Kuliner

Kuliner populer Indonesia ini cocok untuk vegetarian

Gaya hidup vegetarian makin hari makin banyak pengikutinya, travelers. Selain lebih menyehatkan, gaya hidup yang mengedepankan konsumsi sayuran dan buah sebagai makanan sehari-hari menjadi pilihan sebagian aktivis pecinta binatang, yang yakin bahwa binatang juga punya hak hidup sama seperti manusia dan oleh karenanya mereka sebaiknya nggak boleh dimakan.

Tantangan bagi para vegetarian ini adalah ketika mereka bepergian ke tempat yang jauh dari rumah, alias lagi traveling. Supaya enggak salah makan, yuk baca ulasan Pegipegi berikut tentang beberapa kuliner khas Indonesia buat kamu yang vegetarian.

1.     Karedok

foto: wisata.kompasiana.com

foto: wisata.kompasiana.com

Makanan khas Sunda ini mirip sama gado-gado Jawa Timur, travelers. Bedanya, sayuran yang dipake dalam karedok adalah mentimun, taoge, kacang panjang, daun kemangi dan terong. Sayuran segar itu nantinya disiram bumbu kacang lezat yang merupakan komposisi dari gula jawa/ gula merah, garam, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, cabai merah dan terasi. Kuliner ini nggak cocok buat kamu yang menganut aliran vegan (sama sekali nggak makan produk yang mengandung unsur hewan).

2.     Urap-urap

foto: resepmakanan-indonesia.co

foto: resepmakanan-indonesia.co

Masakan yang sama sekali nggak mengandung daging atau unsur hewani, baik bahan maupun bumbunya ini populer di Jawa Tengah dan Jawa Timur, travelers. Sayuran yang biasa digunakan adalah bayam, kangkung, taoge, daun singkong, kubis atau daun pepaya muda. Sayuran ini direbus dan dicampur dengan bumbu kelapa parut yang udah di-mix dengan bawang merah, bawang putih, air asam, kencur, garam dan gula merah.

3.     Plecing kangkung

Screenshot 2015-03-10 14.41.50
Masakan khas Lombok dan Bali ini cukup mudah dimasak, travelers. Bahkan kamu pun bisa memasaknya sendiri buat rekan traveler vegetarian, daripada repot cari makan di luar. Cukup rebus seikat kangkung, bisa ditambahkan taoge atau kacang panjang. Sambil nunggu dingin, teteskan perasan air jeruk limau dan buat sambalnya ya. Kalo temanmu vegan, ganti terasi dengan bawang putih.

4.     Bubur Manado

bubur manado

justtryandtaste.com

Dilihat dari namanya aja semua pasti tau kalo masakan yang satu ini asalnya dari Manado. Selain gampang dimasak, bubur Manado juga bernutrisi dan pasti menyehatkan. Cukup didihkan beras bersama bawang putih, serai, daun salam n garam. Kalo udah mengental masukkan kangkung, bayam, kemangi, jagung, daun melinjo dan labu kuning. Makin enak kalo disantap sama sambel dan abaikan ikan asinnya kalo kamu atau teman travelermu vegetarian.

Selamat makan!

(Visited 287 times, 1 visits today)

Comments

To Top