Tips

Lepas ikat pinggang dan jam tangan saat pemeriksaan di bandara, wajib!

www.bandara.id

www.bandara.id

Siapa di antara kamu para travelers yang sering mengeluh saat diminta melepas ikat pinggang dan jam tangan saat pemeriksaan di bandara? Jangan langsung protes, ternyata prosedur itu sudah ditetapkan sebagai bagian dari Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 127 Tahun 2015 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional (PKPN).

Menurut Suprasetyo, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, ada alasan keamanan di balik prosedur melepas ikat pinggang dan jam tangan. Ada kemungkinan penumpang yang berniat jahat akan menyimpan senjata atau pisau tipis di antara kulit ikat pinggang. Jam tangan juga bisa menjadi media untuk menyimpan jarum beracun yang dioperasikan lewat tombol-tombolnya. Jika dilepas, maka keberadaan senjata tajam bisa terdeteksi x-ray.

“Untuk sementara pemeriksaan ini baru dilakukan di bandara-bandara besar, namun akan diterapkan di seluruh bandara termasuk Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) selambat- lambatnya akhir Desember 2015. Berhubung prosedur pemeriksaan ini akan menimbulkan antrian, maka untuk menghemat waktu sebaiknya calon penumpang melakukan check-in sebelum keberangkatan. Hal ini juga akan diumumkan lewat spanduk, standing banner, dan pengeras suara secara rutin,” jelas Suprasetyo.

Walau dianggap berlebihan oleh sebagian calon penumpang, prosedur ini sebenarnya udah berlaku sejak lama, hanya perlu diupdate sesuai kebutuhan. Biar bagaimana pun, prosedur ini dibuat demi keselamatan dan kenyamanan penumpang selama dalam penerbangan. Berhubung pemerintah menargetkan 12 juta wisatawan asing, maka bandara sebagai pintu masuk pun harus bebas ancaman agar para wisatawan pun merasa aman selama di Indonesia.

So, mulai sekarang langsung lepaskan ikat pinggang dan jam tangan saat melewati pemeriksaan tanpa harus diminta, ya. Selain menghemat waktu, ini juga bukti travelers mendukung peraturan pemerintah. Kalau penerbangan aman dan nyaman, yang merasakan, kan, kamu- kamu juga. Setuju?

(Visited 602 times, 1 visits today)

Comments

To Top