Kuliner

Kuliner Indonesia Terpopuler di Luar Negeri

Indonesia terdiri dari ribuan kepulauan dan beraneka ragam suku bangsa dan budaya. Namun, kekayaan budaya bukan hanya berupa kesenian, arsitektur maupun norma-norma lokal yang merupakan hasil cipta dan karsa penduduk pribumi di suatu daerah. Keahlian masing-masing suku bangsa atau kelompok masyarakat dalam mengolah sayur mayur, buah-buahan dan daging binatang hingga menghasilkan santapan bercita rasa lezat juga merupakan bagian dari budaya lho, travelers.

Makanan khas suatu negara juga menjadi bagian yang membentuk identitas negara itu di luar negeri, menjadi bagian dari daya tarik wisata dan juga bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Kali ini Pegipegi akan mengajak kamu berwisata kuliner dan mencicipi makanan-makanan berikut yang juga diakui kelezatannya oleh masyarakat internasional.

1. Nasi goreng

nasi-goreng-seafood
Nasi goreng mungkin telah dikenal dan dijual oleh beberapa rumah makan di luar negeri sejak berpuluh tahun silam. Tapi, popularitasnya mendadak naik ketika presiden Amerika Serikat Barrack Obama naik tahta dan banyak orang tertarik dengan kisah hidup sang Presiden yang pernah tinggal di Indonesia. Obama dengan jujur mengakui kalo nasi goreng adalah makanan favoritnya hingga sekarang. Dan hal itu membuat warga Amerika Serikat atau warga di berbagai negara lain penasaran dengan kelezatan makanan kesukaan Presiden AS.

Nasi goreng sebenarnya bukan makanan khas Indonesia, travelers. Nasi goreng merupakan salah satu makanan tradisional bangsa Tionghoa yang telah eksis sejak tahun 4000 SM. Para perantau dari Tiongkok yang berdatangan ke Indonesia membawa serta keahlian mereka dalam mengolah makanan sisa hari sebelumnya menjadi makanan bercita rasa lezat agar lebih berhemat dengan tidak membuang-buang makanan. Nasi goreng juga dinobatkan sebagai runner-up dalam daftar 50 Makanan Terlezat di Dunia versi CNN Travel pada tahun 2011.

2. Rendang

rendang-padang-asli
Menurut penelitian para ahli sejarah, rendang sudah diciptakan oleh masyarakat Minang sejak abad ke-19. Pada masa itu masyarakat Minang telah terbiasa merantau ke berbagai wilayah yang ada di sekitar Selat Malaka. Mereka membutuhkan waktu selama satu bulan untuk sampai ke Singapura dan hal ini membuat para perantau harus membawa makanan yang tidak mudah basi sebagai bekal di perjalanan, yaitu rendang.

Rupanya kebiasaan merantau masih dilakukan masyarakat Minang hingga sekarang, dan mereka berhasil mempopulerkan masakan khas Padang ke seluruh Nusantara, bahkan hingga ke mancanegara. Coba lihat di sekeliling kamu, apa ada kota yang tidak memiliki rumah makan masakan Padang? Di tiap-tiap rumah makan Padang, rendang selalu menjadi makanan favorit pengunjung. Cita rasanya pekat berasal dari bumbu racikan dan daging sapi/ ayam yang direbus terus menerus menggunakan santan kelapa. Berkat kelezatannya, rendang menduduki peringkat pertama dalam daftar 50 Makanan Terlezat di Dunia yang dirilis oleh CNN Travel di tahun 2011.
3. Gado-gado

gado-gado-kecap-manis
Gado-gado yang juga dikenal sebagai Javanese Salad ini terdiri dari potongan sayur rebus yang disusun semenarik mungkin dalam piring dan disiram oleh saus kacang yang legit. Selain lezat, gado-gado juga menyehatkan karena merupakan komposisi beberapa jenis sayuran bernutrisi tinggi. Gado-gado juga menjadi salah satu makanan yang cocok untuk para vegetarian, dan bertambahnya jumlah penganut vegetarian turut berperan dalam meningkatkan popularitas gado-gado.

Gado-gado juga disukai di luar negeri karena proses memasaknya mudah banget, travelers. Membuat bumbu gado-gado kelihatannya memang ribet karena kamu harus menghaluskan kacang sebanyak mungkin agar bumbunya lebih terasa. Namun sekarang bumbu gado-gado instan bisa kamu beli di supermarket dan kamu tinggal menambahkan air untuk mengencerkan adonan kacang.

4. Bakso

93c2d_bakso-malang
Bakso juga merupakan kuliner karya masyarakat Tionghoa yang berhasil berakulturasi dengan budaya lokal. Arti bakso secara harafiah adalah daging babi giling, travelers. Namun karena sebagian besar warga Indonesia beragama Islam yang diharamkan makan daging babi, maka daging sapi, ayam, ikan dan bahkan udang digunakan sebagai bahan dasar bakso. Selain itu, beberapa jenis makanan lain seperti siomay, mi, sohun, pangsit goreng dan tahu goreng juga ditambahkan dalam mangkuk beserta kuah bening yang hangat. Bakso menjadi terkenal di luar negeri setelah tersiar kabar bahwa Presiden Obama juga menyebutkan bakso sebagai salah satu makanan favoritnya ketika tinggal di Indonesia.

Bakso disajikan dalam bentuk bervariasi sesuai dengan selera penduduk setempat. Berdasarkan pengamatan Pegipegi, bakso khas Malang memiliki cita rasa unik yang tidak dapat dijumpai pada bakso dari kota lain. Bakso Malang juga disajikan dengan cara yang berbeda, travelers. Agar kelezatannya lebih terasa, kamu bisa mencocol bakso atau siomay kamu dengan saus tomat, sambal dan kecap. Sore hari adalah saat yang tepat untuk menikmati semangkuk bakso, apalagi kalo cuaca sedang hujan. Hmmm… lezatnya.

Jika kamu ingin menikmati kuliner khas di atas langsung di tempat asalnya, langsung aja cek promo penerbangan terbaru di Pegipegi, travelers!

(Visited 960 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top