Destinasi

Liburan ke Bali, jangan lupa diving!

Bali tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, tetapi kekayaan bawah laut Bali juga menjadi tujuan wisata yang menarik perhatian dari banyak wisatawan lokal maupun asing. Travelers bisa menikmati kekayaan bawah laut Bali dengan diving ataupun snorkeling.

Beberapa wilayah di Pulau Dewata amat terkenal dengan lokasi divingnya. Pegipegi merangkum tempat-tempat yang saat ini dikenal ramai menjadi tujuan wisata bawah laut di Bali.

Nusa Lembongan

nusa lembongan

Nusa Lembongan adalah sebuah pulau kecil di wilayah pesisir tenggara Bali. Daerah ini dengan cepat menjadi salah satu wilayah atraksi wisata yang menarik perhatian. Satu hal yang menjadi keunggulan wilayah ini adalah jauh dari kesemrawutan di Bali Selatan. Luas wilayah Nusa Lembongan mencapai 8 kilometer per segi dan dekat dengan pulau yang lebih besar Nusa Penida serta Nusa Ceningan. Ketiga pulau ini terpisah dari Pulau Bali oleh Selat Badung. Di Nusa Lembongan, wisatawan mendapatkan keheningan dibandingkan Bali Selatan. Sebagian besar dari pulau ini kaya akan kekayaan lautnya dan dilengkapi pula dengan beberapa pantai pasir putih. Ada tempat budidaya rumput laut yang menjadi perhatian di Nisa Lembongan. Tempat-tempat yang bisa dijelajahi di Nusa Lembongan antara lain Jungut Batu, Mushroom Bay, salah satu tempat terindah di Bali, Dream Beach dan Sunset Beach. Untuk diving, anda bisa menghabiskan dana antara US$35 hingga US$395.

Nusa Penida

nusa penida

Wilayah lain yang menjadi lokasi diving pilihan di Bali adalah Nusa Penida. Tidak jauh dari Nusa Lembongan, pulau ini memiliki banyak dive spot menarik. Tidak hanya diving, snorkeling pun bisa menjadi pilihan di tempat ini. Beberapa lokasi yang kerap dikunjungi para penyelam adalah Manta Point, Crystal Bay dan Toya Pakeh. Di Manta Point, diver bisa berinteraksi dekat dengan ikan pari manta dan mola-mola di Crystal Bay pada kedalaman tertentu. Butuh perahu untuk mencapai lokasi ini karena jaraknya sedikit jauh dari pantai. Sementara lokasi snorkeling Nusa Penida paling mudah dicapai karena dekat dengan pantai. Banyak sekali pilihan coral atau karang di tempat ini, mulai dari hard coral hingga soft coral. Sementara jenis ikan yang bisa ditemukan antara lain barracuda dan napoleon. Tapi ingat, jangan diving di saat purnama atau pasang karena ombak akan lebih besar dan air menjadi keruh. Untuk menyeberang ke Nusa Penida, travelers bisa menggunakan perahu dari Sanur dan kapal feri dari Padangbai . Jarak tempuh dari Sanur sekira 45 menit, sedangkan dari Padangbai sekira 30 menit.

Pulau Menjangan

SENORKLING-DI-MENJANGAN

Berada di ujung barat Pulau Bali, wilayah yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat ini menyediakan dive spot dan snorkeling yang ada di hampir sekeliling pulau. Tidak jarang, traveler bisa melihat langsung taman laut yang indah dari tepian pantai. Beberapa biota laut yang menjadi atraksi utama adalah anemone, gorgonian table, coral garden, belut, lion fish dan bahkan murray bisa kita temukan di kedalaman sekira 3 hingga 10 meter. Jika Anda beruntung penyu, lumba-lumba dan whale shark bisa kita lihat di dive spot. Selain taman laut yang terkenal, Pulau Menjangan juga dikenal dengan tebing dalam laut yang menakjubkan. Untuk ke Pulau Menjangan, kamu bisa melalui dermaga Labuhan Lalang atau Mimpi Resort dengan menyewa perahu. Biaya untuk menyeberang kurang lebih Rp400 ribu per rombongan untuk wisatawan domestik yang berlaku untuk 4 jam di sekitar pulau.

Tulamben

Tulamben

Beranjak ke wilayah timur laut dari selatan Bali, kamu akan menemukan lokasi diving populer di Bali. Tulamben, bertempat di kaki Gunung Agung, area ini menawarkan lokasi beragam untuk recreasional diving yang tentunya aman bagi para penyelam pemula. Wilayah ini sangat kaya akan biota laut dan satu hal yang spesial adalah puing kapal perang Amerika Serikat USAT Liberty. Wilayah selam lainnya termasuk coral garden yang dipenuhi banyak ikan berbeda termasuk, udang mantis dan hiu sirip hitam. Lokasi snorkeling pun beragam di wilayah ini, termasuk di Seraya Secret, Mystery Rock dan Kubu. Tidak puas satu hari untuk menikmati Tulamben, banyaknya spesies laut bisa membutuhkan waktu sepekan lebih untuk menyelam di Tulamben.

Sudah siap untuk menjelajah kekayaan bawah laut Bali? Yuk mulai cari tiket murah ke Bali di Pegipegi!

 

(Visited 188 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top