Kuliner

Kuliner yang wajib dicoba saat jalan-jalan ke Makassar

Travelers, apa kareba? Alias, apa kabar? Jangan bingung ya! Karena sekarang kita sedang ada di Makassar, nggak ada salahnya kan kalau kita belajar sedikit bahasa daerah? Yup, kali ini Pegipegi mau ajak travelers semua untuk menikmati suasana kota Makassar. Bukan tentang tempat pariwisatanya, tetapi menu kuliner yang wajib kamu coba saat berada di Makassar. Sudah siap? Ini dia daftar menunya!

Sop Konro

Foto 1 Kuliner Makassar

Kalau kamu ke Makassar, menu yang satu ini wajib dicoba, travelers. Konro sendiri adalah masakan khas Makassar yang dibuat dari daging atau iga segar pilihan sehingga terasa fresh dan lunak. Kuah supnya sangat kaya dengan rempah sehingga bisa menghangatkan tubuhmu. Karena dibuat dengan bahan kluwak, tidak heran kalau warna kuahnya sedikit gelap. Kamu pun bisa menikmati Sop Konro dengan nasi atau ketupat. Soal rasa, jangan tanya karena kamu pasti akan ketagihan.

Konro Bakar

Foto 2 Kuliner Makassar

Sebenarnya, Konro Bakar adalah teman dekat dari Sop Konro. Tidak heran kalau sebagian besar kedai dan restoran menjualnya secara bersamaan karena sudah menjadi ciri khas. Rasanya juga tidak kalah lezat. Daging atau iga sapi ini diolah dengan cara dipanggang. Rasanya yang membuat ketagihan berasal dari rempah-rempah khas Makassar yang dilumurkan pada daging dan iga hingga meresep sempurna. Kamu akan makin lahap ketika Konro Bakar ini disandingkan dengan bumbu kacang dan nasi hangat.

Coto Makassar

Foto 3 Kuliner Makassar

Travelers, kamu pasti pernah mendengar Coto Makassar kan? Tahu nggak sih kalau menu ini termasuk salah satu varian soto paling terkenal di Indonesia selain Soto Kudus dan Soto Madura? Jadi tidak heran buat kamu yang lagi plesiran ke Makassar harus mencoba hidangan berkuah ini. Bahan dasar yang dipakai adalah jeroan atau isi perut sapi. Dagingnya direbus lumayan lama agar terasa lunak dan teksturnya lembut saat digigit. Rempah-rempahnya diambil dari bahan pilihan sehingga rasanya benar-benar mantap. Kamu bisa memilih ketupat atau nasi sebagai pendamping. Dengan pelengkap kecap manis, sambal, bawang goreng dan jeruk nipis, Coto Makassar pasti akan membuat kamu ingin memesannya lagi dan lagi.

Mie Titi

Foto 4 Kuliner Makassar

Mie Titi menjadi menu yang lain daripada yang lain di Makassar. Tahu sendiri kan kalau menu-menu di atas berbahan daging? Nah menu yang satu ini agak mirip dengan Chinese Food karena bahan yang dipakai adalah mie kering yang digoreng. Setelah digoreng, kemudian disiram dengan kuah kental dengan tambahan sayuran hijau, telur, daging ayam dan udang yang dipotong-potong kecil. Buat kamu yang hobi makan pedas, kamu bisa memesan saus sambal atau cabai rawit yang dibuat secara khusus. Kamu pun bisa makin berkeringat dan bersemangat untuk menyantap Mie Titi.

Pisang Ijo

Foto 5 Kuliner Makassar

Pisang Ijo juga menjadi kuliner khas Makassar yang tidak boleh dilewatkan ketika kamu jalan-jalan ke kota ini. Menu ini paling pas buat mendinginkan tubuh karena rasanya segar dan manis. Di Makassar sendiri, Pisang Ijo lebih banyak dijumpai sebagai hidangan buka puasa. Bahan dasar yang digunakan adalah pisang yang dilapisi adonan berwarna hijau. Setelah dikukus untuk melunakan daging pisang, selanjutnya Pisang Ijo ini disajikan dengan es, bubur sum-sum, dan sirup. Kalau mau, kamu juga bisa menuangkan susu cair dan keju. Rasanya pasti makin mantap dan nikmat.

Pisang Epe

Foto 6 Kuliner Makassar

Menu terakhir yang juga kudu kamu cicipi di Makassar adalah Pisang Epe. Spot untuk menemukan Pisang Epe sebagian besar ada di sepanjang Pantai Losari. Di sana banyak terlihat gerobak yang menawarkan menu tersebut. Pisang Epe ini dibuat dengan cara menjepit pisang hingga berbentuk pipih. Selanjutnya dibakar dan diberi toping sesuai selera kamu, misalnya keju, coklat, susu, dan durian.

Travelers, sudah punya rencana liburan ke Makassar? Jangan lupakan menu-menu yang Pegipegi rekomendasikan di atas ya!

(Visited 1,847 times, 1 visits today)

Comments

1 Comment

Comments

To Top