Kuliner

Kluban, Pedas Gurihnya Salad Khas Kota Pekalongan

Menjadi salah satu kota singgah di jalur Pantura, Pekalongan kaya akan kuliner lezat. Mulai dari nasi uwet, sapitan hingga kluban.

Nah, khusus nama yang terakhir, kluban terasa cukup menempel dengan masyarakat Pekalongan. Tersaji layaknya urap, kluban adalah kuliner tradisional yang kerap disajikan saat upacara adat, lebaran maupun pesta rakyat.

Tersaji di atas pincuk atau daun pisang, kluban hadir dengan kombinasi isi kacang panjang, taoge, Kol, bayam atau kangkung. Semuanya diracik dengan bumbu mboksiyah yang terdiri atas cabai, terasi dan garam. Dengan dominasi sayuran serta bumbu yang sederhana, kluban cocok disebut sebagai salad khas Pekalongan.

Parutan kelapa dan kecur ditabur di atas sebagai pelengkapnya. Disajikan dengan porsi sedang, kluban enak dijadikan lauk dengan nasi hangat atau sekedar camilan di sore hari dengan segelas teh manis.

Nah, warga Pekalongan biasanya menyantap bathok dengan lauk lainnya seperti sayur bothok atau pindang tetel. Kamu bisa menikmati kluban dengan bujet mulai dari Rp 5.000-an*, lho.

Bekal Para Petani

Dengan cita rasa yang gurih-pedas, kluban awalnya hanya disajikan bagi para petani yang akan berangkat meladang ke sawah. Lantaran nggak mau ribet, para istri membekali suaminya atau sebaliknya dengan kluban.

Mereka akan menyantap kluban pada jam makan siang di atas gubuk, sambil melepas lelah. Jadi nggak mengherankan, jika sajiannya pun sangat sederhana.

Meski demikian, kluban sangat digemari oleh warga Pekalongan. Untuk menemukan pedagang kluban, kamu wajib menyisir pasar-pasar tradisional di Pekalongan, deh! Tertarik buat mencicipi kluban?

Untuk kamu yang berada di luar Pekalongan, jangan lupa mampir ke sini buat berburu kluban! Agar bujet liburan kamu ke Pekalongan terjangkau, jangan lupa tiket kereta api, dan hotel murah di Pekalongan  lewat Pegipegi.

 pesan tiket kereta api murah ke Pekalongan  cari hotel murah di Pekalongan

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top