Berita

Liburan saat musim hujan, kenapa nggak?

Hari gini yang namanya traveling memang nggak sekadar gaya hidup, tapi juga jadi hobi. Kalau urusan bujet sudah aman, yang dipikirin tinggal kondisi yang mendukung atau nggak. Mulai dari jatah cuti sampai musim hujan yang kadang jadi penghalang. Tapi pendapat tersebut ternyata mulai bergeser, nih. Terbukti dari hasil survei yang PegiPegi buat minggu lalu, bertujuan untuk melihat perilaku traveling para responden.

Nggak disangka, ternyata sebanyak 85.7% responden tetap antusias menjalani traveling walau di musim hujan. Bagi para responden yang sebagian besar berdomisili di kota besar ini, musim hujan membuat suhu lebih sejuk dan mood jadi lebih baik. Otomatis, mereka jadi lebih menikmati suasana liburan yang sesungguhnya.

new infographic-01

Memang, sih, dibandingkan musim panas, pilihan destinasi liburan di musim hujan jadi lebih terbatas. Destinasi favorit seperti pantai, gunung, dan air terjun pun nggak terlalu diminati saat musim hujan. Tapi nggak hilang akal, responden pun tetap bisa memuaskan hasratnya untuk traveling di musim hujan dengan mengunjungi vila di pegunungan, pemandian air panas, agrowisata, dan taman hiburan.

Kalau mayoritas orang memilih musim liburan untuk traveling, hal tersebut juga berubah jadi lebih fleksibel. Nggak perlu menunggu musim liburan atau libur hari raya, karena 48% reponden pun memanfaatkan long weekend sebagai waktu paling tepat untuk traveling.

Urusan destinasi pun disesuaikan, tergantung siapa saja yang diajak traveling. Responden yang sudah berkeluarga biasanya memilih vila di pedesaan, taman hiburan dengan konsep indoor, maupun agrowisata sebagai tujuan destinasi. Nggak heran, berbagai vila di Puncak dan Lembang, serta Trans Studio di Bandung jadi destinasi favorit keluarga di musim hujan.

new infographic-02

Sementara untuk responden yang masih lajang, pilihan destinasi travelingnya pun lebih fun. Banyak yang menjadikan wisata kuliner dan belanja jadi kegiatan traveling favorit. Misalnya berburu makanan di pusat kuliner seperti Paskal Foodmarket, atau rekreasi di Sapu Lidi Resort, dan Kampung Daun yang ketiganya ada di Bandung. Nggak ketinggalan, pemandian air panas di Bogor dan Lembang juga ramai dikunjungi pelancong, tuh.

Sudah semangat menyusun destinasi incaran, tapi tetap saja ada beberapa hal yang dikhawatirkan pada responden saat traveling di musim hujan. Misalnya, rencana gagal karena kondisi tubuh drop, terjadi kecelakaan jalan raya, bahkan bencana alam seperti banjir, badai atau tanah longsor. Nah, untuk mengantisipasi mimpi buruk tersebut, responden pun memilih untuk menghindari destinasi liburan yang berpotensi bahaya seperti pantai dan pegunungan, serta membekali diri dengan obat-obatan dan mengecek perkiraan cuaca sebelum berangkat traveling.

So, apakah kamu makin nggak sabar menjalani traveling menuju musim hujan nanti? Ada banyak destinasi seru yang bisa dipilih, tentunya musim hujan nggak akan menghalangi keinginan traveler untuk bersenang-senang, dong. Yuk, sambut musim hujan, dan selamat jalan-jalan bersama PegiPegi!

(Visited 1,356 times, 1 visits today)

Comments

To Top