Tips

Liburan murah dan berkesan di Pulau Lombok

Pulau lombok

Pulau lombok

Penasaran dan ingin menyaksikan keindahan serta keunikan Pulau Lombok yang selama ini hanya dapat kamu ketahui melalui televisi atau foto saja? Eits, jangan buru-buru berangkat dulu, travelers. Coba simak tips yang telah kami rangkum dari berbagai sumber khusus untuk kamu yang berencana mengunjungi destinasi wisata di Propinsi Nusa Tenggara Barat ini pada musim liburan mendatang.

1. Selalu update informasi tentang promo tiket pesawat
Tiket pesawat dengan harga miring biasanya ditawarkan oleh maskapai penerbangan pada saat-saat tertentu, bahkan tak bisa diprediksi kapan maskapai yang bersangkutan akan menawarkan tiket pesawat murah. Manfaatkan jejaring sosial kamu, terutama Twitter, untuk mem-follow akun Twitter beberapa maskapai penerbangan. Begitu mereka menginformasikan tentang program promosi kamu bisa langsung memesan sebelum kehabisan.

2. Hindari weekend
Jika kamu memiliki anggaran terbatas, sebaiknya pilih hari Senin – Jumat untuk mengunjungi Pulau Lombok. Hal ini karena harga sewa kamar penginapan dan hotel akan melambung tinggi di hari Sabtu-Minggu. Kami sarankan agar kamu memilih penginapan di sekitar Kota Mataram yang ditawarkan dengan tarif rata-rata Rp 80 ribu/ malam. Memang agak jauh dari lokasi wisata sih. Tapi daripada kantong terkuras, ya nggak? Lagipula, Lombok akan dipenuhi turis manca maupun lokal di akhir pekan. Sehingga kamu mungkin akan sulit menikmati liburan.

3. Buat jadwal kunjungan
2 hari 1 malam adalah lama kunjungan yang umumnya diterapkan para wisatawan jangka pendek. Mengingat singkatnya waktu kunjungan, jadwal kunjungan ke sejumlah lokasi yang telah dibuat jauh-jauh hari akan sangat membantu. Carilah informasi di internet tentang lokasi mana saja yang benar-benar menarik untuk dikunjungi. Misalnya, Pantai Kuta Lombok. Sesudah mengunjungi Pantai Kuta mungkin kamu tertarik untuk mencicipi makanan khas Lombok dan berbelanja suvenir. Jika memungkinkan, kunjungi tempat-tempat menarik yang lokasinya tak berjauhan untuk menghemat waktu kamu. Toh kamu bisa kembali ke Pulau Lombok lain waktu kan?

4. Sewa sepeda motor
Sepeda motor termasuk alat transportasi yang cukup praktis dan ekonomis, terutama jika kamu hanya melakukan perjalanan seorang diri atau bersama seorang rekan. Dengan menggunakan sepeda motor kamu akan dapat dengan mudah mengunjungi sejumlah lokasi wisata dalam waktu singkat. Belum lagi pengalaman seru yang mungkin kamu dapatkan saat bepergian menggunakan sepeda motor. Bisa jadi kamu akan menemukan satu spot unik yang belum banyak dikunjungi wisatawan, atau menjalin pertemanan dengan penduduk setempat. Harga sewa sepeda motor juga cukup terjangkau kok, hanya Rp 50 ribu/ hari.

5. Selalu berpakaian sopan
Berbeda dengan Bali yang mayoritas penduduknya beragama Hindu, Pulau Lombok dihuni oleh penduduk yang sebagian besar merupakan pemeluk agama Islam. Masyarakat setempat akan memandang kamu sebelah mata jika berpakaian terlalu seksi, ketat atau terbuka dimana-mana. Kamu tidak tahu kan kapan akan membutuhkan pertolongan masyarakat di sekitar kamu. Jadi hargailah mereka (dan diri kamu sendiri) dengan berpakaian serta berperilaku sopan.

6. Gunakan tabir surya
Cuaca di Lombok pada saat-saat tertentu lebih panas daripada Bali. Jadi kamu perlu menggunakan tabir surya agar kulit tidak terbakar atau mengalami iritasi akibat sengatan matahari.

Sampai jumpa di Pulau Lombok, travelers!

(Visited 281 times, 1 visits today)

Comments

1 Comment

Comments

To Top