Destinasi

Kisah Romantis ala Romeo-Juliet di Candi Plaosan, Klaten

Kawasan perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta menjadi hunian bagi candi-candi bersejarah. Selain ada Candi Borobodur di kawasan Magelang dan Prambanan di Klaten, kamu juga dapat mampir ke Candi Plaosan.

Terletak di Kabupaten Klaten, Candi Plaosan bertetangga langsung dengan Prambanan. Dengan tinggi 21 meter, kamu bakal disuguhkan dua buah candi besar, Plaosan Lor dan Plaosan Kidul.

Dengan dimensi yang sama, kedua Candi Plaosan sering disebut sebagai Candi Kembar. Meski, jika ditelisik lebih detail, terdapat beberapa relief dan ornamen yang memiliki bentuk dan corak sedikit berbeda satu sama lainnya.

Candi Plaosan merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno di Tanah Jawa. Dengan teras candi yang lebih halus dibanding Prambanan dan Borobodur, Candi Plaosan disinyalir menjadi tempat penyimpanan naskah-naskah kanonik milik para Pendeta Buddha.

Selain itu, berbagai kisah legendaris bisa kamu dapatkan jika berkunjung ke Candi Plaosan. Salah satunya soal Rakai Pikatan dan Pramudyawardani.

Romeo-Juliet Versi Jawa

Dibangun pada abad kesembilan, Candi Plaosan merupakan berkah kerja keras dari Rakai Pikatan. Ia menyandang status sebagai Raja Mataram Kuno dari Wangsa Sanjaya di pada 840-856 setelah masehi.

Dikisahkan, Rakai Pikatan menaruh hati kepada Pramudyawardani, putri dari Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra. Sayangnya, hubungan romantis tersebut ditentang keluarga keduanya lantaran perbedaan agama.

Rakai Pikatan datang dari keluarga pengikut Hindu. Sedangkan Pramudya datang dari Wangsa Syailendra yang notabene pemeluk agama Buddha yang sangat taat.

Namun, perbedaan tersebut nyatanya nggak menyiutkan nyali keduanya. Baik Rakai Pikatan dan Pramudyawardani memutuskan untuk berkomitmen dengan menikah meski harus mempertahankan kesetiaan kepada agamanya masing-masing.

Untuk mengikrarkan cinta abadinya, Rakai Pikatan pun membangun Candi Plaosan untuk sang permaisuri, Pramudyawardani. Kisah keduanya pun tertuang pada bentuk dari kedua Candi Plaosan, di mana para sejarahwan menilai ini merupakan candi Buddha yang memiliki arsitektur Hindu dari tinggi serta lebarnya.

Tertarik buat datang ke Candi Plaosan? Jangan lupa ajak pasangan dan berbagi kisah romantisnya di sini ya!

Yang mau liburan di Klaten, mampir sekalian ke Yogyakarta. Ayo pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta pesan tiket kereta api murah ke yogyakarta  cari hotel murah di yogyakarta

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top