Destinasi

Kota-Kota Paling Berwarna Di Dunia

valparaiso

Travelers, pernah menonton film kartun Smurf? Karakter kartun lucu dari Belgia ini memang membuat gemas banyak orang karena memiliki tubuh kecil berwarna biru dan tinggal di dalam jamur. Tapi, apa kamu pernah membayangkan kalau di Spanyol selatan sana terdapat kota yang menyerupai kota bangsa Smurf karena didominasi warna biru?

Kamu bisa menemui ‘kota Smurf’ ini di Juzcar, Andalusia. Ratusan warga mencat rumahnya dengan warna biru sehingga membuat Juzcar begitu mencolok di tengah kota-kota Andalusia lain yang biasanya didominasi warna putih.

Sebenarnya, bukan hanya kota Juzcar lho yang memiliki keunikan seperti itu. Ada beberapa kota lain di berbagai belahan dunia yang memiliki bangunan berwarna-warni.

Ini dia kota-kota berwarna yang dijamin bisa membuat hari kamu lebih cerah:

JAIPUR, INDIA

india_jaipur

Lihat betapa cantiknya Kota Jaipur dengan warna pink yang mendominasi bangunan-bangunannya. Julukan ‘Kota Pink’ bagi Jaipur ini bermula pada tahun 1853 ketka Maharaja Sawai Ram Singh memerintahkan seluruh kota dicat dengan warna pink untuk menyambut kedatangan Pangeran Wales, Edward, dalam rangka kunjungan diplomatik. Sampai saat ini, Jaipur masih mempertahankan warna pink di sejumlah jalanan utama dan bangunan-bangunan bersejarah seperti Hawa Mahal (Istana Angin).

IZAMAL, MEKSIKO

Izamal-Mexico

Menteri Pariwisata Meksiko menjadikan Izamal, yang terletak di wilayah Yucatan, sebagai pueblo magico (magic city/ kota ajaib). Bisa jadi julukan itu dikarenakan Izamal memiliki bangunan-bangunan kolonial dengan warna kuning sehingga kota ini selalu terlihat cerah tidak peduli cuaca yang sedang dihadapi.

BO-KAAP, CAPE TOWN, AFRIKA SELATAN

bo-kaap_585

Sekilas, memasuki wilayah Bo-Kaap di Cape Town seperti berada di sebuah set film. Tapi, warga yang menempati daerah ini mulai mencat rumah-rumah mereka dengan warna-warna cerah setelah berakhirnya era apartheid sebagai tanda kegembiraan mereka. Bo-Kapp, yang terletak di lereng Signal Hill, dikenal sebagai komunitas Cape Malay  yang didominasi oleh penduduk Muslim.

JUZCAR, SPANYOL

juzcar

Ini dia ‘kota Smurf’ yang terletak di Andalusia, wilayah selatan Spanyol. Bukan kebetulan kalau Juzcar menyerupai tempat tinggal makhluk-makhluk lucu Smurf. Sebelum 2011, Juzcar sama seperti kebanyakan kota Andalusia lain yang didominasi warna putih. Namun, beberapa eksekutif dari Sony mengajak warga untuk mencat rumah mereka sebagai bagian dari promosi film ‘Smurfs’. Pihak Sony menawarkan penduduk untuk mengembalikan warna asli bangunan mereka, namun sebagian warga memilih mempertahankan rumah biru mereka karena berhasil meningkatkan jumlah turis ke kota ini.

WILLEMSTAD, CURACAO, KARIBIA

willemstad

Willemstad adalah ibukota Curacao, pulau di wilayah selatan Karibia yang merupakan negara konstituen dari Kerajaan Belanda. Konon, ketika Belanda masih berkuasa di Curacao pada tahun 1800-an, gubernur saat itu mengalami migren parah karena kuatnya sinar matahari yang memantul di bangunan-bangunan kota. Alhasil, dia memerintahkan seluruh penduduk untuk mencat semua bangunan dengan warna apapun selain putih. Karena keunikannya, kota ini sekarang menjadi salah satu situs Warisan Dunia.

VALPARAISO, CILE

valparaiso

Valparaiso merupakan salah satu kota pelabuhan paling penting di Cile sekaligus kota yang menyimpan kekayaan budaya melimpah. Salah satu penyair paling terkenal Amerika Serikat, Pablo Neruda, dulu pernah tinggal di kota ini. Meski Pablo Neruda sudah tidak ada lagi, penduduk Valparaiso tampaknya memang memiliki jiwa kreatif dan artistik sehingga mencat rumah-rumah mereka dengan warna-warni menarik.

ST. JOHN’S, NEWFOUNDLAND, KANADA

newfoundland_2005_0143

Bukan tanpa alasan pusat kota St. John’s di provinsi Newfoundland memiliki bangunan berwarna-warni. Sebagai kota di mana sebagian penduduknya bekerja sebagai nelayan, para kapten kapal nelayan mencat rumah mereka dengan warna cerah untuk membedakan dari rumah lain sehingga mereka bisa mengenalinya meski dari kejauhan.

(Visited 549 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top