Destinasi

Lembah Anai, Air Terjun dengan Hutan Tropis Lebat di Sumatera Barat

Lembah Anai adalah salah satu tempat wisata unggulan di Sumatera Barat. Lokasinya berada di antara Padang dan Bukittinggi, atau sekitar 38 km dari Batusangkar. Pengin berwisata ke Lembah Anai? Kenalan dulu dengan Lembah Anai lewat artikel berikut, ya!

Luasnya sekitar 221 hektar. Lembah Anai juga menjadi jalur utama lalu lintas antara Padang dan Bukittinggi. Sebelum sampai ke Lembah Anai, kamu akan melewati jalan berkelok-kelok yang dihiasi pemandangan indah juga ditumbuhi pohon, bukit hijau, dan lembah. Kadang, suka ada monyet yang berkeliaran di sana. Selain monyet, ada juga ada harimau sumatera, owa, rusa, kera, anteater, kadal, beragam burung, juga kupu-kupu.

Jangan sampai kamu melewatkan tujuh air terjun dan danau dengan air biru nan jernih. Satu air terjunnya berada di pinggir jalan dan sisanya masih agak jauh dan dikelilingi hutan lebat. Selain di dalam kawasan cagar alam ini, kamu dapat trekking selama sekitar 2 jam untuk dapat melihat air terjun lainnya. Jika lelah, tak ada salahnya untuk menepi sebentar dan mengamati pesona alam lebih lama. Rasa kagum akan bertambah saat menyaksikan bentangan alam yang mengelilingi air terjun indah ini.

Sungai yang membuat Air Terjun Lembah Anai muncul berasal dari Gunung Singgalang. Airnya mengalir menuruni bukit dan masuk ke Cagar Alam Lembah Anai sampai di tepi tebing setinggi 50 meter. Kabut yang dibuat oleh air terjun menciptakan warna yang indah saat matahari bersinar di atasnya.

Deretan perbukitan hijau di kaki Gunung Singgalang menjadi dinding alam yang seakan ingin menyembunyikan eksotisme air terjun setinggi kurang lebih 35 meter tersebut. Lihatlah pula rangkaian rel kereta tua yang berkelok melintas di atas jalan raya, yang letaknya tak jauh dari posisi air terjun. Komposisi pemandangan alam itu menjadi surga bagi mereka yang hobi berwisata di alam terbuka.

Pengin ke Lembah Anai? Transit dulu di Kota Padang! Yuk, pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Padang lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke padang  cari hotel murah di padang

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top