Destinasi

Pengen punya ‘pulau pribadi’? Ke Kodingareng Keke aja!

Kodingareng keke

Makassar ternyata kaya banget dengan tempat-tempat keren, sayang belum banyak orang yang mengetahuinya. Kodingareng Keke, misalnya, baru terkenal di kalangan para penyelam dan wisatawan lokal Sulawesi. Padahal apa yang bisa kamu nikmati di sini nggak kalah ciamik dari Bunaken atau Bali. Sumpah lo!

Kodingareng Keke, pulau cantik tanpa penghuni

Kodingareng keke

foto: panduanwisata.id

Kodingareng Keke masih satu area dengan Pulau Samalona dan merupakan bagian dari Kepulauan Spermonde yang tersebar dari ujung timur laut hingga arah barat daya perairan Makassar. Beda sama Pulau Samalona, Pulau Kodingareng Keke ngga berpenghuni sama sekali, ngga ada bangunan apapun kecuali semak-semak, apalagi warung dan toilet. Dengar-dengar sih satu-satunya penghuni Kodingareng Keke adalah beberapa ekor kucing yang entah darimana dia berasal. Ada yang bilang kalo kucing-kucing itu jadi-jadian, travelers.

Sejauh mata memandang, hanya ada perairan biru yang tenang di sekeliling Kodingareng Keke dengan berbagai gradasi warna yang mengagumkan. Mulai dari biru muda, biru toska, biru laut sampai biru tua. Namun, kecantikan Kodingareng Keke yang sesungguhnya baru akan terungkap ketika kamu menceburkan diri ke perairan di sekelilingnya bersama peralatan diving kamu.

Di sana kamu bisa melihat hamparan taman laut yang indah, penuh dengan terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang asyik main petak umpet di dalam rongganya. Spot diving Kodingareng Keke memang udah lama jadi incaran para penyelam profesional, bahkan bisa dibilang mereka inilah yang pertama kali ‘menemukan’ Kodingareng Keke.

Uniknya, dan entah ide siapa, para penyelam ‘penemu’ Kodingareng Keke itu sengaja menenggelamkan sebuah VW Combi tua untuk dijadikan rumah bagi para ikan. Ada juga sekelompok beton di dasar laut yang tampaknya sengaja disusun suatu pihak yang benar-benar peduli sama kelangsungan hidup para ikan kecil penghuni perairan Kodingareng Keke.

Kamu juga bisa menyelam di perairan sebelah timur Kodingareng Keke yang juga kaya dengan terumbu karang, travelers. Bedanya di sisi ini kamu ngga perlu menyelam terlalu dalam. Cukup 5 meter aja dengan memakai peralatan snorkelingmu dan kamu udah bisa menikmati taman laut tercantik di Makassar.

Tips berkunjung ke Kodingareng Keke

Ngga bisa diving dan males main air? Duduk-duduk di tepi pantai Pulau Kodingareng Keke adalah kegiatan yang mengasyikkan. Bisa juga dengan jalan-jalan mengitari Kodingareng Keke dan kamu akan tahu kalo pantai di salah satu sisi Kodingareng Keke ternyata memiliki warna dan tekstur yang berbeda dari pantai di sisi lainnya. Sembari teman-teman kamu diving, nikmatilah suara debur ombak dan hembusan angin yang mendamaikan angan.

Saran Pegipegi, bekalilah dirimu dengan perangkat dan peralatan selengkapnya karena Kodingareng Keke benar-benar sunyi, travelers. Makanan dan minuman wajib hukumnya untuk dibawa. Juga peralatan lain seperti sunblock, topi atau payung karena cuaca di Kodingareng Keke cukup hangat. Pakailah pakaian yang sesuai untuk cuaca panas, misalnya celana pendek dan t-shirt yang nyaman.

Waktu terbaik untuk mendatangi Kodingareng Keke adalah sekitar bulan Mei sampai Oktober karena di bulan-bulan itu cuaca biasanya cerah dan jarang badai. O iya pakailah sepatu katak saat kamu snorkeling supaya ngga menginjak bulu babi yang banyak bertebaran di sela-sela karang. Jangan sekali-kali kamu menginjak karang karena tindakanmu akan merusak atau mematikan karang dan para ikan akan kehilangan rumah mereka.

Ngga ada penyeberangan rutin ke Kodingareng Keke dari Makassar, travelers. Kamu harus menyewa perahu motor dulu di Dermaga Kayu Bangkoa yang letaknya ngga jauh dari Benteng Rotterdam Makassar. Abang pengemudi perahu motor biasanya akan menawarkan perjalanan satu paket Kodingareng Keke-Samalona. Kamu terima aja, travelers soalnya perjalanan dari Makassar ke Kodingareng Keke cukup lama, yaitu sekitar satu jam. Di Pulau Samalona nanti kamu bisa berhenti sebentar buat ganti baju atau minum teh anget dulu sebelum balik ke Makassar.

Siap pergi ke Kodingareng Keke bulan Oktober ini? Yuk pesan tiket pesawat ke Makassar dan booking hotel nyaman dan terjangkau di Makassar atau sekitarnya, hanya di Pegipegi.com.

 

(Visited 402 times, 1 visits today)

Comments

To Top