Destinasi

Kota Lama, Semarang, Wisata Bernuansa Kolonial Eropa

Untuk kamu yang ingin merasakan suasana Eropa zaman dulu di Kota Semarang, kamu harus banget berkunjung ke Kota Lama yang sering disebut Outstadt atau Little Netherland. Di sana banyak terdapat gedung-gedung bersejarah yang dibangun sejak zaman penjajahan Belanda untuk pusat pemerintahan maupun tempat bermukim.

Ada gedung yang masih terawat dan tidak terawat

Gedung-gedung yang masih terawat dengan baik di Kota Lama antara lain Gedung Asuransi Jiwasraya, juga ada tempat ibadah seperti Gereja Blenduk dan Gereja Gendangan. Untuk kategori ruangan mewah terbuka, di Kota Lama terdapat Taman Srigunting dan Gedung Marabunta yang dulunya dijadikan warga Semarang sebagai gedung pertunjukkan.

Pada umumnya, sebagian besar gedung tersebut memiliki gaya Eropa terlihat dari besarnya ukuran pintu dan jendela, penggunaan kaca patri, bentuk atap yang unik, dan ada ruangan rahasia bawah tanah. Sayangnya, nggak semua gedung di Kota Lama terawat dengan baik. Sejak kawasan tersebut mulai ditinggalkan oleh Belanda, cukup banyak gedung yang tidak lagi terurus.

Sering diadakan festival di Kota Lama

Karena suasananya yang jadul, sudah cukup lama pemerintah mengangkat kembali citra Kota Lama agar bisa menjadi tempat wisata favorit di Semarang, salah satunya dengan sering mengadakan festival seni dengan mengundang artis lokal hingga nasional. Kini, Kota Lama pun semakin banyak pengunjungnya. Bahkan, banyak juga yang selfie dan foto pre wedding di sana. Soalnya, suasananya yang jadul bisa menghasilkan foto bertema vintage yang unik. Jangan lupa mengenakan kostum bertema retro, ya, jika foto-foto di Kota Lama!

Dapat anggaran Rp 156 miliar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumanah Rakyat (PUPR) kembali mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Kota Semarang. Untuk Kota Lama sendiri dianggarkan bantuan sebesar Rp 156 miliar demi perbaikan tata kota di sana. Tujuannya adalah agar Kota Lama bisa mendapatkan sentuhan yang lebih modern dan bisa sejajar dengan kawasan kota lama di belahan dunia.

Nggak sabar pengin main ke Kota Lama Semarang? Yuk, pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Semarang Pegipegi, ya! Jangan lupa sekalian cari hotel murah di Semarang, ya!

pesan tiket pesawat murah ke semarang  pesan tiket kereta api murah ke semarang  cari hotel murah lain di semarang

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top