Souvenir

Liburan ke Maluku? 6 jenis oleh-oleh khas ini wajib diserbu!

oleh oleh khas maluku

Travelers, kamu lagi merencanakan liburan ke Maluku? Hmm, kalau tiket dan hotel sudah di-booking, kira-kira oleh-oleh khas Maluku apa ya yang harus masuk koper saat pulang nanti? Karena dikelilingi oleh laut, oleh-oleh khas Maluku pasti nggak bakalan jauh dengan hasil olahan laut atau apa saja yang dihasilkan oleh laut. Pegipegi sudah punya rangkumannya buat kamu. Siapa tahu kamu memang lagi berburu oleh-oleh khas Maluku ini.

oleh oleh khas maluku

foto: okezone.com

 

  1. Mutiara

Oleh-oleh khas Maluku yang kudu dibeli waktu liburan tentu saja mutiara. Rasanya nggak afdol deh kalau kamu melewatkannya. Terutama ibu-ibu dan para ladies yang hobi banget dengan aksesoris dan ingin mempercantik penampilan biar terlihat lebih manis. Kalau hunting dan beli langsung dari tempat asalnya, pasti lebih seru ya.

Jenis mutiara sendiri ada 2, mutiara air tawar yang harganya lebih murah yaitu sekitar Rp25.000* – Rp50.000* dan mutiara air laut yang harganya jauh lebih mahal, yaitu sekitar Rp250.000* – Rp400.000*. Yang jualan juga banyak kok karena memang mutiara jadi salah satu andalan oleh-oleh khas Maluku. Tapi, kamu harus teliti ya. Beli yang asli biar tahan lama, jangan yang aspal alias asli tapi palsu karena kamu akan rugi sendiri.

 

  1. Aksesoris sisik ikan

Kalau selama ini sisik ikan hanya dijadikan sampah atau limbah, namun dari tangan-tangan terampil, bagian tubuh ikan ini bisa disulap jadi aksesoris sisik ikan yang begitu unik dan menakjubkan. Saat melihatnya, kamu pasti nggak bakalan menyangka kalau aksesoris seperti kalung, gelang, peniti kebaya, tusuk konde, anting-anting, dan bucket bunga yang kamu beli dibuat dari bahan baku sisik ikan, terutama dari jenis ikan kakap merah.

Lalu, bagaimana dengan harganya? Hasil kreativitas pengrajin aksesoris sisik ikan di Maluku ini dipatok mulai dari Rp25.000* – Rp850.000* tergantung dari ukuran dan kerumitan cara membuatnya. Kalau kamu tertarik, segera saja meluncur ke CV Theodora yang ada di BTN Perumnas Wayame Permai, Ambon.

 

  1. Olahan serba ikan

Kalau sisik ikan sukses dijadikan aksesoris, kini travelers bisa mencicipi oleh-oleh khas Maluku dalam bentuk olahan makanan dari laut. Apalagi kalau bukan ikan. Kreativitas dan inovasi yang dilakukan dalam bidang kuliner memang diperlukan untuk mengikuti selera lidah wisatawan. Dan kini, kamu bisa mencicipi fish and chip, burger tuna, dan pizza tuna.

Harganya juga terjangkau. Kalau burger tuna dihargai sekitar Rp10.000 * – Rp15.000*, sedangkan 1 pan pizza tuna harganya sekitar Rp50.000*. Murmer ‘kan? Lalu dimana bisa beli semua olahan ikan di atas ya? Sekali lagi, adanya di CV Theodora. Nikmati saja sensasi pizza dan burger yang dipadu dengan ikan segar. Hmm, lezatnyaa!

 

  1. Minuman dan panganan ringan khas Ambon

Oleh-oleh khas Maluku yang bisa dimakan nggak cuma di atas. Kamu juga bisa membawanya dalam bentuk makanan ringan yang cocok banget jadi teman santai. Kamu bisa beli kacang kenari, halua kenari, sarut kenari, bagea, dan kue tumbu di Pasar Mardika, Ambon. Biar makannya nggak seret di tenggorokan, kamu bisa melancarkannya dengan minum sirup khas Ambon. Klop banget deh.

 

  1. Kerajinan kulit kerang

Nggak hanya sisik ikan saja yang dimanfaatkan jadi kerajinan tangan. Oleh-oleh khas Maluku yang bisa kamu bawa pulang juga dapat berupa kerajinan kulit kerang. Ragamnya sangat variatif, mulai dari hiasan dinding, lukisan, cincin, anting-anting, gelang, kalung, dan masih banyak lagi. Hanya dengan membayar Rp40.000* – Rp100.000*, kamu bisa membawanya pulang. Itu artinya, koleksi souvenir eksotis dan unik di rumah jadi nambah ‘kan?

 

  1. Kaos khas Maluku

Plesiran kalau nggak bawa buah tangan yang bisa dipakai dan dilihat oleh teman rasanya belum komplit ya. Nah untuk urusan yang satu ini, kamu bisa borong oleh-oleh khas Maluku dalam bentuk kaos. Di Ambon Maluku ada banyak kios yang menjual kaos dan khas banget dengan daerah kawasan timur Indonesia. Model dan warna yang bisa dipilih juga lengkap. Satu lagi, kamu bisa langsung memakainya saat balik ke kota asal. Teman-temanmu pasti bisa nebak, ‘oh, baru plesiran ke Maluku ya’?

 

Cukup variatif ‘kan oleh-oleh khas Maluku yang Pegipegi tawarkan buat travelers semua? Sebelum meluncur ke Maluku, yuk pesan tiket pesawat dan booking hotel dulu lewat Pegipegi.com. Happy shopping!

(Visited 5,510 times, 9 visits today)

Comments

To Top