Tips

Libur Nyaman Bersama Keluarga

Libur panjang sekolah sudah dimulai nih, Travelers. Bagi kamu  yang sudah memiliki anak, mungkin sekarang kamu sedang pusing memikirkan destinasi liburan yang cocok untuk keluarga. Atau, kamu sudah siap berangkat karena sudah memesan hotel dan tiket pesawat.

Tapi, sebelum menikmati liburan dengan keluarga tercinta, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh travelers supaya seluruh anggota keluarga bisa menikmati liburan. Nah, PegiPegi sudah merangkum sebagian tips berguna dari berbagai sumber yang bisa kamu terapkan:

Tentukan destinasi dari jauh-jauh hari

Saat bepergian dengan keluarga, apalagi kalau memiliki an  ak balita, yang perlu diperhatikan adalah apakah destinasi incaran kamu cukup mudah dijangkau dan aman. Kalau kamu memimpikan pergi ke Raja Ampat atau ke Gunung Rinjani, mungkin ada baiknya ditunda dulu. Terbayang kan lama dan beratnya perjalanan itu untuk anak balita? Selain itu, dengan menentukan destinasi dari jauh-jauh hari kamu juga punya cukup waktu untuk mengatur waktu cuti dari kantor.

Siapkan bujet lebih

budget vacation ideas

Kalau kamu bepergian dengan teman-teman, mungkin kamu masih bisa menekan bujet seminimal mungkin. Tapi, saat liburan dengan keluarga, apalagi keluarga besar, sepertinya singkirkan dulu kata ‘irit’ dari dalam kepala. Selain menyiapkan anggaran untuk biaya transportasi dan akomodasi, kamu juga harus menyisihkan bujet untuk berjaga-jaga seandainya ada anggota keluarga yang sakit di tengah jalan. Oya, jangan lupa sisihkan juga anggaran untuk membeli oleh-oleh ya!

Perhatikan jenis kendaraan

Kata kuncinya adalah: antisipasi. Intinya, naik kendaraan apapun tidak jadi soal selama travelers bisa mengakalinya. Jika bepergian dengan kapal laut, pastikan kamu membawa obat anti mabuk. Atau, kalau menggunakan pesawat, lakukan check in lebih awal dan lapor pada petugas agar diberikan tempat duduk yg ideal.

Rencanakan tempat menginap

Mod-City-Mag-Top-Family-Friendly-Hotels-353x210

Karena liburan sekolah biasanya menjadi peak season alias musim sibuk daerah wisata, pastikan kamu sudah tahu dimana akan menginap dari jauh-jauh hari. Kalau berencana menginap di rumah saudara, usahakan jangan memberi kabar mendadak supaya mereka juga bisa bersiap-siap. Jika berencana menginap di hotel, lakukan reservasi jauh sebelum hari keberangkatan, dan pastikan hotel incaran aman dan nyaman untuk dihuni seluruh anggota keluarga.

Buat daftar barang bawaan

Sebelum mengepak barang bawaan, ada baiknya kamu terlebih dulu membuat daftar apa saja yang akan dibawa supaya nantinya tidak tertinggal. Untuk keperluan anak balita, tidak perlu membawa dalam volume besar, karena kamu hanya akan berlibur selama beberapa hari. Jadi, rasanya tidak perlu bawa pampers sampai satu tas penuh atau susu formula sampai sekaleng besar. Selain itu, pastikan untuk memasukkan semua kebutuhan anak dalam satu tas supaya kamu tidak susah mencarinya.

Alat dokumentasi

623782-two-passports-ready-for-the-next-vacation-the-camera-and-binoculars-are-ready

Sudah siap bersenang-senang dengan keluarga, tentunya jangan sampai lupa membawa alat dokumentasi dong! Siapkan semua alat dokumentasi beserta pendukungnya seperti baterai atau alat charger. Jangan sampai liburan jadi terasa hambar dan tidak menyisakan kenangan hanya karena baterai kamera atau handycam habis.

(Visited 186 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top