Kuliner

Kuliner Pedas Itu Nggak Bermanfaat? Salah Besar!

“Aduh, nggak deh nasi goreng pedasnya. Takut sakit perut!” Sering sekali hal seperti itu terlontar saat ada yang mengajak berburu kuliner pedas.

Tapi, jangan berprasangka buruk dulu karena kuliner pedas punya khasiat sendiri. Banyak penelitian menyebutkan makanan pedas memiliki manfaat kesehatan yang cukup penting bagi tubuh kita.

Salah satunya soal jantung. Tiap kuliner pedas pasti mengandung cabai di mana ada zat capsaicin yang mencegah terjadinya pembekuan darah.

Zat tersebut juga mampu melawan inflamasi yang dianggap sebagai pemicu terjadinya gangguan jantung. Jadi, sangat dianjurkan bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit jantung untuk sering mengonsumsi kuliner berbahan dasar cabai.

Lawan Ganasnya Kanker

Nggak berhenti di jantung, cabai juga punya andil besar untuk melawan penyakit berat seperti kanker. Banyak penelitian menegaskan bahwa cabai bisa mengurangi resiko kanker jika dikonsumsi secara teratur.

Zat capsaicin dinilai mampu memperlambat laju pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Bahkan, bukan nggak mungkin, mampu membunuh sel kanker tanpa harus merusak sel sehat yang berada di sekitarnya.

Sang peneliti, American Chemical Society sempat melakukan sebuah eksperimen. Mereka menggunakan tikus dengan riwayat kanker prostat. Dengan dosis yang pas, tikus tersebut terbebas dari kanker lantaran zat capsaicin sukses melepaskan jeratan sang sel jahat.

Diet Dengan Cabai

Nah, kabar baik selanjutnya datang buat para penganut diet. Cabai juga memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan yang berlebih di dalam tubuh.

Kembali. zat capsaicin memiliki peran sentral terhadap prosesnya. Capsaicin memancing metabolisme dalam tubuh untuk membakar kalor jauh lebih cepat dari biasanya.

Dengan meningkatkan suhu tubuh dan mempercepat detak jantung, capsaicin akan memaksa kita untuk berkeringat walaupun nggak sedang melakukan aktivitas gerak. Jadi, bukan rahasia umum jika orang yang doyan kuliner pedas cenderung memiliki berat badan yang terjaga dengan baik.

Anyway, daya tahan tubuh tiap manusia terhadap cabai berbeda-beda. Asalkan nggak berlebih, kuliner pedas seperti Nasi Goreng Militer hingga Samyang pun bakal bermanfaat bagi kesehatan kamu.

Foto: easytourchina

Sudah siap incip kuliner pedas? Sekalian liburan, deh! Kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top