Destinasi

Kota-kota paling sejuk di Indonesia

Travelers, pasti sudah sering dengar soal global warming atau pemanasan global kan?

Topik mengenai perubahan suhu secara drastis memang sedang marak dibicarakan beberapa tahun belakangan ini.  Isu global warming ini sudah bisa kita rasakan sendiri, seperti maraknya bencana alam hingga perubahan musim yang tidak menentu dari tahun ke tahun.

Gak hanya itu, suhu di berbagai belahan bumi juga menjadi lebih panas, termasuk di Indonesia, khususnya pada siang hari. Untuk yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, cuaca panas sepertinya sudah menjadi teman sehari-hari ya travelers?

Ingin sejenak meninggalkan gerahnya udara Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia? Kamu bisa mengunjungi sejumlah kota yang dikenal beriklim sejuk, lho.

Yuk, simak kota-kota dengan udara sejuk di Indonesia berikut ini:

  1. Padang Panjang

padang panjang-

Meski termasuk salah satu kota terkecil di provinsi Sumatera Barat, Padang Panjang merupakan kota sejuk yang layak kamu kunjungi untuk menghilangkan penat. Padang Panjang berada di daerah ketinggian yang terletak antara 650 sampai 850 meter di atas permukaan laut, di kawasan pegunungan yang berhawa sejuk dengan udara maksimal 21,6 derajat celcius dan minimal 21,8 derajat celcius.

Curah hujan di Padang Panjang pun cukup tinggi dengan rata-rata 3.295 mm/tahun. Yang lebih menarik, di bagian utara dan agak ke barat berderet tiga gunung: Gunung Merapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Tandikat. Jadi gak heran kalau udara di sini masih menyejukkan.

  1. Bukittinggi

bukittinggi

Berada di ketinggian 909-941 meter di atas permukaan laut dan hawa sejuk yang berkisar antara 16,1 hingga 24,9 derajat celcius, Bukittinggi masuk dalam daftar kota tersejuk di Indonesia. Dari 82,8 persen total luas wilayah yang mencapai 25,24 km² diperuntukkan menjadi lahan budidaya dan sisanya merupakan hutan lindung.

Kota ini juga terbilang unik karena memiliki topografi berbukit-bukit dan berlembah, beberapa bukit tersebar di wilayah perkotaan, di antaranya Bukit Ambacang, Bukit Tambun Tulang, Bukit Mandiangin, Bukit Campago, Bukit Paninjauan, Bukit Kubangkabau, Bukit Pinang Nan Sabatang, Bukit Canggang dan lain-lain. Di sini juga terdapat lembah yang dikenal dengan Ngarai Sianok dengan kedalaman bervariasi antara 75-110 m, yang di dasarnya mengalir sebuah sungai yang disebut dengan Batang Masang.

  1. Bandung

Bandung

Nah, untuk kota yang satu ini, travelers pasti udah gak asing lagi kan? Bandung termasuk salah satu kota yang paling ramai dikunjungi travelers asal Jakarta di akhir pekan. Selain lokasinya yang cukup dekat, Bandung juga terkenal dengan kesejukan udaranya.

Kota Bandung dikelilingi oleh pegunungan, sehingga bentuk morfologi wilayahnya seperti sebuah mangkuk raksasa. Secara geografis, Kota Kembang berada di tengah-tengah provinsi Jawa Barat, serta berada di ketinggian ±768 m di atas permukaan laut, dengan titik tertinggi berada di sebelah utara dengan ketinggian 1.050 m di atas permukaan laut dan sebelah selatan merupakan kawasan rendah dengan ketinggian 675 m di atas permukaan laut.

Suhu di Bandung ini dipengaruhi oleh iklim pegunungan yang lembab dan sejuk, dengan suhu rata-rata 23,5 derajat celcius, curah hujan rata-ata 200,4 mm dan jumlah hari hujan rata-rata 21,3 hari per bulan.

  1. Bogor

Bogor

Selain Bandung, Bogor juga termasuk destinasi favorit untuk liburan singkat para travelers. Kota yang terkenal dengan sebutan kota hujan ini terletak pada ketinggian 190 sampai 330 meter di atas permukaan laut. Udaranya relatif sejuk dengan suhu rata-rata setiap bulan 26 derajat celcius dan kelembaban udaranya kurang lebih 70 persen. Suhu rata-rata terendah di Bogor adalah 21,8 derajat celcius, yang paling sering terjadi pada Desember dan Januari.

Bogor terletak di kaki Gunung Salak dan Gunung Gede sehingga sangat kaya dengan hujan orografi. Hampir setiap hari turun hujan di kota ini dalam setahun (70%) dan itulah sebabnya dijuluki “Kota Hujan”.

  1. Malang

Malang

Satu lagi kota yang terkenal dengan udara sejuknya adalah Malang, Jawa Timur. Selama tahun 2006 tercatat rata-rata suhu udara berkisar antara 22,3 sampai 24,5 derajat celcius. Tapi menurut kabar terbaru, suhu di kawasan Malang makin dingin bahkan di malam hari bisa mencapai 18 derajat celcius, sementara di siang hari maksimal mencapai 23 derajat celcius. Udara sejuk, keramahan masyarakat dan makin menjamurnya tempat pariwisata membuat Malang kini termasuk kota yang paling menarik minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Bagaimana travelers, sudah bosan dengan cuaca panas di tempat kamu tinggal dan ingin menikmati udara bersih? Kota-kota di atas layak untuk kamu datangi, lho. Yuk pesan tiket pesawat dan booking hotel di kota tersebut, hanya di pegipegi.com.

(Visited 12,571 times, 1 visits today)

Comments

To Top