Berita

Komunitas Travelers Indonesia yang perlu kamu ketahui

Ada yang bilang orang yang hobinya traveling seperti kamu sulit mendapatkan teman yang mengerti, bisa diajak berdiskusi tentang traveling dan punya visi yang sama. Jangan galau dulu, travelers. You’ll never walk alone, demikian meminjam pepatah kebanggaan salah satu tim sepak bola kesayangan Pegipegi, Liverpool FC. Kamu tak akan pernah benar-benar merasa kesepian bahkan ketika kamu nekat bepergian sendirian, kalo kamu bersedia menurunkan ego dan mau berteman dengan siapa saja dimana pun kamu berada.

Jika kamu selama ini nggak pernah dapat teman yang sejalan dan sevisi denganmu, bukan berarti kamu ditakdirkan untuk nggak punya teman, travelers. Bisa jadi kamu mencari teman di tempat yang salah, dan teman sejati kamu sedang menunggu saat yang tepat untuk berkenalan denganmu.

Saat ini ada banyak sekali komunitas atau perkumpulan yang didirikan berdasarkan kesamaan hobi dan minat. Ada komunitas sepeda motor tua, komunitas pecinta alam, komunitas skaters, dan ada banyak lagi komunitas lain, termasuk di antaranya adalah komunitas traveler.

Kali ini Pegipegi akan membahas tentang beberapa komunitas traveler yang cukup tersohor di Indonesia, travelers. Harapannya, sesudah kamu membaca artikel ini nanti kamu bisa memperluas jaringanmu dengan menjadi anggota salah satu komunitas traveler dan bisa menemukan teman-teman yang sehati denganmu.

1.    Backpacker Indonesia

foto: backpacker indonesia

foto: backpacker indonesia

Di situs resmi mereka ditegaskan bahwa komunitas ini dibentuk sebagai tempat berkumpulnya para pecinta jalan-jalan dari seluruh Indonesia. Selain tukar menukar informasi yang ada hubungannya dengan traveling, Backpacker Indonesia membentuk sebuah forum online yang memungkinkan para anggotanya untuk saling mengenal lebih dekat, atau bahkan merencanakan traveling bersama.
Backpacker Indonesia pertama kali didirikan oleh seseorang bernama Boncel (nama asli atau identitas sebenarnya masih misterius), dan telah beranggotakan 58 ribu traveler dari berbagai pelosok Tanah Air.

Backpacker Indonesia juga dilengkapi laman khusus berbahasa Inggris dimana kamu bisa kenalan dengan traveler asal mancanegara, sekaligus belajar berbahasa Inggris yang baik dan benar. Jangan sungkan untuk bertanya di forumnya karena mereka akan dengan senang hati membantu sesama traveler dan membagi informasi penting yang bisa jadi akan menyelamatkanmu saat sedang berpetualang. Kamu dapat mengunjungi mereka di link http://www.backpackerindonesia.com/

2.    Komunitas Fotografi National Geographic Indonesia

foto: National Geographic Indonesia

foto: National Geographic Indonesia

Suka traveling dan fotografi? Ini dia komunitas yang cocok buat kamu! Di situs resmi mereka yang diberi nama Fotokita.net, kamu bisa berkenalan dengan fotografer-traveler lain di Indonesia, berbagi tips fotografi, juga tips-tips umum yang menyangkut traveling. Kalo kamu bingung mau diapakan foto-foto yang kamu abadikan selama perjalananmu, kirim aja ke situs ini, travelers. Fotokita.net memberikan kesempatan para anggotanya untuk eksis melalui karya-karya fotografi bertema traveling, dan kamu pun akan bisa dapat tambahan penghasilan kalo foto kamu terpilih sebagai Foto Bulan Ini. Fotokita.net akan memilih dua foto terbaik setiap bulan dan foto-foto itu akan dimuat di majalah National Geographic Indonesia dan National Geographic Traveler. Dengar-dengar sih imbalannya cukup memuaskan.

3.    Komunitas Jalan2 Indonesia

Forum di website komunitas ini cukup aktif dan diminati para traveler untuk mencari informasi tentang rute perjalanan, tempat jalan paling ok dan berbagi pengalaman jalan-jalan melalui blognya. Mau bagi-bagi foto narsis kamu selama liburan? Di sinilah tempatnya. Kamu juga boleh promosikan barang-barang perlengkapan traveling yang mau kamu lego, dengan catatan transaksi jual beli dilakukan di luar forum (misalnya via email masing-masing).

Kalo sudah punya banyak teman di forum ini, jangan ragu untuk mengadakan gathering atau kopdar (kopi darat) bersama teman-teman travelingmu, biar persahabatan kalian makin asyik dan nggak berasa aneh. (Gimana enggak aneh, kamu udah berteman akrab dengan seorang rekan traveler di forum selama berbulan-bulan tapi nggak pernah benar-benar ketemu secara empat mata.) Admin website komunitas ini pernah bilang kalo anggota mereka udah mencapai 21 ribu orang di bulan Januari 2014.

4.    Komunitas Liburan Murah

Komunitas-Liburan-Murah
Komunitas Liburan Murah didirikan tahun 2009 dan anggotanya udah mencapai 25 ribu orang hingga bulan Agustus 2014. Prinsip komunitas ini adalah bagaimana cara berlibur sehemat mungkin dan anggotanya diharapkan dapat saling berbagi info tentangnya. Backpacking, bagi komunitas ini hanyalah salah satu metode untuk berlibur dengan biaya minim, travelers. Alternatif lain yang ditawarkan Komunitas Liburan Murah adalah bertraveling bersama rombongan alias tur agar bisa menghemat anggaran transportasi dan akomodasi.

Komunitas yang base camp-nya ada di Surabaya ini juga menyelenggarakan tur secara berkala ke beberapa destinasi wisata populer di Indonesia dan Asia dengan jumlah peserta maksimal 30 orang. Kalo membaca di situs resminya sih anggota komunitas berasal dari background yang berbeda, dan range usia yang berbeda juga. Sebagian besar anggota komunitas sudah berkeluarga, jadi wajarlah kalo mereka kurang begitu pro dengan tempat menginap seadanya yang biasa dipilih oleh para backpacker. Kunjungi aja situs liburanmurah.info kalo kamu ingin bergabung dengan komunitas ini.

Segera perluaslah jaringan travelers kamu dengan bergabung dengan salah satu komunitas traveler di atas. Siapa tahu teman-teman barumu nanti punya info berharga untuk petualanganmu selanjutnya.

 

Jadi, kemana petualanganmu berikutnya, travelers? Buat cari inspirasi, coba tengok penawaran-penawaran terbaik di Pegipegi!

(Visited 9,573 times, 1 visits today)

Comments

To Top