Destinasi

Dekatkan jodohmu di Kolam Air Jamala, Taman Nasional Bantimurung

kolam-jamala

Buat yang masih jomblo, segera saja merapat ke tempat ini. Namanya Kolam Air Jamala, yang lokasinya ada di dalam Taman Nasional Bantimurung, Sulawesi Selatan. Konon katanya, tempat ini bisa segera mendekatkan kamu dengan soulmate. Well, namanya juga mitos dan menariknya banyak orang percaya kalau kolam ini bisa membuatmu nggak perlu waktu lama untuk ketemu tambatan hati. Unik banget ‘kan? Pegipegi juga punya ulasan lebih lengkap buat kamu tentang Kolam Air Jamala.

kolam-jamala

foto : kusuka.com

Lokasi Kolam Air Jamala

Lokasi dari Kolam Air Jamala ada di dalam Taman Nasional Bantimurung yang dapat dijangkau sekitar 1,5 jam dari pusat kota Makassar. Dari pintu masuk atau gerbang, kamu bisa lihat ada kolam air. Dan disebelahnya terpampang Kolam Jamala yang ditandai dengan anak panah. Kamu ikuti saja petunjuk papan yang akan mengantarkanmu menuju kolam yang ukurannya lumayan lebar dan besar. Letaknya nggak begitu jauh kok, jadi sangat mudah ditemukan sesaat kamu memasuki gerbang.

Sejarah Kolam Air Jamala

Yang namanya mitos, pasti ada asal-usul atau hikayat yang ceritanya diturunkan dari generasi ke generasi. Begitu juga dengan Kolam Air Jamala. Menurut penuturan warga setempat, konon dulunya banyak bidadari yang turun dari khayangan menuju ke bumi. Kolam yang ada di Taman Nasional inilah yang dijadikan tempat mendarat dan digunakan untuk mandi para bidadari. Sejak saat itu, Kolam Air Jamala pun punya nama lain yaitu Telaga Bidadari.

Semakin lama, masyarakat setempat pun menemukan khasiat lain yang dimiliki oleh air di Kolam Jamala. Manfaat itu tak lain adalah kemampuannya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dengan eksistensi mineral yang terkandung didalamnya, sekaligus menghindarkan seseorang dari guna-guna orang jahat atau sihir. Nggak heran kalau banyak travelers yang datang ke Kolam Air Jamala untuk membuktikan mitos yang sudah begitu populer di tengah masyarakat.

Enteng jodoh di Kolam Air Jamala

Air yang menggenang di Kolam Air Jamala memang nggak bening, tetapi warnanya coklat keruh seperti bercampur dengan lumpur. Tapi jangan khawatir travelers, nggak ada sampahnya kok karena sumber airnya sendiri berasal dari sungai bawah tanah. Airnya tidak semuanya ditampung di sana tetapi kembali dialirkan menuju ke sungai yang letaknya ada disebelah Kolam Air Jamala.

Menurut penuturan warga setempat, para jomblower yang datang hanya perlu mencuci tangan dan membasuh wajah saja. Gampang banget ‘kan? Kepercayaan yang diyakini tersebut pun terus menyebar. So, siapa pun bisa langsung menerka kalau ada pengunjung yang tiba-tiba menghampiri Kolam Air Jamala, kemungkinan besar travelers tersebut masih menyandang status jomblo dan kepengin dapat gebetan secepatnya.

Mitos yang terus menjalar ini pun semakin lama makin populer. Tidak peduli dengan keruhnya air yang berwarna kecoklatan, tapi karena nggak mau jadi jomblo terus-menerus, banyak pengunjung yang berkerumun dekat dengan Kolam Air Jamala. Apalagi kalau lagi liburan. Banyak remaja putri yang tampak cekikikan mengingat mitos bisa enteng jodoh kalau tubuh ‘bersentuhan’ dengan air dalam kolam tersebut. Entah bagian kaki, tangan, ataupun wajah. Sementara yang lain sibuk selfi dan foto-foto di atas anak tangga yang sengaja dibuat di Kolam Air Jamala.

Well, travelers, namanya saja mitos. Jangan langsung percaya begitu saja ya. Yang namanya jodoh nggak bisa ditentukan hanya dengan membasuh wajah dan mencuci tangan saja. Kalau kamu pasif, nggak usaha dan nggak gaul, mana ada orang yang kenal sama kamu. So, usahamu mesti ditingkatkan lagi. Dengan begitu, kemungkinan bertemu belahan jiwa makin terbuka lebar. Sepakat?

(Visited 356 times, 4 visits today)

Comments

To Top