Destinasi

Liburan ke Sumatera Barat, enaknya ke mana?

Sumatera Barat terkenal dengan kulinernya yang ternama, mulai dari rendang hingga ke sate padang. Namun, di luar pesona kuliner tersebut, Sumatera Barat punya banyak destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Pegipegi merangkum beberapa tempat yang bisa dikunjungi ketika travelers ingin berkunjung ke Sumatera Barat. Tempat-tempat ini tentunya bisa menambah referensi kamu untuk berlibur.

Lembah Anai

lembah anai

Lembah Anai menjadi lokasi sasaran untuk berlibur atau sekedar mampir sambil bareng keluarga. Wisata air terjun Lembah Anai berada di antara jalan yang menuju Padang Panjang dan Bukittinggi. Mandi di Lembah Anai ini pun terasa menyegarkan. Airnya yang tidak terlalu dingin mengundang kita untuk berhenti sejenak menikmati udara segar dan sejuk di Lembah Anai.

Danau Singkarak

singkarak

Siapa yang tidak kenal dengan Danau Singkarak. Danau ini adalah lokasi wisata danau terluas kedua di Sumatera, setelah Danau Toba. Lokasinya berada di pertengahan Kota Solok  dan Kota Padang Panjang. Ada satu yang istimewa dari Danau Singkarak, yaitu ikan Bilih. Ikan berukuran kecil ini menjadi ciri khas dari Danau Singkarak. Rasanya yang manis dan gurih cocok untuk menikmati pemandangan danau. Selain itu, Danau Singkarak menjadi lokasi diadakannyaTour de Singkarak yang merupakan lomba balap sepeda dengan skala internasional.

Danau Maninjau

Maninjau

Pemandangan di Danau Maninjau dikenal sangat indah dan ini membuatnya masuk dalam salah satu danau dengan pemandangan paling menakjubkan di Indonesia. Danau ini terletak di sekira 36 kilometer dari Bukittinggi dan ditempuh melalui jalan berbelok dan dikenal dengan sebutan kelok 44 (kelok ampek-ampek).  Berbagai fasilitas tersedia di Danau Maninjau. Selain untuk berenang dan memancing, danau ini juga menyediakan sepeda air dan hotel ataupun tempat penginapan menarik di rumah warga. Tentunya menikmati liburan di Danau Maninjau akan memberikan pengalaman tak terlupakan.

Lembah Harau

lembah-harau

Nama Lembah Harau semakin dikenal di kalangan travelers dalam beberapa tahun terakhir. Destinasi wisata yang terdapat di Kota Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam dari Bukittinggi. Lembah Harau sendiri sebenarnya merupakan cagar alam seluas 669 hektar. Selain pemandangan tebing dan lembah yang memukau dan menjadi incaran para pecinta olahraga panjat tebing, Lembau Harau juga memiliki beberapa destinasi air terjun yang luar biasa cantik. Beberapa diantaranya yaitu Air Terjun Bunta (Sarasah Bunta), Sarasah Aie Luluih dengan kolam mandi yang alami serta Sarasah Murai, di mana terdapat kepercayaan jika berdoa dan mandi di tempat ini akan cepat mendapat jodoh.

Bukittinggi

Bukittinggi

Bukittinggi memang menjadi tujuan wisata utama di Sumatera Barat, dan bukan tanpa alasan. Jam Gadang yang terletak di pusat kota telah menjadi simbol bagi Bukittinggi. Bila di London, Inggris ada Big Ben, maka di Sumatera Barat ada Jam Gadang. Di sekitar Jam Gadang banyak sekali lokasi wisata lain yang jaraknya berdekatan. Di antara lokasi wisata ittu antara lain Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan. Selain Jam Gadang, ada pula lokasi wisata Gua Jepang dan Ngarai Sianok. Jangan lupakan juga kalau di Bukittinggi terdapat lokasi-lokasi kuliner yang menggugah selera, salah satunya di Pasar Atas dan Pasar Bawah.

Istana Pagaruyung

Pagaruyung_palace

Istana ini mungkin tak sebesar Istana Kepresidenan di Jakarta. Tetapi Istana Paguryung sarat dengan sejarah. Letak istana ini berada di Kota Batusangkar, di Kabupaten Tanah Datar. Di istana ini, seringkali diadakan pertunjukkan obyek wisata budaya. Sayangnya, istana yang ada saat ini adalah replika. Kabarnya, istana yang bernama lengkap Istana Baso Pagaruyung ini terbakar hingga tiga kali. Kebakaran pertama terjadi 1804 akibat kerusuhan berdarah. Pada 1966 dan 2007, istana terbakar karena tersambar petir.

Wisata Pantai Pulau Sikuai

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sumatera Barat juga memiliki wisata pantai yang memiliki pemandangan yang menakjubkan. Pulau Sikuai menjadi incaran bagi para wisatawan unttuk mencicipi suasana liburan pantai di Sumatera Barat. Sikau sendiri adalah sebuah pulau yang letaknya berada di sebelah barat Pulau Sumatera. Jaraknya mencapai sekira 1,5 mil laut dari Kota Padang. Banyak cara unuk mencapai lokasi wisata nan indah ini, salah satunya dengan menggunakan kapal angkutan khusus dengan waktu tempuh mencapai 35 menit dari dermaga Airud Bungus. Bila ingin menginap, tersedia resor dengan 21 cottage yang memiliki sekira 45 kamar. Resor ini memberikan layanan hotel berbintang tiga. Selain bisa menikmati keindahan pantai dan wisata bahari, ditambah dengan trekking mengitari pulau. Bagi para pecandu adrenalin, travelers bisa menjelajah hutan hingga panjat tebing.

(Visited 3,151 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top