Kuliner

Kuliner Korea Makin Populer di Indonesia, Kenapa Ya?

Dalam beberapa tahun terakhir, budaya Korea Selatan menjamur di Indonesia. Bukan hanya anak muda, tapi orang tua pun banyak yang turut menggemari hal-hal berbau Korea. Salah satunya adalah makanan dari Negeri Ginseng ini. Sebenarnya, apa sih yang membuat banyak orang Indonesia suka banget dengan makanan Korea? Nah, kali ini, Pegipegi akan mengangkat topik ini. Simak sama-sama, yuk!

Foto 1 Kenapa Orang Indonesia Suka Makanan Korea

Alasan pertama, kita sudah cukup familiar dengan artis Korea. Kalau kamu termasuk orang yang suka banget dengan hal-hal berbau Korea, pasti tidak asing lagi nama-nama seperti Choi Siwon, Psy, Rain, Yoona, Kim Hyun Joong, Kim Tae Hee, Lee Min Ho, atau Song Hye Kyo. Disadari atau tidak, apa yang mereka makan pasti jadi kiblat bagi para penggemarnya. Tidak hanya di Indonesia, fenomena ini juga terjadi di negara-negara lain, terutama Asia, mengingat popularitas artis Korea di Singapura, Thailand, atau Filipina. Bukan kejutan jika sajian seperti Bibimbap, Kimbap, atau Kimchi jadi populer di komunitas penggemar Korea.

Foto 2 Kenapa Orang Indonesia Suka Makanan Korea

Alasan kedua, kita ingin merasakan apa yang dimakan oleh pemain drama Korea. Kamu pasti sudah sangat familiar dengan judul drama Winter Sonata, City Hunter, Good Doctor, My Love from Another Star, dan Full House. Hampir semua drama Korea memperkenalkan makanan khas negara mereka, dan ini menjadi media promosi efektif karena hampir semua serial Korea sudah diekspor ke banyak negara. Tidak hanya di Asia, tapi juga ke Eropa dan Amerika. So, penggemar di Indonesia juga pengin merasakan sensasi makanan yang disantap artis idola mereka dalam serial yang ditonton.

Foto 3 Kenapa Orang Indonesia Suka Makanan Korea

Alasan ketiga, keunikan tampilan dan rasa. Tahu sendiri kan kalau makanan Indonesia kaya akan rempah-rempah dan cenderung mengenyangkan. Nah, makanan Korea berbeda karena banyak dibuat dari sayuran hijau dan rasanya pun ringan. Tidak hanya itu, kepintaran sang koki dalam menyajikan makanan juga menjadi poin. Kamu pasti pernah melihat begitu berwarnanya makanan Korea. Bahkan dalam 1 piring bisa lebih dari 5 warna. Tentu hal ini menggoda lidah untuk mencicipi. Jangan lupakan fakta masakan negeri tetangga Korea, Jepang, sudah lebih dulu populer di Indonesia, dan punya tampilan yang mirip.

Foto 4 Kenapa Orang Indonesia Suka Makanan Korea

Selain alasan di atas, memang sudah jadi kebiasaan orang Indonesia yang penasaran dengan sesuatu yang tengah populer. Tak heran kini bukan hanya restoran Korea yang menyajikan makanan khas negara tersebut, tapi juga rumah makan reguler yang menyisipkan menu-menu Korea dengan pilihan paket ekonomis untuk menjangkau pelanggan. Beberapa di antaranya adalah ramen Korea, Jjajangmyeon, kue beras, Japchae, dan Miyeok Guk. Bagi kamu yang mengaku K-Pop-ers sejati, pastinya tidak asing lagi dengan nama-nama tersebut.

Sekarang sudah tahu kan, kenapa orang Indonesia mulai menggemari makanan Korea. Selain karena faktor idola dan rasa, ternyata menyajikan makanan dengan warna-warna menarik dan cantik juga bisa membuat seseorang menyukainya. Bagaimana travelers, apakah kamu salah satu penggemar makanan Korea?

(Visited 491 times, 2 visits today)

Comments

To Top