Tips

Liburan hemat ke Pulau Komodo

komodo_featured

Kalian pernah ngeliat kalender dan mencari-cari tanggal merah? Hahahahah.. tak heran jika kalian melakukannya dan bisa dibilang bahwa itu adalah normal. Yup! Sangat normal! Setelah kamu, para traveler menemukan tanggal-tanggal merah itu, lantas apa yang kalian lakukan selanjutnya? Planning! Ya, pasti kalian langsung membuat planning atau yang biasa disebut rencana untuk berlibur.

Pergi ke mana? Naik apa? Sama siapa? Berapa lama mau di sana? Tentu pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang sangat relevan. Namun, ada pertanyaan yang lebih penting lagi. Apa itu? Tentu saja, money matters! Berencana sih boleh saja, tapi uang tentu juga memiliki peranan penting. Sebagai traveler, tentu saja kita ingin bepergian ke tempat-tempat cantik dengan bujet minim.

Tak perlu jauh-jauh, negara kita yang kaya akan pulau ini memiliki banyak sekali tujuan tempat-tempat wisata yang tak kalah menarik dengan tempat wisata di luar negeri. Pulau ini adalah pulau yang memiliki banyak sekali hewan purba yang menyerupai kadal raksasa. Ya, tepat sekali.. Pulau Komodo!

Nah, kali ini kita telusuri bersama-sama yuk ilustrasi perjalanan atau liburan ke pulau Komodo yang tidak terlalu ‘mencekik leher’.

Untuk biaya perjalanan sendirian kira-kira seperti ini. Sewa kapal 2D/1N Rp 1.750.000  sudah termasuk makan malam, pagi dan siang ditambah snack. Kapal yang kalian gunakan sudah cukup nyaman, ada satu kamar kecil dengan kasur kapuk, kamar mandi, minuman dari air mineral dan soda selalu tersedia, makanan berlimpah, peralatan snorkeling lengkap. Selanjutnya, jangan lupa beli tiket masuk ke Taman Nasional Komodo dan/atau Pulau Rinca sekitar Rp 90 ribuan dan sudah termasuk biaya trekking. Dengan tiket terusan ini kalian sudah bisa masuk ke 2 pulau yaitu Komodo dan Rinca tanpa harus melakuan pembayaran lagi, kecuali kalau mau beli souvenir atau memberi tip untuk ranger.

Jika kalian naik pesawat dari Ende jangan lupa sewa mobil dari Ende sampai labuan Bajo selama 5 hari. Alternatif lain adalah naik bus/angkot atau ketengan naik travel. Biaya terbesar ialah untuk tiket pesawat dan sewa kapal yang bisa mencapai setidaknya Rp 1 juta untuk sekali jalan.

Tetapi berbeda jika kalian melakukan trip Komodo melalui Lombok. Kalau dari Lombok kalian bisa ikut Live On Board (LOB) yang tentu biaya bisa sedikit lebih murah. Selain itu, tentunya merasakan tinggal di kapal selama beberapa hari cukup memberikan petualangan. Kapal akan bertolak dari Bangsal Lombok menuju Gili Bola. Di Gili Bola kalian bisa melihat kelelawar dan matahari terbenam trus bermalam diatas laut. Itulah keindahan pulau Komodo, kalian bukan hanya bisa menemukan komodo di pulau Komodo tetapi juga di Rinca. Nikmatilah dengan kapal mengitari pantai Merah dan pulau Bidadari, tak ketinggalan pula ikan Manta, juga keindahan pasir putih di pantai.

Supaya perjalanan kalian ke Pulau Komodo terasa optimal, Pegipegi punya sedikit tips untuk para traveler:

1) Kunjungi Taman Nasional Komodo

Komodo_welcome

Yup! Supaya uangmu tidak terbuang percuma, jika kamu sudah menginjakkan kakimu di pulau Komodo ini, jangan lupa mengunjungi Komodo National Park. Di sana kamu dapat melihat “dragons” dengan bebas di alam terbuka. Inilah yang sungguh-sungguh menjadi alasan yang mantap buat kamu kenapa kamu harus mengunjungi temapt fantastis ini. Kalau bicara mengenai cuaca, suhu di tempat ini sangat panas dan lembab, oleh sebab itu pastikan kalian, para travelvers, membawa beberapa botol air minum supaya tidak dehidrasi alias kehausan.

2) Berburu Pemandangan yang Memikat

maun

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, memang benar, yang menjadi tujuan utama ke pulau Komodo itu ialah untuk memburu “cicak dragon” tersebut. Dengan menghabiskan dua hari satu malam di kapal maka pemandangan dari pelabuhan Labuan Bajo hingga pulau Komodo menjadi semakin menakjubkan dan tak terlupakan! Tidak ketinggalan pula pulau Rinca yang juga tak kalah menakjubkan dari pulau Komodo.

3) Keindahan Kehidupan Laut

img_feat_marine3_jan2010

Jika dari atas, rantai pulau Komodo terlihat seperti layaknya pulau-pulai lainnya tapi ketika kamu mengenakan snorkeling mask, kamu akan menemukan hal-hal yang sungguh-sungguh berbeda di bawah sana. Airnya bagaikan kristal yang jernih, ikan-ikannya beragam warnanya, dan koral-koralnya bervariasi warna dan bentuknya. Sungguh pemandangan yang menakjubkan dan luar biasa!

Sungguh liburan yang tidak terlalu menghabiskan biaya tetapi dapat menikmati keindahan pulau Komodo yang menakjubkan!

(Visited 6,415 times, 1 visits today)

Comments

5 Comments

Comments

To Top