Event & Festival

Kunjungi Festival Terbaik Indonesia Tahun 2014, Yuk!

Travelers, Indonesia adalah negara besar yang begitu kaya akan tradisi dan budaya. Masyarakat di seluruh nusantara pun masih melestarikan adat-istiadat yang diwujudkan dalam bentuk festival. Nah kali ini, Pegipegi mau kasih info menarik tentang festival terbaik di Indonesia yang akan dilaksanakan tahun 2014. Simak ya!

Solo Carnival (Februari 2014)

Foto 1 Festival Indonesia

Travelers, ini dia festival paling ramai yang ada di kota Solo, Jawa Tengah. Acaranya juga meriah karena pesertanya terlihat berlenggak-lenggok di Jalan Slamet Riyadi untuk memamerkan motif batik yang mereka buat. Jalanan yang panjang mengular ini disulap menjadi catwalk. Warna-warni busana dan aksesoris yang dikenakan oleh para model membuat penonton yang berjejer di pinggir jalan tidak pernah lepas dari kamera.

Festival Bau Nyale (19 – 20 Februari 2014)

Foto 2 Festival Indonesia

Kapan lagi bisa menangkap cacing laut bareng puluhan ribu orang di pantai? Travelers, kalau kamu datang ke Serenting, Kabupaten Lombok Tengah, ada lho momen seperti ini. Masyarakat setempat mengadakan Festival Bau Nyale yang dilakukan pada hari ke-20 bulan ke-10 sesuai penanggalan tradisional masyarakat suku Sasak. Konon, nyale atau sejenis cacing laut ini adalah jelmaan dari Putri Mandalika yang sering muncul pada bulan Maret. Sang putri mengorbankan diri untuk menghindari peperangan dari para pangeran yang ingin melamarnya. Acara ini biasanya dimeriahkan dengan permainan rakyat, seperti perisaian atau saling pukul dengan menggunakan rotan dan dilengkapi dengan tameng yang dibuat dari kulit. Ada juga atraksi budaya lokal untuk menghibur para pengunjung pantai.

Festival Teluk Jailolo (Mei 2014)

Foto 3 Festival Indonesia

Potensi alam luarbiasa di Kabupaten Halmahera Barat, propinsi Maluku Utara juga menjadi daya tarik Festival Teluk Jailolo. Nuansa tradisional dan alam yang menakjubkan saat festival budaya begitu kental terasa. Acara ini juga menjadi ajang promosi pariwisata di wilayah Indonesia Timur sebagai salah satu alternatif tempat wisata selain Lombok. Travelers, kamu semua juga bisa menikmati wisata bahari dan kuliner yang banyak didominasi oleh makanan laut saat datang ke Festival Teluk Jailolo.

Sail Raja Ampat (Juni 2014)

Foto 4 Festival Indonesia

Siapa sih yang tidak kenal Raja Ampat? Kalau kamu tidak tahu, ketinggalan jaman lho, travelers. Bahkan dunia internasional sudah mengakui kalau Raja Ampat salah satu spot diving terbaik di dunia. Setelah sukses dengan Sail Bunaken dan Sail Komodo, Raja Ampat yang ada di propinsi Papua mendapatkan giliran selanjutnya tahun 2014 ini. Rencananya, pantai Waisai Torang Cinta akan dijadikan sebagai pusat Sail Raja Ampat 2014. Karena ini event internasional dan berkelas, pemerintah daerah setempat pun mulai berbenah melakukan polesan di sana-sini.

Festival Danau Toba (Juli 2014)

Foto 5 Festival Indonesia

Festival Danau Toba (FDT) merupakan event akbar yang diselenggarakan di Balige Kabupaten Samosir (Tobasa) provinsi Sumatera Utara. Kegiatan ini sangat menarik wisatawan lokal dan mancanegara karena diramaikan dengan berbagai jenis perlombaan, seperti lomba renang internasional, lomba renang tradisional, fashion show, Lake Toba World Drum Festival, pertunjukan budaya, ekonomi kreatif, paralayang, arung jeram, solu bolon atau perahu besar (dragon boat), lomba paduan suara solo, dan pameran pariwisata.

Festival Erau Kertanegara (Juni – Juli 2014)

Foto 6 Festival Indonesia

Travelers, inilah festival favorit masyarakat di kota Tenggarong, Kutai Kartanegara, propinsi Kalimantan Timur. Festival Erau ini dinobatkan sebagai acara termegah yang melibatkan masyarakat lokal dari kota Tenggarong dan sekitarnya. Pelaksanaannya juga punya rentang waktu lama, yaitu hampir satu bulan dan dimeriahkan oleh berbagai festival budaya, seperti upacara adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, pentas seni tradisional, dan masih banyak lagi. Partisipannya juga datang dari luar negeri juga. Mereka memamerkan seni dan budaya secara bergiliran. Pesta rakyat, pameran, dan kuliner juga tidak ketinggalan

So travelers, tertarik dengan festival yang Pegipegi ulas di atas? Selamat liburan ya!

(Visited 280 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top