Destinasi

Liburan ke Dieng? Jangan Lupa Kunjungi 4 Tempat Keren Ini!

Dieng

Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah atau yang biasa disebut juga dengan ‘negeri di atas awan’ memiliki pesona alam pegunungan yang spesial. Selain menyuguhkan wisata alam, kamu juga bisa menemukan wisata sejarah dan budaya yang masih kental, hingga wisata kuliner seperti mie ongklok, tempe kemul, minuman carica segar, juga kopi purwaceng dengan cita rasa yang khas.

Bagi kamu yang ingin berwisata ke Dieng, Pegipegi mempunyai empat rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi. Yuk, simak selengkapnya!

Puncak Sikunir

Puncak Sikunir merupakan bukit yang ada di Dataran Tinggi Dieng, dengan ketinggian mencapai sekitar 2.300 mdpl. Dari puncak bukit ini, kamu bisa mendapatkan pemandangan matahari terbit yang sangat indah, yang biasa juga disebut dengan golden sunrise ketika langit sedang cerah. Untuk mencapai puncak bukit ini, kamu membutuhkan waktu sekitar 30—45 menit dengan berjalan kaki di jalan setapak yang sudah tertata. Gak jarang juga banyak wisatawan yang memilih camping di puncak Sikunir untuk menikmati pemandangan langit malam Dieng yang memukau.

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang adalah salah satu tempat wisata unggulan yang ada di Dieng. Dibandingkan dengan kawah lainnya, Kawah Sikidang mempunyai akses jalan yang mudah dijangkau dan pemandangan yang menakjubkan. Karena posisi kawah terletak pada dataran, maka kamu bisa melihat aktivitas kawah dengan lumpur panas yang meletup-letup dalam jarak yang dekat dan jelas. Gak heran, jika tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya.

Candi Arjuna

Dataran Tinggi Dieng mempunyai banyak bangunan candi. Kompleks Candi Arjuna merupakan yang terluas. Candi Arjuna terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, dan kompleksnya sendiri memiliki luas sekitar 1 hektare. Terdapat lima bangunan candi, yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Selain Candi Semar, keempat candi lain merupakan candi utama yang digunakan sebagai tempat bersembahyang. Candi Arjuna, sebagai candi utama di kompleks ini juga diperkirakan sebagai candi tertua, yang ditaksir dibangun pada abad 8 Masehi oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno.

Telaga Warna

Nama Telaga Warna diberikan karena keunikan fenomena alam yang terjadi di tempat ini, yaitu warna air dari telaga tersebut yang sering berubah-ubah. Terkadang, telaga ini berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni seperti pelangi. Fenomena ini terjadi karena air telaga mengandung sulfur yang cukup tinggi, sehingga saat sinar matahari mengenainya membuat warna air telaga tampak berwarna warni. Telaga Warna berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, dan dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi yang menambah pesona keindahan alam sekitar telaga warna. Keindahan telaga warna akan lebih terasa kalau kamu naik ke salah satu bukit yang mengelilingi telaga ini. Jika kamu ingin berkunjung ke sana, waktu yang paling tepat adalah saat pagi atau siang hari, karena pada sore hari, kabut tebal akan menutupi daerah sekitar telaga warna, sehingga kamu gak bisa menikmati keindahan alamnya.

Itu dia empat rekomendasi tempat wisata andalan Dieng yang wajib kamu kunjungi. Jika kamu ingin berkunjung ke sana, pastikan kamu mengecek terlebih dahulu apakah kawasan wisata tersebut sudah beroperasi atau belum, ya. Pasalnya, ada beberapa tempat wisata di Dieng yang ditutup karena situasi pandemi seperti sekarang ini. Supaya liburan kamu lebih praktis dan hemat, jangan lupa memesan tiket transportasi dan akomodasi di aplikasi Pegipegi. Perhatikan juga protokol kesehatan supaya liburan kamu makin aman dan nyaman, ya SobiPegi!

Comments

To Top
%d bloggers like this: