Kuliner

Lapis Legit, Kue Khas Imlek yang Sarat Akan Makna dan Sejarah

Lagi cari oleh-oleh buat merayakan Imlek bersama keluarga? Coba main ke kota-kota besar seperti Semarang, Bandung atau Surabaya buat berburu kue lapis legit yang sangat terkenal itu!

Sesuai dengan namanya, lapis legit adalah kue yang bertingkat. Memadukan rempah seperti kapulga, kayu manis, cengkih, pala dengan bahan dasar seperti kuning telur hingga margarin menjadikan lapis legit sebagai camilan yang spesial.

Dengan rasa yang manis dan menggigit, lapis legit cocok dinikmati dengan segelas teh maupun kopi hangat di sore hari. Tapi, nggak jarang juga warga Indonesia menjadikan lapis legit sebagai camilan penutup makan malam, lho.

Dengan tekstur yang lembut namun kokoh, lapis legit merupakan kuliner khas Indonesia yang punya nilai sejarah tinggi. Apalagi, sejak dinobatkan sebagai salah satu kue terenak di dunia versi CNN, banyak orang yang penasaran akan asal usul lapis legit.

Untuk mengetahui sejarahnya, kamu harus menarik fakta bahwa lapis legit punya banyak pengaruh dari Negeri Belanda. Usai menjajah, Belanda mewariskan banyak sekali kuliner lezat yang kemudian dimodifikasi, salah satunya lapis legit atau spekuk.

Warga Tionghoa di Indonesia, yang dikenal jago masak pun punya andil besar dalam kreasi lapis legit ini. Dengan menggunakan rempah lokal, mereka mengubah spekuk menjadi lapis legit yang lebih cocok dengan lidah masyarakat Indonesia.

Sering Tertukar

Menariknya, kue ini sering tertukar dengan jajanan khas Surabaya, kue lapis. Padahal, banyak sekali perbedaan yang bisa dilihat, mulai dari bentuk hingga rasa.

Jika ditilik, lapis legit memiliki tekstur lebih keras dan berlapis-lapis. Sedangkan lapis Surabaya bertekstur lembut dan empuk serta memiliki tiga atau dua lapis saja.

Meski demikian, dengan bentuk yang bertingkat, lapis legit punya arti kehidupan tersendiri bagi warga Tionghoa. Dengan lapisan yang mencapai 18 tingkat, lapis legit menjadi simbol kesejahteraan yang nggak akan pernah surut.

Rasa manis dan legit kuenya pun menjadi simbol kehidupan yang bahagia bagi warga Tionghoa. Nah, kepercayaan ini yang sudah turun temurun dilestarikan lewat sajian lapis legit

Tertarik buat mencicipi lapis legit pas Imlek? Sekalian liburan! Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top