Kuliner

Kopi Kintamani, Kenikmatan yang Hakiki dari Pulau Bali

Ngaku penggemar berat kopi? Berarti, kamu wajib coba sajian kopi Kintamani atau kopi Bali yang harum dan nikmat banget!

Selain menjadi destinasi wisata berkelas, Bali dikenal sebagai penghasil biji kopi terbaik di Indonesia. Memiliki kadar kafein yang rendah, kopi Kintamani hadir sebagai varian yang dicintai banyak wisatawan mancanegara kala berkunjung ke Pulau Dewata.

Kopi Bali pun sukses menggelitik lidah Presiden Indonesia, Joko Widodo. Saat menggelar acara minum kopi di Istana Negara, Jokowi memuji kenikmatan dari kopi Kintamani

“Kopi Kintamani (kopi Bali) rasanya enak. Silahkan bandingkan dengan brand-brand luar” ujarnya.

Pujian Jokowi bukan tanpa alasan. Pasalnya, varian kopi Bali merupakan salah satu komoditi ekspor terbaik Indonesia ke berbagai negara di Eropa dan Asia.

Perbedaan Mencolok

Secara jenis, kopi Kintamani merupakan varian arabika yang memiliki daya tahan lama. Tumbuh baik di tanah vulkanis yang gembur di daerah Kintamani, bibit kopi Bali masuk di awal abad 20 dari para pedagang asal Pulau Lombok.

Kopi Kintamani memiliki beberapa perbedaan dari kebanyakan kopi pada umumnya. Namun, yang paling mencolok adalah proses pengolahan hingga ke penyajiannya.

Usai dipetik, para pengolah kopi Kintamani akan menyingkirkan buah kopi sebelum bijinya mengering. Sedangkan, kebanyakan kopi di Indonesia harus melalui proses pengeringan buah kopi terlebih dahulu.

Yang istimewa dari kopi Bali adalah rasanya. Sekali mencicipi, cita rasa seimbang, nggak terlalu asam dan pahit, hadir di lidah dengan tekstur lembut.

Aroma yang dihasilkan pun lebih segar, berbeda dengan kopi Jawa yang lebih dominan dengan aroma rempahnya. Sehingga, kopi Kintamani cocok untuk kamu nikmati di siang maupun malam hari dengan cuaca panas maupun sejuk.

Kaya Manfaat

Selain menjadi sajian untuk bersantai, kopi Kintamani asal Bali ini memiliki banyak manfaat, lho. Khususnya untuk kesehatan tubuh kamu yag sudah beranjak dewasa

Para peneliti menyimpulkan bahwa kopi Kintamani dapat mencegah berbagai macam penyakit parasit, salah satunya kanker. Kandungan hormone estrogen dan insulin di dalam biji kopi tersebut sangat ampuh dalam menangkal penyebaran kanker di tubuh.

Zat antioksidan dari kopi Kintamani berkhasiat untuk mengusir racun-racun jahat yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga, aliran darah akan terasa lancar, memungkinkan supply oksigen dalam tubuh bekerja dengan baik.

Nah, tertarik buat mencicipi kopi Kintamani khas Bali ini? Sekalian liburan! Jangan lupa langsung pesan tiket pesawat atau cari hotel di Bali lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke bali cari hotel murah lain di bali

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top