Destinasi

Lembuswana, Ikon Sakral khas Kutai Kartanegara yang Melegenda

Ibukota baru Indonesia, Kutai Kartanegara menyimpan banyak sekali cerita unik yang seru buat dikulik. Salah satu yang paling menonjol adalah simbol kejayaannya, Lembuswana.

Hewan mitologi ini sudah menjadi ikon dari kabupaten yang berada di Kalimantan Timur ini sejak abad keempat. Kala itu, masyarakat di Kerajaan Kutai menyebut hewan ini sebagai tunggangan Dewa Batara Guru saat menyebark anajarannya.

Nggak cuma Batara Guru, namun Raja Kutai, Mulawarman konon menggunakan Lembuswana sebagai tunggangan pribadiya saat beliau berkuasa 1,500 tahun lalu. Sehingga, hingga saat ini, Lembuswana sangat disucikan oleh masyarakat Kutai Kartanegara.

Saking punya pengaruh besar, Lembuswana konon juga punya andil dalam kehidupana di Kerajaan Kutai. Menurut legendanya, ada seorang bayi yang dikawal Ular Naga Lembu dan dibawa oleh Lembuswana. Bayi tersebut kemudian dikenal sebagai Putri Karang Melenu yang menjadi pendamping hidup raja Kutai Kartanegara pertama, Aji Batara Agung Dewa Sakti. Keduanya pun melahirkan para sultan di Kota Raja itu.

Dengan wujud lembut berkepala singa, Lembuswana terlihat gagah karena memiliki tarik dan belalai seperti gajah. Makin unik, karena hewan mitologi ini punya sayap dan mahkota seperti raja, menasbihkannya sebagai penguasai Sungai Mahakam.

Buat kamu yang penasaran sama wujud dari Lembuswana bisa berkunjung ke Museum Mulawarman di kota Tenggarong. Di sana, terdapat satu koleksi patung Lembuswana yang terbuat dari kuningan. Patung ini dibuat oleh para ahli patung di Myanmar sebelum diserahkan dan disimpan di Istana Kutai Kartanegara pada 1900 silam.

Selain di Museum Mulawarman, kamu juga bisa menemukan patung Lembuswana di Pulau Kemala yang merupakan delta di tengah Sungai Mahakam. Pantung lembu yang satu ini merupakan karya dari pematung kawakan kelahiran Bali, Nyoman Nuarta.

Pengin liburan ke Kutai Kartanegara? Bisa banget! Yuk, pesan tiket pesawat murah ke Samarinda dan cari hotel murah di Samarinda lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Samarinda cari hotel murah di Samarinda

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top