Destinasi

Kota Tua Jakarta, wisata untuk pecinta fotografi dan sejarah

Museum fatahillah

Untuk kalian yang mengaku pecinta sejarah dan juga fotografi, wisata ke Kota Tua Jakarta adalah tempat yang tepat bagi kalian! Di sini kalian bisa berkeliling dengan menyewa sepeda onthel sambil berfoto ria dan menikmati aneka kuliner lezat. Kota Tua Jakarta yang dulunya bernama Batavia Lama juga mudah untuk dijangkau, selain menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa dengan mudah menggunakan bus Trans Jakarta ataupun menggunakan Mikrolet dan Kopaja.

Caffe Batavia

Banyak lho hal menarik yang bisa kamu kunjungi di kawasan ini, dijamin seru dan pastinya akan memberikan pengalaman yang berbeda. Pertama untuk masalah kuliner, kamu bisa datang ke Café Batavia yang terletak di Taman Fatahillah. Di sini kamu bisa mencicipi berbagai hidangan mulai dari yang memiliki cita rasa Barat, Asia, mapun Nusantara dengan diiiringan musik tempo dulu yang khas. Dan apabila kamu ingin menikmati makanan tradisional, mampir saja ke Kafe Gazebo. Aneka jajanan tradisional ala kaki lima seperti gado-gado, soto, kerak telor dan es buah, semuanya bisa kamu nikmati dengan puas di sini.

Setelah selesai mengisi energimu dengan santapan yang nikmat, kini bersiaplah untuk mulai menjelajah ke berbagai tempat sejarah yang unik dan yang masih terawat di kawasan Kota Tua Jakarta. Kamu bisa mulai dari Museum Fatahillah, kemudian ke Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik hingga ke Menara Syahbandar di mana kamu bisa menerawang Kota Tua dari ketinggian 18 meter. Uniknya lagi menara ini juga memiliki posisi yang miring yang akan langsung kamu kenali sesampainya di Kota Tua. Nah, sekarang Pegipegi akan membahas beberapa museum bersejarah yang menjadi destinasi wajib kamu apabila berkunjung ke wilayah Kota Tua.

Museum Fatahillah

Museum fatahillah

Kamu ingin tahu mengenai sejarah kota Jakarta? Nah, Museum Fatahillah dapat memberikan informasi lengkap untuk kamu yang ingin mengetahui jejak sejarah kota Jakarta dari masa prasejarah hingga berdirinya kota Jayakarta pada tahun 1527 hingga masa kemerdekaan Indonesia. Museum terbesar di Jakarta ini memiliki 3 lantai dan menyimpan sekitar 25.000 koleksi benda bersejarah seperti Prasasti, Meriam, Patung Dewa Dewi, dan koleksi mebel antik, gerabah dan keramik.

Ada juga fasilitas perpustakaan yang menyimpan lebih dari 1000 koleksi buku yang sebagian besar merupakan peninggalan dari masa kolonial.

Jika kamu ingin berkunjung ke museum ini, ingat ya setiap hari Senin dan hari besar, museum ini tidak dibuka untuk umum. Museum ini beroperasi pada hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 9.00 – 15.00 WIB, tiket masuknya pun sangat murah, hanya Rp 2000 untuk dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak.

Museum Wayang

SONY DSC

Saat memasuki museum ini, kalian akan langsung disambut oleh sepasang ondel-ondel yang merupakan kesenian tradisional khas Betawi. Seperti namanya, museum ini menyimpan lebih dari 5000 koleksi wayang serta perlengkapan seputar perwayangan seperti alat penerang untuk wayang hingga alat musik pengiring seperti gamelan dan panggung yang biasanya dipakai untuk panggung boneka.

Setiap bulannya, di hari minggu kedua dan terakhir, akan ada pula pertunjukan wayang golek dan wayang kulit yang bisa kamu saksikan di sini. Koleksi boneka si Unyil dan teman-temannya yang sangat terkenal sejak tahun 80-an juga dipamerkan di museum ini. Dan sama dengan Museum Fatahillah, museum ini juga buka dari hari Selasa – Minggu, pukul 9.00 – 15.00 WIB.

Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik

Tidak hanya dari Indonesia, berbagai jenis karya seni dan koleksi keramik dari berbagai negara juga turut dipamerkan di museum ini. Setidaknya kalian dapat mengamati 350 lukisan dan 1350 jenis keramik, baik dari Nusantara, Asia maupun Eropa.

Serunya selain dapat melihat berbagai koleksi lukisan, keramik, batik lukis hingga totem kayu, para pengunjung juga dapat secara langsung belajar untuk membuat keramik di sini.

Nah, bagaimana travelers? Tertarik kan untuk berkunjung ke Kota Tua Jakarta? Selain kaya akan budaya dan sejarah, Kota Tua juga menyimpan keramahan bagi setiap pengunjungan dengan kuliner nikmat dan bangunan terawat yang serba unik.

 

Cari hotel nyaman untuk liburan di Jakarta? Pegipegi punya banyak pilihan untuk kamu!

 

 

 

 

(Visited 1,142 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top