Kuliner

Kuliner Khas Bali Yang Wajib Kamu Coba

Travelers, kalau disebut nama ‘Bali’, kamu pasti langsung menghubungkan pulau ini dengan pantai, pura, tradisi, tarian magis, dan orang-orang yang kreatif. Tapi, apa kamu pernah berpikir tentang kuliner khas Bali? Jangan salah ya karena Bali juga punya sederet menu yang wajib kamu coba saat liburan. Pegipegi punya rekomendasinya buat kamu. Simak ya!

Babi Guling

Foto 1 Kuliner Bali

Babi guling punya predikat sebagai ikon kuliner Bali. Orang bilang rasanya ‘maknyuss’. Menu ini juga dianggap sebagai hidangan yang diturunkan dari ritual persembahan. Proses pembuatannya memakan waktu cukup lama, mulai dari pembersihkan kulit, pembersihan organ dalam, pemberian rempah/bumbu dan sayuran dalam perut babi, memasukan batu untuk membantu pemanasan lebih cepat, serta proses pemanggangan yang masih menggunakan cara tradisional, yaitu dengan arang dan daun kelapa. Rasanya unik, bagian kulitnya renyah dan dagingnya kaya rasa. Kalau kamu ada di sekitar Denpasar, Ubud, dan Gianyar, mudah sekali menemukan warung dan restoran yang menyajikan menu ini. Harganya bervariasi, mulai dari Rp10.000 – Rp50.000.

Lawar

Foto 2 Kuliner Bali

Lawar adalah olahan daging dan termasuk hidangan rumahan. Buat travelers yang datang dari luar Bali, kamu masih bisa menemukannya di warung, restoran ataupun hotel. Biasanya menu ini disajikan oleh mereka yang juga menjual babi guling. Variasi dagingnya ada tiga, yaitu babi, ayam, dan sapi. Pendampingnya berupa sayuran yang dimasak dengan banyak rempah dan santan sehingga kaya rasa, lalu diberi campuran kacang dan bumbu khas bali. Terkadang, yang jual juga suka menambahkan darah ayam atau babi. Untuk harga, nggak mahal kok karena kamu cukup merogoh kocek Rp10.000 – Rp15.000.

Ayam Betutu

Foto 3 Kuliner Bali

Ayam Betutu juga menjadi ikon kuliner Bali yang sudah menyebar di seluruh Indonesia. Menu ini sering disajikan saat upacara pernikahan atau Odalan dan termasuk masakan rumahan karena hampir semua orang Bali pernah membuatnya. Bisa dibilang kalau proses pemasakannya mirip dengan babi guling. Bedanya, ayam betutu dikukus dengan isi perut yang dipenuhi oleh rempah-rempah dan sayuran, serta dibungkus daun pisang untuk menambah aroma. Rasanya mantap sekali karena bumbunya sangat meresap hingga ke daging. Harganya berkisar antara Rp30.000 – Rp50.000 per ekor. Namun yang harus travelers tahu adalah bahwa sebagian besar ayam betutu rasanya pedas. Jadi, kalau kamu bukan penggemar makanan pedas mungkin harus memesan minum dulu agar tidak mandi keringat.

Jaja Bali

Foto 4 Kuliner Bali

Jaja Bali diartikan sebagai jajanan atau kue basah ala Bali. Jenisnya juga mirip dengan yang ada di Jawa dan daerah lain. Rupanya juga bermacam-macam, seperti lak-lak, klepon, dan bulung. Pokoknya semua yang manis-manis dan dibuat dari gula kelapa atau dikenal dengan gula Bali. Pecahnya kue klepon di mulut memberi sensasi yang empuk dan manis sehingga nikmat sekali. Karena bentuknya kecil seperti bakso, kamu pun bisa langsung melahapnya. Buat masalah harga kamu pasti terkejut karena harganya berkisar Rp500 perak saja. Murah meriah kan, travelers?

Sate Languan

Foto 5 Kuliner Bali

Sate ini biasa disajikan saat upacara adat di Bali. Kalau biasanya sate yang kita kenal dibuat dari daging ayam, kambing, dan sapi, tapi sate languan khas Bali ini dibuat dari ikan. Daging ikan dipotong-potong hingga kecil lalu diolah dengan rempah. Setelah itu ditusukan pada pelepah daun kelapa. Saat dipanggang, kamu bisa mencium aroma yang khas dan harum. Rasanya gurih dan nikmat. Apalagi kalau kamu melahapnya dengan nasi putih dan sambal. Maknyuss! Harganya juga murah, sekitar Rp15.000 – Rp20.000 per porsi.

Travelers, kalau kamu tidak boleh makan yang nggak halal, jangan nekat ya! Coba tanyakan dulu apakah ada menu halal di warung, restoran, atau hotel setempat. Dan kalau kamu masih ingin menginap dan mengeksplorasi tempat wisata lain di Bali, coba cek promo-promo terbaru Pegipegi di Bali. Nah, siap packing, travelers?.

(Visited 903 times, 1 visits today)

Comments

1 Comment

Comments

To Top