Destinasi

Liburan di 8 Spot Hiddens Gems di Indonesia Bisa Menenangkan Hati

Musim liburan masih lama, nih! Tapi, kamu bisa mulai merencanakan traveling selanjutnya bersama orang terdekat lho.

Indonesia itu nggak cuma Danau Toba, Raja Ampat atau Labuan Bajo, kok. Soalnya, Indonesia punya banyak banget spot wisata tersembunyi dan anti mainstream atau istilahnya hidden gems.

Mulai dari pantai cantik dan damai hingga bukit menawan bisa kamu kulik potensinya. Apalagi, dengan suasana yang damai, deretan tempat wisata ini bisa kamu jadikan spot mencari inspirasi, lho.

Penasaran? Pegipegi punya beberapa spot hidden gems di Indonesia yang mengaggumkan buat liburan kamu selanjutnya. Simak, yuk!

Pulau Labuan, Lampung

Masih dalam satu lingkup Provinsi Lampung, Pulau Labuan memiliki dimensi wilayah yang cukup luas, 600 hektar. Dengan luas wilayah seperti itu, ada banyak pesona alam dan kejutan yang bisa didapatkan saat main ke Pulau Tabuan. Yang pasti bikin kamu tertarik adalah pantai pasir putih yang menawan lengkap dengan deretan batu karang. Dibalut dengan air laut biru yang memesona, siap dibuat terpukau dengan panorama alam yang terjadi di pinggir pantai. Sesekali berbagai burung terbang rendah untuk menjemput makanannya, menyajikan pemandangan unik tersendiri. Cuitannya berpadu merdu dengan hembusan angin sepoi-sepoi yang membuat sejuk kawasan Pulau Tabuan. Cocok buat jadi spot kamu mencari ketenangan.

Kebun Teh Kemuning, Karanganyar

Eksotisme alam yang dimaksud bisa kamu temukan 40 kilometer dari kota Solo. Tepatnya di Kabupaten Karanganyar, Kebun Teh Kemuning di desa Kemuning, kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar siap memanjakan liburan kamu bersama orang terdekat. Hamparan luas kebun teh hijau berjajar rapi mengitari bukit Ngargoyoso beradu serasi dengan suhu udara sejuk berkisar 21 derajat di siang hari. Mirip banget dengan Kebun Teh di Puncak Bogor, Kebun Teh Kemuning terasa jauh lebih sunyi lantaran namanya belum terlalu dikenal masyarakat luas.

Curug Lawe, Semarang

Sesuai dengan namanya, Curug Lawe menyajikan pesona air terjun yang sejuk dan menawan. Berada di kaki Gunung Ungaran, wisata alam yang satu ini menjadi potensi wisata yang nggak boleh kamu lewati. Dikelilingi hutan lebat yang sangat hijau, kamu juga bisa menyapa berbagai jenis hewan liar yang sering melintas di area air terjun.

Kebanyakan burung-burung yang tengah mencari makanan berupa ikan di kolam curug maupun kembali ke sarangnya di atas pohon tertinggi. Keunikan Curug Lawe sendiri terdapat pada jernihnya air yang jatuh dari ketinggian 10 meter. Berasal dari sungai yang mengalir deras dari Gunung Ungaran, Curug Lawe membalut diri dengang tebing melingkar, seakan-akan kamu berada di sebuah sumur yang dalam. Pas banget buat kamu yang ingin mencari ketenangan.

Bukit Molenteng, Bali

Kawasan Nusa Penida memang jadi surga wisata alam di Bali. Selain punya Pantai Atuh yang unik, Nusa Penida juga hadir dengan buai alam cantik, Bukit Molenteng. Berada di Banjar Pelilitan, Bukit Molenteng menawarkan pemandangan alam yang menarik untuk dikulik. Di sana, ada beberapa gugusan tebing indah yang dibalut dengan pepohonan hijau.

Terdapat beberapa teluk yang memiliki pasir putih lembut di bawahnya. Namun, banyak turis memilih untuk mendaki bukit demi dapat menikmati panorama dari atas, lho! Deretan gugusan pulau kecil di Bukit Molenteng mengingatkan kita akan kawasan Wayag di Raja Ampat. Nggak heran, Bukit Molenteng sering disebut sebagai Raja Ampat khas Bali yang nggak kalah mengagumkannya.

Pantai Lawar, Sumbawa Barat

Terletak di Sekongkang, Kabupaten Sumbawa, Pantai Lawar menawarkan hamparan pasir putih yang lembut banget. Dibalut dengan cuaca tropis, air laut di pantai yang satu ini terlihat sangat biru dan bening.

Yang bikin menarik dari Pantai Lawar adalah lanskap kawasannya. Diapit dua bukit batu dengan vegetasi alami, Pantai Lawar tampak cantik dengan refleksi warna lembayung kala senja tiba di horizonnya. Nggak heran, banyak muda-mudi sekitar Sekongkang maupun turis kerap memadati Pantai Lawar di sore hari. Makin menarik, karena Pantai Lawar punya banyak ruang, baik di kawasan tanah berpasir maupun tebing batu buat bersantai.

Danau Labuan Cermin, Biduk-Biduk

Danau Labuan Cermin berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 hingga 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb.

Air di Danau Labuan Cermin sangat jernih. Jadi, kamu bisa melihat dasar danau dengan pasir lautnya yang cantik. Danau ini disebut Labuan Cermin karena lapisan airnya seperti memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul. Hal itu terjadi karena airnya memiliki rasa asin yang akan terasa jika kita mengecap air dari permukaan danau. Sementara air di dasar danau terasa tawar.

Labuan Cermin memiliki pemandangan yang menyegarkan. Danau ini dikelilingi pepohonan rimbun, sehingga suasananya teduh. Selain menikmati suasana, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain, seperti berenang, snorkeling, dan menyelam

Pulau Tomia, Wakatobi

Terletak di pusat Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Tomia merupakan sebuah pulau karang purba yang cukup unik. Terbentuk akibat adanya pergeseran kulit bumi, karang yang muncul ke permukaan, yang kemudian ditumbuhi vegetasi alami, berubah menjadi sebuah pulau.

Lantaran berstatus sebagai pulau karang, kamu bakal menemukan banyak sekali unsur laut di berbagai sudut Pulau Tomia. Bahkan, puncak tertinggi di pulau ini dihuni banyak sekali cangkang kerang raksasa yang berusia ribuan tahun.

Wisata terumbu karang menjadi daya tarik tersendiri, khususnya para wisatawan yang hobi snorkeling. Lantaran berada di kawasan segitiga terumbu karang dunia, Pulau Tomia punya koleksi terumbu karang yang terawat dengan permukaan air laut yang sangat jernih.

Pulau Bair, Maluku Tenggara

Jika Papua punya Raja Ampat, maka Maluku punya Pulau Bair. Yap, pulau yang satu ini menyuguhkan beberapa gugusan pulau yang terpecah dan dikelilingi air laut biru. Selain bisa memandang dari atas bukit, kamu bisa menikmati hangatnya air laut dengan menyelam di sana.

Terletak di Kota Tual, Maluku Tenggara, Pulau Bair adalah rumah bagi terumbu karang menawan yang berpadu dengan ikan-ikan kecil yang lucu. Pemandangan ini siap memberikan pengalaman mengesankan berlibur di Maluku bersama sahabat, pasangan atau keluarga.

Pengin liburan dalam waktu dekat? Yuk, pesan tiket bustiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi, ya.

PESAN TIKET BUS MURAH PESAN TIKET PESAWAT MURAH PESAN TIKET KERETA API MURAH CARI HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top