Destinasi

Liburan menantang di Rafting Sungai Elo Magelang

Rafting sungai elo

Pengin menjajal rafting Sungai Elo Magelang? Well, buat kamu yang hobi berat dengan olahraga adventure, tempat yang satu ini wajib masuk dalam list liburan mendatang. Nggak usah pikir dua kali kalau ingin menaklukan semua spot rafting menantang di Indonesia karena mengalami sendiri sensasi rafting Sungai Elo tidak akan pernah mengecewakanmu. Biar makin mantap, yuk disimak ulasan lengkapnya dari Pegipegi.

Rafting sungai elo

foto: rockerclimber.com

Lokasi rafting Sungai Elo

Sungai Elo letaknya ada di Dusun Pare, Desa Blondo Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Titik start biasanya dimulai di Desa Blondo, namun titik finish rafting Sungai Elo akan diakhiri di Keluarahan Mendut. Tempat ini juga bisa dijangkau dari arah Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dan sekitar 3 jam perjalanan dari arah Semarang.

Kalau kamu memulai perjalanan dari arah Yogyakarta, kamu bisa ikuti rute : Yogyakarta – kota Muntilan – Jembatan Pabelan – Pertigaan Palbapang (jaraknya 1 km dari Jembatan Pabelan) – belok kiri dan ambil arah menuju ke Candi Borobudur atau Candi Mendut – transit di Rumah Makan Kampoeng Ulu Resto (jaraknya kurang lebih 2 km dari pertigaan Palbapang).

Sedangkan kalau travelers memulai perjalanan dari arah Semarang bisa ambil rute menuju ke arah Yogyakarta – lewat Magelang – Blabak – Pertigaan Palbapang (jaraknya sekitar 1,5 km dari Blabak) – belok kanan menuju ke arah Candi Borobudur atau Candi Mendut – transit di Rumah Makan Kampoeng Ulu Resto (jaraknya kurang lebih 2 km dari pertigaan Palbapang).

Biaya rafting Sungai Elo

Kamu sudah tidak sabar untuk menerjang aliran air untuk rafting Sungai Elo? Kalau begitu kamu tentu harus tahu biaya rafting Sungai Elo, ‘kan? Sekarang sudah banyak operator yang dapat melayanimu dengan tarif Rp150.000* – Rp175.000* per orang. Sedangkan kalau mau pakai sistem paket, biasanya satu boat akan muat 5 orang dan kamu harus merogoh kocek hingga Rp750.000*.

Travelers, biaya rafting Sungai Elo mungkin sangat beragam namun kamu harus ingat dengan istilah ‘ada harga ada rupa’. Oleh karena itu kamu harus selektif sebelum memutuskan akan ikut operator mana. Tipsnya, carilah opertor yang menerapkan standar keselamatan maksimal, menggandeng orang-orang profesional yang sudah berpengalaman, peralatan yang memadai (seperti helm, jaket pelampung, perahu, dan alat dayung), asuransi, dan sertifikat.

Kalau kamu pilih operator yang lebih mahal, biasanya mereka menyediakan fotografer profesional yang akan mengambil gambar ketika kamu bermanuver ria saat rafting Sungai Elo. Tapi kalau tarifnya murah, kadangkala mereka tidak punya fotografer. Tapi jangan khawatir. Kalau punya kamera waterproof, kamu juga bisa menggunakannya kok. So semua tergantung dari kemampuan biaya dan kebutuhan.

Waktu yang pas untuk rafting Sungai Elo

Tidak peduli apakah kamu masih amatir atau sudah profesional, rafting Sungai Elo tetaplah menyenangkan dan mendebarkan karena di tempat ini level kesulitannya berkisar antara 1 – 3. Waktu yang dipilih biasanya dibagi menjadi 2 gelombang, yaitu pagi hari antara pukul 08.00. 09.00, dan 10.00, dan siang hari pukul 13.00, 14.00 dan 15.00. Bahkan ada beberapa operator yang ngikut saja alias fleksibel dengan jadwal yang kamu inginkan.

So kamu bisa atur sendiri waktu yang cocok untuk memulai adventure di sepanjang aliran Sungai Elo Magelang. Umumnya, rute yang akan dilalui jauhnya kira-kira 10 – 12 km dan biasanya perlu waktu sekitar 2 – 3 jam hingga tiba di titik finish. Titik start yang sering digunakan oleh para operator ada di Dusun Pare Desa Blondo. Nah kalau cuaca lagi cerah, suasananya makin menyenangkan karena bila kamu mendongak ke atas, langit terlihat begitu biru dan bila kamu mengarahkan pandangan di sekitar yang ada hanyalah pepohonan hijau.

Setelah kostum dan peralatan siap, kamu bisa langsung tancap gas menuju titik start Sungai Elo. Yang paling seru saat rafting Sungai Elo tentu saja saat memulai perjalanan dengan jeram-jeram yang membuat travelers tambah bersemangat. Pemandangan di kanan-kiri sungai yang berupa persawahan hijau, rumah-rumah penduduk, dan hutan pun akan menemanimu di sepanjang rute perjalanan. Inilah waktu paling tepat untuk melupakan sejenak rutinitas perkantoran atau kuliah yang tidak pernah kunjung selesai.

Di tengah perjalanan, kamu mungkin akan singgah sebentar di tempat persinggahan yang lebih mirip dengan gubug yang menyediakan kelapa muda dan jajanan pasar. Pasti nikmat rasanya setelah mendayung dan kelelahan lalu menyantap camilan tradisional ditambah dengan segarnya air kelapa. Setelah kenyang, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju titik finish yang terletak di Dusun Bojong, Kelurahan Mendut.

Gimana travelers, kamu sudah puas melakukan rafting Sungai Elo? Kalau masih punya waktu, kamu bisa mampir ke Candi Borobudur atau Candi Mendut. Kedua candi itu letaknya dekat lho dengan spot rafting Sungai Elo. Rugi berat kalau dilewatkan begitu saja.

Tertarik? Yuk lakukan reservasi hotel di Yogyakarta dan Magelang lewat situs Pegipegi.com. Selamat berpetualang.

 

Keterangan * : Harga berlaku saat artikel ini ditulis.

(Visited 466 times, 1 visits today)

Comments

To Top