Kuliner

Kuliner khas Manado yang wajib dicoba!

Travelers, berwisata sambil menikmati kuliner sepertinya jadi satu paket ya. Plesiran kalau tidak mencicipi makanan lokal rasanya memang kurang afdol. Nah kalau kamu termasuk pribadi yang suka berpetualang untuk mengeksplorasi daerah-daerah di Indonesia, seperti Manado, kamu pasti juga penasaran, makanan apa sih yang wajib dicoba saat berada di sana. Biar makin mantap, Pegipegi punya rekomendasinya buat kamu. Yuk, kita coba satu per satu.

Tinutuan

Tinutuan

foto: indonesia.travel

 

Manado juga punya menu bubur yang khas dan paling enak kalau disantap untuk sarapan pagi, namanya Tinutuan. Ini termasuk bubur yang dibuat dari tepung beras. Keunikan yang dimiliki oleh menu ini adalah adanya tambahan sayuran, seperti daun kemangi, ubi, kangkung, bayam, potongan labu kuning, sambal, serta jagung manis. Cukup unik kan. Apalagi kalau ditambah dengan abon ikan, sambal ikan roa atau ikan roa asin yang diberi taburan bawang goreng. Buat kamu yang terbiasa dengan bubur ayam, mungkin saat melihat tinutuan wujudnya aneh karena lembek dan begitu cair sehingga tidak berselera. Namun saat mencicipinya, kamu pasti ketagihan. Hmmm…. sarapan pagimu pun makin sempurna.

 

Ikan Woku Belanga

Ikan Woku Belanga

foto: dentistvchef.com

 

Lokasinya yang berada dekat dengan lain membuat masakan Manado tidak jauh dari seafood. Menu seafood yang populer dan digemari oleh masyarakat Manado adalah ikan woku belanga. Ikan ini dimasak dalam wadah yang terbuat dari tanah liat. Aromanya sangat wangi karena dimasak dengan daun kemangi, serai, cabai rawit, daun jeruk, daun bawang, dan bumbu-bumbu lain. Saat baru pertama kali mencicipi, kamu bisa merasakan keberadaan rasa pedas, asam, dan gurih menjadi satu. So, kalau kamu juga penggemar makanan seafood, menu yang satu ini tidak boleh dilupakan.

 

Nasi Kuning Saroja

Nasi Kuning Saroja

foto: rondasiang.wordpress.com

 

Ini bukan sembarang nasi kuning, namun termasuk nasi kuning istimewa dari Manado yang dinamai Nasi Kuning Saroja. Menu ini beda dengan nasi kuning dari daerah lain karena isiannya lumayan komplit. Saat menyantap hidangan ini, kamu bisa menemukan abon ikan cakalang, kentang, kerupuk ubi kering, semur daging, dan tidak ketinggalan sambal goreng. Rasanya yang gurih dan lezat membuat nasi kuning saroja cocok disantap kapan saja.

 

Dabu Dabu

Sambal Dabu Dabu

foto: travelingchili.com

Buat kamu yang hobi banget dengan makanan pedas, menu yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Sambal dabu dabu. Menikmati sambal yang diulek mungkin sudah biasa ya. Tapi sambal yang satu ini disajikan dalam keadaan mentah. Bahan-bahan yang dipakai adalah cabai merah, cabai hijau, bawang merah, air jeruk nipis, kemangi, tomat, dan garam, lalu diberi sedikit minyak goreng. Rasanya juga tidak kalah mantap karena ada sensasi asam, gurih, dan tentunya pedas. Yang bikin menggugah selera dan ingin terus mencobanya adalah warna-warnanya yang ngejreng dan cantik. Sambal ini paling cocok didampingi dengan ikan bakar. Pas banget.

 

Es Tji Mei

Es-Tji-Mei-Manado

foto: initempatwisata.com

Travelers, setelah kamu menikmati menu seafood, nasi kuning, dan bubur khas Manado, satu yang tidak boleh ketinggalan untuk mendinginkan tenggorokan adalah es tji mei atau es kacang merah. Es khas Manado ini sangat unik dan lezat karena punya isian berupa kacang merah yang dicampur dengan gula dan susu sehingga termasuk dalam kategori minuman dingin yang menyegarkan dan menyehatkan. Biasanya, sang penjual akan menambahkan sedikit kayu manis sehingga aromanya makin mantap. Bila ditambah dengan serutan es, sensasinya makin luar biasa. Kamu wajib mencobanya saat berwisata ke Manado.

 

Bagaimana travelers? Sekarang sudah tahu kan menu-menu yang harus kamu coba ketika berkunjung ke Manado. Biar acara liburan makin mantap, yuk buka website Pegipegi untuk mencari kalau-kalau ada diskon tiket pesawat dan hotel di kota Manado.

(Visited 701 times, 1 visits today)

Comments

To Top