Kuliner

Kopi Vietnam: Enak, Sehat, dan Jadi Favorit di Indonesia

Namanya memang kopi Vietnam, tapi kopi ini sudah mendapat tempat di hati orang Indonesia. Dari penampilannya yang tradisional aja, sudah bikin pecinta kopi jatuh hati. Seperti lagi minum kopi di warung, tapi dengan versi agak modern. Kali ini, pegipegi pengin mengajak kamu makin mengenal kopi yang lagi jadi bahan omongan ini. Dan kamu juga bisa membuat kopi Vietnam di rumah, lho.

hanoi

http://eleganthanoi.com/

Manfaat minum kopi

Sebelumnya, kamu perlu tahu nih soal manfaat minum kopi yang berguna untuk kesehatan fisik dan mental kamu. Karena, kopi itu bukan sekadar minuman yang nikmat dan menghilangkan kantuk. Tapi, kopi juga bisa mencegah penyakit jantung dan stroke. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 18% cewek berusia 24 tahun memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah ketimbang mereka yang nggak mengonsumsi kopi. Kandungan kafein di dalamnya juga bisa mengurangi sakit kepala ringan.

Kopi bersifat anti bakteri, sehingga bisa menyembuhkan berbagai masalah mulut, seperti gigi berlubang dan infeksi gusi. Kopi juga bisa mengubah suasana hati menjadi lebih bahagia. Karena, kopi bisa mengurangi depresi. Nggak heran kan jika kamu merasa lebih bahagia setelah menyeruput kopi. Dan kandungan antioksidan pada kopi ternyata dapat menangkal kerusakan pada sel otak dan membantu jaringan saraf bekerja lebih maksimal.

kopi1

http://www.halloriau.com/

Kopi Vietnam = kopi kesabaran

Penyajian kopi Vietnam menggunakan semacam cawan aluminium yang memiliki sejumlah lubang kecil di bawahnya. Di bawahnya ada semacam cawan lagi untuk menampung tetesan-tetesan kopi dari cawan pertama. Kopi akan turun setetes demi setetes hingga nggak tercipta buih seperti kopi tarik. Setelah tetesan kopi semuanya jatuh ke bawah, barulah kamu bisa menikmati sedapnya kopi ini. Makanya banyak yang menyebut kopi ini sebagai “kopi kesabaran”.

Banyak yang nggak tahu nama cawan tersebut. Ternyata namanya dripper. Nggak semua orang punya dripper di rumah, tapi para pecinta kopi biasanya punya dripper di rumah. Karena dibuat dengan menggunakan dripper, kopi Vietnam juga akrab dengan sebutan Vietnamese drip coffee. 

Bukan hanya proses menikmatinya yang memakan waktu cukup lama, tapi proses pembuatannya juga cukup lama. Rasa pahit yang lebih dominan pada kopi Vietnam ketimbang kopi lainnya karena didapat dari proses memanggang atau roasting biji kopi yang memakan waktu cukup lama, sehingga menjadikannya gosong seperti arang. Sayangnya, nggak semua orang Indonesia bisa menikmati kopi Vietnam yang strong dan rasanya pahit. Biasanya sih, orang Indonesia lebih suka menikmati kopi ini dengan dicampur susu kental manis supaya bisa menyamarkan rasa pahit.

kopi2

www.sarwo.hadi.setyana.net

Kenapa pakai susu kental manis?

Sebelum pegipegi cerita kenapa kopi Vietnam pakai susu kental manis untuk menyamarkan rasa pahit, kamu harus tahu dulu mengenai asal mula kopi Vietnam. Munculnya kopi Vietnam nggak bisa lepas dari peran seorang pastur ala Prancis yang membawa bibit pohon dari kopi Arabika pada tahun 1857. Nggak lama setelah kedatangan pastur tersebut, Vietnam mulai menanam pohon kopi di daerah dataran tinggi, yaitu di Buon Ma Tuot yang sampai sekarang dikenal sebagai daerah penghasil kopi terbaik di Vietnam.

Begitu pula dengan kehadiran kopi Vietnam yang menggunakan susu kental manis. Itu juga ada sejarahnya. Pada masa itu, Vietnam mengalami kesulitan menemukan susu segar sebagai campuran kopi. Akhirnya, mereka menggunakan susu kental manis. Dan budaya itu masih berjalan hingga sekarang.

susu kental manis

www.chilliandmint.com

Cara membuat kopi Vietnam

Karena dripper bukan lagi barang yang langka, jadi membuat kopi Vietnam di rumah bukanlah hal mustahil. Caranya pun mudah.

  • Siapkan 17 – 20 gram kopi bubuk yang digiling medium.
  • Panaskan air sampai 88 derajat celcius.
  • Siapkan susu kental manis sebanyak dua sendok makan atau lebih sesuai selera.
  • Masukkan susu kental manis pada cangkir transparan.
  • Letakkan metal cup di atas cangkir. Lalu masukkan kopi ke wadah dasar metal cup dripper.
  • Kunci dan eratkan metal press. Jika kamu menggunakan dripper tanpa kunci, masukkan aja metal press.
  • Tuangkan air panas sampai batas atas cangkir (kira-kira 45 – 50 ml).
  • Diamkan hingga seluruh kopi menetes. Lalu tambahkan sekitar 20 – 30 ml air panas lagi sampai cangkir penuh.
  • Tunggu beberapa saat sampai seluruh kopi menetes. Lalu aduk hingga rata.
  • Jika ingin menikmati kopi Vietnam dalam keadaan dingin, kamu tinggal menambahkan es batu pada kopi yang telah disajikan.
collage-1

www.ottencoffee.co.id

 

collage-2

www.ottencoffee.co.id

(Visited 2,908 times, 1 visits today)

Comments

To Top