Kuliner

Klinik Kopi: Tempat Ngopi Asyik di AADC 2

Di salah satu scene film Ada Apa dengan Cinta 2 (AADC 2), ada adegan di mana Cinta (Dian Sastro) dan Rangga (Nicholas Saputra) ngopi di Klinik Kopi, Yogyakarta. Bukan sekadar ngopi, tapi di sana Rangga diajak ngobrol sama si barista soal asal kopi, bagaimana proses roasting-nya, efek ke tubuh seperti apa, dan lain-lain. Asyik banget kan, pengetahuan kamu soal kopi bakal makin banyak kalau main ke Klinik Kopi!

klinikkopi.wordpress.com

klinikkopi.wordpress.com

Memang berkonsep seperti klinik

Barista Klinik Kopi yang berakting di AADC 2 ternyata memang merupakan pemegang peran penting di Klinik Kopi di kehidupan nyata. Namanya Firmansyah dan biasa dipanggil Pepeng. Di kartu namanya, perannya nggak ditulis ‘barista’, tapi ‘storyteller’. Seperti yang pegipegi jelaskan sebelumnya, Pepeng nggak cuma menyajikan kopi, tapi ia juga bakal bercerita soal latar belakang jenis kopi yang dipesan oleh pelanggan. Ia ingin agar pelanggan juga merasakan proses pembuatan kopi. Makanya, tempat ini disebut Klinik Kopi. Konsepnya memang berbeda ketimbang kedai kopi pada umumnya.

Beberapa tahun lalu, Pepeng sudah menyadari potensi kopi di Indonesia. Lalu ia mempelajari segala hal tentang kopi. Tahun 2009, Pepeng lebih serius mendalami kopi, hingga ia belajar meracik dan memberi peralatan untuk memproduksi kopi. Ia juga memburu kopi dari banyak tempat di Indonesia, bahkan belajar dari petani kopi. Tahun 2013, barulah Pepeng membuka Klinik Kopi dan pengalaman-pengalaman tersebut diceritakan kepada setiap pelanggan yang datang ke Klinik Kopi.

klinik kopi1

travel.kompas.com

Menikmati kopi tanpa gula

Buat kamu yang baru pertama kali datang ke Klinik Kopi, pasti bingung mau pesan apa. Karena, di sana nggak menyediakan daftar menu. Pepeng cuma bertanya ‘Silahkan Mas, suka kopi yang seperti apa?’. Berasa lagi mampir ke klinik atau rumah sakit, kan? Hihihi… Kamu tinggal sebut aja karakter kopi yang kamu suka dan Pepeng akan berusaha membuat kopi enak yang cocok untukmu.

Sayangnya, kalau kamu minta kopinya ditambahkan gula, sudah pasti bakal ditolak oleh Pepeng. Karena, di sana memang nggak menyedikan gula. Mungkin agak terasa aneh buat yang nggak terbiasa minum kopi, tapi buat yang suka banget sama kopi, kopi buatan Pepeng ini bakal terasa nikmat di lidah! Untuk mengatasi pahitnya kopi, kamu bisa minta ditambahkan krimer atau tambahkan camilan, seperti roti bakar seharga Rp 2000* aja.

Kamu bisa menikmati kopi di Klinik Kopi pada jam operasional 16.00 – 22.00 WIB, dari Senin sampai Sabtu, di Gang Madukoro, jalan Kaliurang km 7,5, Sleman, Yogyakarta. Hanya dengan Rp 15 ribu* per cangkir, kamu sudah bisa menikmati kopi enak buatan Pepeng lengkap dengan kisah perjalanannya.

klinik kopi2

sepikiranku.wordpress.com

Berkonsep lesehan dan eco-friendly

Lokasi Klinik Kopi memang agak menjorok dari jalan utama. Penampakan kedai kopi ini dari depan lebih mirip sebuah rumah unik yang didominasi dengan tanaman di sekitarnya. Ternyata, sebenarnya tempat tersebut adalah tempat kerja, sekaligus rumah Pepeng yang berkonsep eco-friendly. 

Saat pelanggan datang, mereka akan disambut jalan setapak kecil untuk masuk ke ruang terbuka yang dipakai untuk nongkrong sambil menikmati kopi. Di sana juga ada kolam ikan yang mengelilingi area terbuka. Airnya berasal dari air bekas cucian gelas yang sudah disaring terlebih dahulu. Air tersebut juga dimanfaatkan untuk mengairi atap agar menciptakan suasana adem saat siang hari yang panas. Dan kalau ngopi di Klinik Kopi, jangan harap kamu bisa duduk di meja dan kursi, karena konsepnya adalah lesehan.

Ada Apa Dengan Cinta Kami masih ingat, 5 agustus 2015 Mas Riri datang ke klinik kopi, beliau ngopi sore bersama teman-teman beliau. Selayaknya pasien pada umumnya, kami menjelaskan soal apa yg kami kerjakan, kami jelaskan dari mana kopi kami bermula. Beliau datang  dan menikmati suasana klinik mulai sore hingga malam.  Tak ada rencana apa-apa terkait pilm dan sebaginya. Kami hanya ngobrol sebatas kopi. Itu saja. Selang 2 hari Mas Riri Dan Mbak Mira serta kawan-kawan beliau datang malam-malam, menikmati suasana klinik dan berbicara banyak soal kopi yg mereka pernah icip. Mulai soal blue bottle, dan Mas riri dengan semangat bercerita soal warung kopi di manhattan yg jual khusus latte art. Seru sekali…. Lalu Bulan september tanggal 6 kami ketemu lagi dengan mbak Mira, intinya kami diajak untuk terlibat dalam film produksinya. Sempet kaget dan takut, kaget kenapa ? lha kok klinik kopi ? takut kenapa ? takut nanti tempat kami rame, jadi ga bisa kontrol pengunjung yg datang. Tapi lepas itu semua, kami meng-iyakan tawaran beliau. Dan kami sepakat. Segimana kami terlibat ? kami hanya bisa bikin kopi saja, tak lebih dari itu. Kami melakukan apa yg kami lakukan sehari-hari, brewing dan brewing. Kami diberi kebebasan untuk melakukan apa yg biasa kami lakukan. Kami menikmati fase itu. Sangat menikmati. Apakah Rangga dan cinta Ngopi ? agak “offside” kalo kami menceritakan itu, sebenarnya jawabannya udah ada..tinggal kalian tonton di bioskop tanggal 28 bulan ini. Jawaban apakah rangga dan cinta ngopi ? apakah mereka balikan atau mereka minta espresso ? terjawab ketika kalian masuk bisokop dan menikmati film ini hingga kelar. terimakasih buat tim miles film, Mas Riri ,Mbak Mira , Mbak Mandy, Mas Yadi dkk….kami kangen suara “YAK..ROLLING…ACTION..”…

A photo posted by klinikkopi (@klinikkopi) on

Makin terkenal karena AADC 2

Kebanyakan pelanggan yang datang ke Klinik Kopi karena mereka tahu dari media sosial. Kini, Klinik Kopi makin terkenal karena lokasinya dijadikan sebagai tempat syuting AADC 2. Selama proses syuting berlangsung, Pepeng nggak pernah memberi tahu siapa pun bahwa Klinik Kopi dijadikan sebagai lokasi syuting AADC 2. Tapi, Dian Sastro pernah mengunggah foto Pepeng saat berdiskusi dengan Mira Lesmana di Instagram.

Dari foto yang diunggah tersebut, banyak pelanggan Klinik Kopi yang menanyakan mengenai syuting AADC 2 kepada Pepeng. Sayangnya, setiap kali pelanggan atau awak media bertanya ke Pepeng soal menu kopi yang dipesan oleh Rangga dan Cinta, ia hanya membalas dengan senyuman.

Met @mirles and mas Pepeng from #klinikkopi #klinikkopijogja

A photo posted by Dian Sastrowardoyo (@therealdisastr) on

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Meskipun kamu nggak tahu jenis kopi yang dipesan oleh Rangga dan Cinta saat syuting AADC 2, tapi kamu tetap pengin kan ngopi di Klinik Kopi? Buat yang berada di luar Yogyakarta, kamu sekalian aja traveling di kota gudeg! Biar bujet traveling kamu murah, jangan lupa buat pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah melalui pegipegi.com, ya!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta pesan tiket kereta api murah ke yogyakarta  cari hotel murah di yogyakarta

*Harga berlaku saat artikel dibuat

(Visited 11,917 times, 1 visits today)

Comments

To Top