Destinasi

Kisah di Balik Julukan Kota Kembang Untuk Bandung

Julukan Kota Kembang nyatanya melekat erat di diri Kota Bandung. Kesan harum dan wangi pun terasa melintas kala keduanya disebutkan secara bersamaan.

Tapi, tahukah kamu jika kata kembang yang menjadi julukan Bandung hanya sebatas kiasan saja? Well, semua berawal pada zaman penjajahan Belanda.

Saat Pengurus Besar Perkumpulan Pengusaha Perkebunan Gula (Bestuur van de Vereniging van Suikerplanters) menggelar pertemuan akbar di 1896, Bandung bersolek diri.

Meski secara tata kota belum memadai, ketua kongres tersebut, Meneer Jacob memiliki ide untuk mendatangkan nona-nona Indo-Belanda yang cantik. Tujuannya, untuk menjamu para tamu pertemuan tersebut agar betah.

Alhasil, pertemuaan tersebut sukses di mana banyak pengusaha perkebunan gula mengaku puas dengan “pelayanan” para wanita cantik tersebut. Usai kongres, istilah De Bloem der Indische Bergsteden atau kembangnya kota pegunungan di Hindia Belanda tersebar luas ke seluruh penjuru Indonesia.

Perlahan Berubah

Meski terdengar negatif, nyatanya Bandung kini sudah jauh berbeda dari Bandung di era kolonial Belanda. Julukan Kota Kembang justru lebih pas melekat sekarang karena hadirnya taman-taman bunga cantik.

Salah satu yang paling menarik minat para turis adalah Taman Bunga Lembang Cihideung. Kawasan agrowisata tersebut menawarkan koleksi bunga yang beragam, mulai dari mawar, melati, anggrek, bonsai, gelombang cinta, bougenvil, hingga hebras.

Dikelilingi hutan pinus yang sejuk, kamu dapat menikmati pemandangan mengesankan dengan menyusuri trek di tengah. Jangan lupa buat mengabadikan keindahan taman bunga yang satu ini dengan ber-selfie ria.

Selain Lembang Cihideung, Kampoeng Tulip juga wajib masuk daftar destinasi kamu. Berlokasi di Komplek Banyu Biru, Mekarjaya, Kampoeng Tulip menyajikan suasana Belanda lengkap degan bunga tulip serta kincir anginnya.

Untuk yang berada di luar Bandung, jangan lupa untuk sekalian pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Bandung lewat Pegipegi, ya. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Bandung  pesan tiket kereta api murah ke Bandung  cari hotel murah lain di Bandung

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top