereta wisata yang disediakan pihak pengelola.

Nah, untuk para pecinta kopi, pastiya tidak afdol dong kalau tidak membeli oleh-oleh Kopi Banaran yang dijual di ruang pajang restoran. Bukan hanya kopi, di sini juga menjual Teh Kaligua dan Sirup Pala.

 

Munduk Moding Plantation

munduk moding

Terletak di kawasan pegunungan di Desa Munduk, Kabupaten Banjar, Singaraja, Munduk Moding Plantation menawarkan akomodasi bernuansa pedesaan yang nyaman. Di properti ini, kamu bisa menikmati pemandangan pohon-pohon kopi, sawah ataupun pepohonan rindang di hutan sekitar.

Untuk mencapai Munduk Moding Plantation, kamu memang harus melewati perjalanan cukup panjang. Desa Munduk terletak sekitar tiga jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai ke arah utara. Tapi jangan khawatir, travelers, selama perjalanan ini kamu akan disuguhi pemandangan indah dari Danau Buyan dan Danau Tamblingan.

Resort ini cocok untuk kamu yang tidak menyukai keramaian atau ingin menyepi bersama pasangan. Pasalnya, Singaraja memang masih tergolong sepi dari turis yang cenderung lebih memilih Bali Selatan. Apalagi vila-vilanya didesain sangat homey dengan fasilitas lengkap, sampai-sampai obat nyamuk elektrik pun disediakan.

Selain memanjakan diri dengan layanan spa, pijat atau menikmati pemandangan spektakuler dari kolam renang infinity, tentunya kamu tidak boleh melewatkan aktivitas trekking keliling kebun kopi yang menjadi kebanggaan resort ini. Di jalur trekking ini kamu bisa melihat berbagai jenis tanaman, termasuk tanaman kopi Robusta dan Arabica. Bukan hanya kopi, Munduk Moding Coffee Plantation juga punya kebun sayuran dan buah yang ditanam secara organik. Tanamannya antara lain adalah papaya, nanas, pisang dan strawberry. Kamu bisa lho memetik strawberry secara gratis!

 

 

(Visited 4,977 times, 4 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top