Kuliner

Kuliner wajib di Negeri Serambi Makkah

Jalan-jalan ke Aceh, rasanya enggak akan nikmat kalau kalian belum mencicipi masakan khasnya. Kaya akan rempah, masakan khas Aceh memang nggak ada duanya. Kenapa? Selain enggak begitu asing di lidah, travelers pasti akan suka dengan keanekaragaman jenis masakannya.

Nah, ketika kalian mengunjungi provinsi yang dijuluki Negeri Serambi Makkah ini, travelers wajib mencoba makanan-makanan dan minuman ini. Dijamin, pasti bakal nagih! Wah, ada apa saja ya…

1. Mi Aceh

mi aceh_wikipedia

Makanan ini sangat terkenal banget di Aceh travelers. Belum pas rasanya kalau kalian belum mencicipi masakan yang diolah dengan menggunakan kari dan kambing itu. Nah, ada satu tempat yang cukup populer di kota ini, namanya Mi Rajali. Kalian kudu coba Mi Aceh Kepiting-nya di Mi Rajali…slurp banget deh pokoknya.

Enggak cuma mi Aceh kepiting saja yang jadi andalan, beragam mi dengan toping pilihan bisa jadi rekomendasi nih travelers. Kalian bisa memilih diolah dengan seafood, ayam, dan kambing. Semua sesuai selera kamu.

2. Kopi

kopi sanger_visit aceh

Wuih, minuman satu ini kuliner wajib yang harus kalian coba. Ke Aceh belum afdol kalau belum ngopi, begitu kata masyarakat Aceh. Berbagai jenis kopi dari ratusan kedai kopi di kota ini siap menjamu kalian. Tinggal pilih, nongkrong, hang out deh bersama teman-teman. Enggak usah takut kalau kemalaman atau mencari tempat nongkrong asyik, di sini ada kedai kopi yang buka 24 jam lho.

Kalian pun harus mencoba salah satu jenis kopinya, yakni Sanger yang merupakan minuman yang hanya ada di Aceh. Kopi Sanger serupa dengan capuccino. “Wajahnya” tak berbeda dengan kopi susu biasa, tetapi rasanya sangat khas dan berbeda dari rasa kopi lainnya.

3. Timpan

timphan_kulinologi

Ini dia kue khas Aceh yang patut dicoba travelers. Timpan ini terbuat dari tepung ketan, nangka, srikaya, yang dibalut dengan daun pisang. Kue ini merupakan kue yang “wajib” ada di setiap rumah warga Aceh ketika hari-hari besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Yummy..

4. Mi Kocok

mie kocok aceh

Siang-siang di saat cuaca sedang terik, asyiknya menyantap mi kocok pedas-pedas nih travelers. Kalian bisa menjumpai makanan ini di seluruh penjuru Aceh. Bedanya dengan mi kocok Bandung yakni dari sambalnya yang enggak ada duanya.

5. Manisan Pala

manisan pala

Ini dia makanan ringan yang cukup digemari di Aceh, manisan pala. Manisan ini banyak dilakukan oleh pelaku usaha kecil dan bisa dilakukan di rumah. Aceh Selatan merupakan kabupaten penghasil komoditi pala terbesar di Aceh bahkan di Pulau Sumatera.

Travelers bisa melihat buah pala ini diolah menjadi manisan dan sirup, pala dapat dibuat juga menjadi minyak pala yang berkhasiat tinggi untuk mengobati luka. Bahkan, kue dan kembang gula pun juga dibuat dari buah pala di daerah tersebut.

6. Ikan Kayu

ikan kayu

hijrahheiji.blogspot.com

Makanan tradisional Aceh ini sering disebut dengan nama Keumamah dan paling banyak disuka warga Aceh. Ikan kayu ini terbuat dari ikan tuna yang telah direbus, lalu dikeringkan, dan diiris-iris kecil. Biasanya, ikan kayu ini dimasak dengan menggunakan santan kelapa, kentang, cabai hijau dan rempah lainnya. Asyiknya, ikan ini tahan lama untuk dibawa perjalanan jauh.

7. Rujak Aceh

rujak aceh

makanmana.net

Diberi nama rujak aceh Samalanga, karena travelers bisa menemukannya hingga ke pelosok-pelosok desa. Samalanga merupakan salah satu kecamatan yang terdapat di kabupaten Bireuen.

Keunikan rujak ini terletak pada cita rasanya yang asam, manis, dan pedas. Bahan-bahan yang digunakan memang relatif sama seperti pembuatan rujak pada umumnya, yang terdiri dari buah mangga, pepaya, kedondong, bengkuang, jambu air, nenas, dan timun, namun bumbu-bumbu yang digunakan memiliki ciri khas tersendiri seperti garam, cabai rawit, asam jawa, gula aren (merah) yang cair, kacang tanah dan pisang monyet (pisang batu) atau rumbia (salak Aceh).

(Visited 680 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top