Destinasi

Kulik Lebih Dalam! 2 Wisata Unik Ini Ada di Balik Keraton Yogyakarta

Yogyakarta sangat dikenal luas dengan Kompleks Keratonnya. Terletak di kawasan Alun-Alun Malioboro, bangunan yang memiliki nama asli Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini adalah daya pikat bagi para turis dalam maupun luar negeri.

Nah, di balik Keraton Yogyakarta, terdapat beberapa spot yang mungkin cukup tersembunyi. Menarik, karena spot-spot tersebut menyimpan keunikan tersendiri.

Salah satunya adalah Taman Sari. Peninggalan Raja Mataram (Jogja) ini memang terkenal dengan pola bangunan artistik khas Jawa yaitu sering diistilahkan dengan sebutan Istana Air (water castle).

Jika kita masuk mengelilingi tempat ini akan dijumpai bangunan unik seperti Gedhong Gapura Hageng (gerbang besar), Umbul Pasiraman (pemandian sultan, istri, dan puteri sultan), Gedhong Gapura Panggung (kolam berdinding besar), dan yang paling epic buat foto-foto yaitu Sumur Gemuling (masjid bawah tanah).

Sinar matahari yang menembus celah-celah bangunan Taman Sari membuat lokasi ini terasa teduh ketika berada didalam, apalagi sambil menelusuri lorong-lorong yang ada.

Turis mancanegara pun rela berdesak-desakan, memadati lokasi ini tiap harinya, apalagi warga lokal nya. Istilahnya belum sah ke Jogja kalau belum singgah dan foto di Tugu dan Taman Sari!

Fenomena Kampoeng Cyber

Nah, melipir sedikit ke Selatam kamu bakal menemukan Kampoeng Cyber. Sesuai dengan namanya, kampung ini menggunakan sarana internet untuk kegiatan gotong royong.

Di sini, kamu nggak bakal menemukan warga berkeliling dengan kentongan, lho. Laptop hingga smartphone adalah hal yang sangat familiar dijumpai di setiap rumah warga Kampoeng Cyber.

Bahkan di pos ronda pun ada akses untuk online, terlebih jika melintas kawasan ini sinyal internet akan full karena sudah terdapat free hotspot area.

Foto: Ebju

Komitmen warga Kampoeng Cyber di Yogyakarta untuk melek teknologi ternyata ada niat baiknya, lho. Yap, mereka ingin mempromosikan banyak hal tradisional dari kampung mereka melalui internet.

Nggak heran, seorang Mark Zuckenberg, pendiri Facebook sempat mampir ke Kampoeng Cyber, beberapa waktu yang lalu. Ia tertarik dengan inisiatif muncul pertama kali dari kepala Antonius Sasongko Wahyu Kusumo, seorang mahasiswa yang kini sudah memimpin Kampoeng Cyber tersebut.

Untuk yang berada di luar Yogyakarta, jangan lupa untuk sekalian pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Yogyakarta dan cari hotel murah lewat Pegipegi, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Yogyakarta  pesan tiket kereta api murah ke Yogyakarta  cari hotel murah lain di Yogyakarta

Foto Taman Sari: Rasyid Sidiq

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top