Destinasi

Labuan Bajo, Destinasi Traveling Kelas Dunia!

Labuan Bajo yang berada di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur termasuk dalam kategori “Bali Baru“. Karena, keindahannya mampu menarik banyak turis lokal maupun asing untuk berwisata ke sana, sehingga mampu bersaing dengan kepopuleran Bali. Bahkan, Labuan Bajo juga dikenal sebagai destinasi traveling kelas dunia. Kenapa Labuan Bajo bisa mendapatkan julukan seperti itu? Yuk, simak bareng pegipegi!

Pelabuhan kecil dengan sejuta pesona

Labuan Bajo adalah pelabuhan kecil yang dijadikan tempat masuk jika kamu berkunjung ke Pulau Komodo. Letaknya di ujung barat Flores, wilayah Nusa Tenggara Timur. Tentunya pemandangannya nggak kalah indah dengan Pulau Komodo. Karena, ketika sunset, warna langit berubah menjadi jingga. Matahari yang mulai tenggelam akan menciptakan siluet pulau-pulau kecil yang dekat dengan pelabuhan.

Selain menikmati sunset, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Labuan Bajo. Kamu bisa mengunjungi Air Terjun Cunca Wulang, yang berjarak 300 meter dari arah timur Labuan Bajo. Untuk mencapai air terjun ini, kamu harus melakukan trekking selama 30 menit. Meskipun melelahkan, tapi worth it untuk dicoba karena kamu bisa menikmati pemandangan tebing-tebing tinggi dan air sungai yang jernih.

air-terjun

Air Terjun Cunca Wulang (foto: anekatempatwisata.com)

Untuk melihat seperti apa kehidupan asli komodo, kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Loh Liang yang terletak di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Laboan Bajo, Flores. Taman Nasional Loh Liang menyuguhkan pemandangan savana yang sangat indah. Ketika sampai di sana, kamu akan dipandu oleh ranger untuk menyusuri savana yang disinggahi komodo. Kamu bakal mudah melihat komodo dengan jarak cukup dekat, yaitu 2 – 3 meter.

taman-nasional-loh-liang

Taman Nasional Loh Liang (helenaaprilivy.blogspot.com)

Selain melihat komodo, kamu juga bisa melihat kumpulan kelelawar beterbangan di Pulau Kalong. Tempat wisata yang satu ini lebih bagus jika dikunjungi saat sunset, soalnya kamu bisa memandang kelelawar beterbangan di langit yang berwarna jingga.

pulau-kalong

Pulau Kalong (www.cbnex.com)

Tentu aja, kamu nggak boleh melewatkan scuba diving dan snorkeling jika sudah menginjakan kaki di Labuan Bajo. Soalnya, di sana banyak biota laut alami yang sayang untuk dilewatkan, seperti aneka terumbu karang, hiu, tuna, ikan pari manta, napoleon wrasse, belut, ikan pari tutul biru, gurita, ular laut, nudibranch, kepiting orangutan, dan lain-lain. Tanpa menyelam aja, pemandangan bawah laut sudah mudah dilihat soalnya airnya masih sangat jernih. Ketika menyelam, jangan iseng pegang terumbu karang, ya, soalnya terumbu karang mudah patah dan tumbuhnya cukup lama.

Snorkeling juga bisa kamu lakukan di Pulau Kanawa yang masih dalam kawasan Labuan Bajo. Karena, Pulau Kanawa merupakan habitat untuk terumbu karang beragam warna dan ikan-ikan kecil. Selain itu, Pulau Kanawa juga memiliki pasir putih cantik dan air laut jernih bergradasi biru, juga hijau toska.

pulau-kanawa

Pulau Kanawa (foto: sayabackpacker.wordpress.com)

Jika kamu melakukan berbagai kegiatan di atas, jangan lupa jaga stamina agar tetap kuat. Mungkin aja kamu nggak bisa melakukan semua rangkaian acara dalam satu hari, tapi bisa istirahat dulu, lalu melanjutkan acara esok hari. Jangan lupa untuk banyak minum air putih dan vitamin, juga makan makanan sehat. Di Labuan Bajo, kulinernya nggak cuma menyehatkan, tapi juga enak! Soalnya, banyak hidangan seafood di sekitarnya.

 

labuan-bajo5

foto: ignasiusryan.wordpress.com

Harus banget berjemur dan beli oleh-oleh!

labuan-bajo4

foto: netpacker.blogspot.com

Bagi kamu yang ingin membuat kulit jadi tan, kamu boleh-boleh aja lho berjemur di Labuan Bajo. Suasana pantainya yang masih alami, bersih, dan pasirnya putih, bisa bikin kamu nyaman berjemur di sana. Nggak heran jika banyak turis asing yang menggunakan bikini atau baju renang minim demi berjemur di sana. Supaya kulit kamu nggak rusak, perhatikan tips berjemur di sini.

souvenir-labuan-bajo

foto: oldlook.indonesia.travel

Supaya liburan kamu berkesan, jangan lupa beli barang-barang khas Laboan Bajo di jalan Yos Sudarso yang dijejeri toko-toko barang khas Pulau Flores. Seperti, patung komodo, kain ikat lokal, kain tenun, dan pernak-pernik yang unik. Para pedagang di sana suka sekali memanfaatkan mutiara-mutiara gagal untuk dijadikan souvenir indah, seperti gelang atau kalung.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Gimana? Recommended banget untuk berkunjung ke Labuan Bajo. Di Labuan Bajo juga banyak hotel dan resort yang bisa kamu jadikan sebagai tempat istirahat. Supaya bujet menginap kamu lebih murah, yuk, cari hotelnya di pegipegi aja! Sedangkan, untuk transportasinya, kamu bisa transit dulu di Denpasar Bali, setelah itu baru lanjut ke Labuan Bajo. Nah, sekalian aja pesan tiket pesawat murah lewat pegipegi.

pesan tiket pesawat murah ke denpasar cari hotel murah di denpasar cari hotel murah di labuan bajo

 

 

(Visited 1,116 times, 2 visits today)

Comments

To Top