Event & Festival

Kuliner Enak Asal Indonesia di World Street Food Congress (WSFC) 2016

  • Sate-maranggi-purwakarta
  • Iga bakar warung sunset Bali
  • Ayam Taliwang Bersaudara
  • Markobar
  • markobar
  • Sate-maranggi-purwakarta
  • Iga bakar warung sunset Bali
  • Ayam Taliwang Bersaudara
  • Markobar
  • markobar

World Street Food Congress (WSFC) adalah event yang sangat ditunggu para pecinta kuliner dunia.  Event ini menyajikan kuliner kaki lima yang menjadi andalan negara-negara Asia. Tahun ini adalah tahun ketiga WSCF dan diselenggarakan di Bonafacio Global City (BGC) Metro Manila, Filipina, setelah dua tahun berturut-turut diadakan di Singapura.

Di event yang berlangsung pada 20-24 April 2016 di Bonafacio Global City (BGC) Metro Manila ini, Indonesia menjadi negara peserta bersama enam negara di Asia dan Amerika Serikat. Selama lima hari berturut-turut, acara ini menampilkan 25 penjajah makanan kaki lima dari delapan negara tersebut. Kuliner apa saja sih, yang dibawa Indonesia buat diadu dengan kuliner jagoan negara-negara lainnya? Simak laporan pegipegi berikut, ya!

1. Sate Maranggi Hajjah Yeti

Sate-maranggi-purwakarta

Foto : griyawage.wordpress

Sate Maranggi sudah populer sejak 1980-an, bahkan telah dinobatkan menjadi ikon kuliner Kota Purwakarta. Nggak heran kalau Pak William Wongso (Pimpinan ‘kontingen’ Indonesia di WSFC) membawa serta Sate Maranggi untuk dikenalkan pada dunia.

Sate Maranggi terbuat dari daging sapi yang dipotong dadu dan dipanggang di atas arang tanpa bumbu kacang atau kecap seperti sate-sate lainnya. Sate Maranggi disajikan dengan sambal tomat segar dan irisan cabai, serta kucuran buah jeruk limau untuk melengkapi cita rasanya.

CARI HOTEL MURAH DI PURWAKARTA PESAN TIKET KERETA API KE PURWAKARTA

2. Iga Bakar Warung Sunset Bali

Iga bakar warung sunset Bali

Foto: tripadvisor.co.id

Iga bakar Warung Sunset telah lama menjadi favorit para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Pulau Dewata. Iga bakar Warung Sunset dimasak oleh chef Yudi yang piawai dalam mengolah iga bakar dengan rasa manis dan gurih hingga menjadi favorit para wisawatan di Bali. Bahannya menggunakan bahan herbal tradisional Bali. Chef Yudi juga sudah punya banyak pengalaman memasak hingga ke luar negeri, jadi soal kemampuan tentu nggak usah diragukan lagi, ya!

CARI HOTEL MURAH DI BALI PESAN TIKET PESAWAT MURAH KE BALI

3. Ayam Taliwang Bersaudara

Ayam Taliwang Bersaudara

Foto: Detikfood

Sebenernya, Ayam Bakar Taliwang Bersaudara sudah ikutan WSFC di Singapura tahun lagi. Mungkin, karena saking enaknya, mereka diundang lagi, deh!

Buat kamu yang penasaran, Ayam Bakar Taliwang adalah olahan khas Lombok dengan rasa pedasnya yang dahsyat. Seperti namanya, kuliner ini berasal dari Kota Taliwang di Nusa Tenggara Barat sana. Kalo kamu pengen ngerasain ayam Taliwang yang asli, dateng ke Lombok aja. Jangan lupa pesan plecing kangkung biar lebih klop.

CARI HOTEL MURAH DI LOMBOK PESAN TIKET PESAWAT MURAH KE LOMBOK

4. Martabak 8 rasa Markobar 1996

markobar

Foto: instagram @jogjaculinary

Markobar 1996, brand martabak manis milik Gibran Rakabuming, putra Presiden Joko Widodo ini bisa jadi brand pertama yang mengusung konsep martabak pizza dengan toping tak melulu cokelat kacang keju, melainkan toping-toping lain yang cenderung kekinian, seperti green tea, red velvet, nutella, ovomaltine, dan sebagainya. Meski belum selegendaris Sate Maranggi, Markobar 1996 juga telah memiliki penggemar tersendiri.

Markobar 1996 ini berasal dari Solo. Kalau kamu pengin mencoba langsung martabak lezat ini, langsung aja berkunjung ke Solo, sekaligus jalan-jalan di sana.

cari hotel murah di solo pesan tiket pesawat ke solo

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Sedikit mengintip kegiatan kru Markobar yang sedang sibuk di WSFC 2016, Manila lewat Twitter:

Suasana booth Markobar 1996 dan Ayam Bakar Taliwang yang penuh sesak pengunjung:

(Visited 649 times, 1 visits today)

Comments

To Top